Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

Posted on

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris – Untuk mengusai bahasa bahasa Inggris, mengikuti kursus masih menjadi cara yang paling efektif. Akan tetapi, asalkan memiliki disiplin yang baik, kita dapat mempelajarinya secara mandiri. Nah, berikut ini beberapa perencanaan dan cara cepat bisa bahasa Inggris yang dapat dicoba.

Baca juga ” Huruf Jerman dan Dialek Bahasa Jerman

1. Menentukan Satu Unsur Bahasa Terpenting

Ada empat unsur bahasa yang harus kita pelajari secara keseluruhan, yaitu mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Bobot keempat unsur tersebut sama pentingnya. Namun, ketika masih mulai belajar, kita bisa memilih salah satu unsur bahasa yang ingin paling ingin kita capai.

Hal itu sebenarnya sesuai dengan kebutuhan kita. Contohnya, apabila kebutuhan belajar bahasa Inggris kita adalah untuk komunikasi situasi informal, kita bisa mendominankan materi pada unsur bahasa speaking terlebih dahulu.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Kita bisa melakukan berbagai cara cepat bisa bahasa Inggris untuk mengasah masing-masing unsur bahasa Inggris tersebut. Salah satunya adalah kita bisa mendengarkan lagu berlirik bahasa Inggris atau film berbahasa Inggris untuk melatih penyimakkan.

Untuk meningkatkan pengetahuan unsur membaca, tentu kita harus membaca tulisan berbahasa Inggris. Namun, bahan bacaan tersebut yang dapat kita modifikasi sebagai cara cepat bisa bahasa Inggris. Kita dapat membaca caption instagram, tweet, atau bahkan subtitle youtube berbahasa Inggris yang lebih berhubungan dengan minat.

Pasangkan juga pada smartphone-mu aplikasi voice to text atau voice search untuk melatih pengucapan atau pelafalan. Aplikasi semacam itu dapat digunakan untuk melatih mengucapkan suatu kata. Apabila aplikasi belum dapat memahami apa yang kita katakan, artinya kita perlu membenahi pelafalan.

Sedangkan untuk cara cepat bisa bahasa Inggris pada bidang writing, menulis pena pada media kertas adalah teknik yang paling dianjurkan oleh lembaga kursus. Selain itu, cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi chat untuk mengetikkan kosa kata.

Jangan lupa juga untuk menggunakan sosial media yang menghubungkan kita dengan teman berbahasa Inggris, seperti aplikasi dan web chatous atau aplikasi duolingo yang memiliki admin robot komunikatif.

2. Menentukan Bidang Spesifik yang Disukai

Sebelum akhirnya menguasai bahasa Inggris di semua bidang, kita dapat memilih satu bidang yang paling dekat atau yang sangat kita sukai. Berdasarkan bidang tersebut, materi dapat disesuaikan dan dipilih. Selanjutnya, aspek bahasa Inggris yang dipelajari dapat disesuaikan dengan berbagai bidang lainnya.

Contohnya, apabila menyukai bidang olahraga, maka pelajari saja terlebih dahulu bahasa Inggris dalam bidang sport atau olahraga yang spesifik. Hal tersebut bersangkutan dengan tujuan mempelajari bahasa Inggris. Bagi seseorang yang ingin bekerja, tentu menentukkan bidang spesifik yang berbeda dengan seseorang yang belajar bahasa Inggris demi melanjutkan pendidikan.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Baca Juga  Pengertian, Rumus Past Tense dan Contoh Kalimat

Pilih buku atau materi tertulis berbahasa Inggris yang memuat topik sesuai bidang yang kita pilih. Selain itu, temukan komunitas berbahasa Inggris yang membahas bidang tersebut, baik di dunia nyata atau pun di dunia maya.

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

3. Terapkan Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Bahasa Inggris

Terdengar sepele, namun faktanya banyak orang yang menggunakan bahasa Inggris ber-grammar bahasa Indonesia. Akibatnya, seseorang tersebut tidak dapat berkomunikasi dengan baik bersama native speaker.

Hal itu terjadi karena kebiasaan menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris secara leksikal, bukan makna. Contohnya, apabila kita ingin mengucapkan “buang air besar” dalam bahasa Inggris, maka frasanya adalah “go to the toilet” bukan “throw a big water”.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Mempelajari ungkapan berbahasa Inggris akan membantu kita menemukan kalimat yang mirip maknanya dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia. Mempelajari ungkapan dalam bahasa Inggris atau bahasa ekspresi ini akan membuat kita lebih mudah mengingat karena mengandung makna unik.

Penting juga untuk menggunakan bahasa Inggris sejak dalam pikiran dalam bentuk konsep. Misalnya, apabila kita melihat hewan berkaki empat, berkumis, dan mengeong, maka langsung sebut hewan itu sebagai “cat”, bukan “kucing”.

4. Lakukan Sering Mendengarkan Ketimbang Menghapal

Kita harus mengetahui kosa kata sebanyak-banyaknya agar dapat berkomunikasi lancar. Akan tetapi, menghapalkan pasti jadi masalah untuk banyak orang. Cara cepat bisa bahasa Inggris untuk menghapal adalah dengan sering mendengarkan tuturan berbahasa Inggris.

Pilih aksen yang kita ingin pelajari, British atau US. Pilih juga dengaran yang kita ketahui konteksnya secara baik. Cara cepat bisa bahasa Inggris ini akan membuat kita lebih mudah mendapatkan kosa kata baru.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Sering mendengarkan lagu berlirik bahasa Inggris adalah cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan untuk melatih pendengaran kita. Kalimat pada lirik memiliki nada, sehingga dapat diingat dan membuat kita lebih mudah menghapal kosa kata.

Pidato seorang tokoh juga dapat digunakan sebagai bahan belajar. Pidato yang dituturkan dengan nada dan penjedaan akan membuat kita lebih mudah mengingat kalimat dan maknanya.

5. Mencari dan Menyimpan Kata-Kata Unik

Rasa bosan ketika menghapalkan kosa kata adalah karena kita tidak tahu guna dan kapan kata tersebut diterapkan. Contohnya, seseorang yang menyukai basket tetapi harus menghapalkan daftar kosa kata bernuansa bidang otomotif pasti tidak akan efektif.

Akan lebih baik untuk menghapalkan kosa kata unik atau pada bidang yang disukai. Sifat unik sebuah kata bisa dilihat dari berbagai sisi, contohnya unik karena kalangan yang menggunakannya atau makna dari kata tersebut. misalnya, kata “lemme” yang berarti “izinkan aku” atau kata “yolo” yang merupakan singkatan dari “you only live once”.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Baca Juga  Contoh Conditional Tense, Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Kosa kata unik lebih mudah dihapalkan dan tentu lebih berguna, apalagi jika tujuan berbahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi secara informal. pemerolehan kata-kata unik tersebut bisa dari majalah atau yang paling mudah adalah dari media sosial.

Dengarkan juga lagu rap yang telah melahirkan banyak kosa kata bahasa Inggris yang unik. Bahkan, ada beberapa lema resmi dalam kamus bahasa Inggris yang berasal dari lagu rap. Lirik dalam lagu rap akan membuat kita mengetahui banyak kosa kata yang telah dimodifikasi secara bunyi dan bentuk.

6. Biasakan untuk Mengucapkan

Berbeda dengan tujuan untuk membaca cepat atau scaning, cara cepat bisa bahasa Inggris adalah dengan membaca sambil menyuarakan. Bukan hanya ketika membaca, lebih baik suarakan apa pun yang kita peroleh.

Menyuarakan secara otomatis membuat kita mengulangi materi sehingga dapat lebih mungkin menghapalnya. Sementara apabila hanya menyimpannya dalam hati, hal itu akan membuat kita harus belajar dua kali, yaitu belajar membaca lalu belajar melafalkan.

Terlepas dari benar dan salah, cara cepat bisa bahasa Inggris ini akan membuat kita terpaksa berlatih merangkai kata dalam bahasa Inggris. Lain halnya jika hanya disimpan dalam hati, kita hanya tahu bahasa Inggris secara konsep dalam pikiran.

Cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan:

Membaca naskah drama dapat membuat kita membayangkan adegan dan bagaimana dialog diucapkan. Nada, penjedaan, dan gerakan dalam memainkan naskah drama tersebut akan membuat kita lebih mudah mengucapkan setiap kalimat atau kata.

Selain membaca naskah drama, mencontoh suatu tokoh di dalam film atau dunia nyata dapat membuat kita lebih mudah mengucapkan kata atau kalimat. Faktanya kebanyakan orang mengucapkan kalimat “i don’t know” dengan nada dan gaya yang hampir sama.

Hal tersebut karena adanya kecenderungan meniru satu sama lain. Kita bisa menirukan seseorang yang menggunakan bahasa Inggris secara menarik, seperti gaya orasi Malcom X, atau gaya bicara menggemaskan Harmonie dalam film The Potter, atau gaya jenaka Spongebob Squarepant.

Pada akhirnya kita harus memiliki gaya tutur sendiri dan hal tersebut pasti terbentuk. Akan tetapi, untuk awalan, tidak salah apabila kita menirukan orang lain yang berbahasa Inggris. Faktanya, cara lancar bahasa Inggris tersebut juga digunakan oleh banyak mahasiswa bahasa Inggris.

Itulah tadi beberapa cara cepat bisa bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara gratis di rumah. Untuk menerapkan cara-cara tersebut, tentu kamu harus membaca buku yang memuat pemetaan materi dalam bahasa Inggris, seperti tenses, konjungsi, articles, dsb.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *