Cara Cek Pemilik Nomor Telepon Asing

Posted on

Cara Cek Pemilik Nomor Telepon – Tidak jarang kita mendapatkan panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenal. Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu apabila terjadi hanya sekali. Namun apabila hal itu terjadi berulang kali atau terjadi dalam situasi yang tidak tepat, kita patut mencurigainya.

Perkiraan Paling Lazim Tentang Nomor Telepon Asing

Bagi seseorang yang tidak melakukan langganan mengenai produk atau jasa tertentu, maka kemungkinan besar akan mendapatkan telepon asing yang merupakan penipuan. Penipuan tersebut beriming-iming undian berhadiah. 

Sementara itu, bagi seseorang yang telah menghubungkan nomor teleponnya ke beberapa pusat langganan produk atau jasa, lazimnya nomor asing yang masuk adalah berupa tagihan atau penawaran. 

Penipuan, telemarketing, atau digital marketing tidak hanya berlaku untuk nomor telepon tanpa nama. Banyak peretas yang bisa membuat nomor teleponnya memiliki nama secara otomatis di kontak kita. 

Misalnya, nama yang tercantum di nomor panggilan masuk kita adalah nama perusahaan besar. Sekalipun muncul nama di panggilan masuk kita, sebaiknya jangan percaya. Jangan sekali-kali memberi nomor ID apa pun.

Jangan percaya pada penawaran atau undian berhadiah melalui telepon. Apabila hal itu benar-benar terjadi, maka pemberitahuan penawaran dan undian berhadiah juga akan dikirim melalui surat resmi.

Apabila masih penasaran, tentu sebaiknya mencaritahu siapa pemilik nomor tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa cara (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) untuk mengetahui nomor telepon asing.

Cara Gratis untuk Menemukan Nomor Telepon

Ada berapa carayang secara mudah dapat kita lakukan. Cara-cara berikut ini gratis, tetapi hanya tepat digunakan untuk melihat nomor telepon yang tidak terlalu berbahaya. 

Baca Juga  Aplikasi Pemotong Video PC

Apabila nomor telepon tersebut menggunakan manipulasi pelindung, maka cara (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) berikut ini tidak bisa dilakukan.

1. Periksa histori panggilan

Perhatikan histori panggilan. Lihat apakah panggilan tersebut hanya pertama kali masuk atau sebelumnya sudah pernah melakukan panggilan ke nomor kita. Untuk beberapa jenis handphone, hal itu bahkan bisa karena kita menyimpan kontak secara double. 

2. Lakukan panggilan balik. 

Cara (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) ini bisa menjadi cara yang paling cepat dan tepat. Namun, usahakan melakukan panggilan balik menggunakan nomor berbeda. 

Apabila ternyata menggunakan (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) nomor lain gagal, maka bisa dipastikan bahwa panggilan tersebut memang hanya untuk nomor kita.

3. Cari informasi di internet. 

Kita dapat mengetikkan nomor panggilan asing tersebut ke mesin pencari, misalnya Google. Cukup pengetikan nomor secara lengkap, maka akan muncul beberapa halaman web yang memuat nomor tersebut. Kita dapat memilih informasi yang penting.

Akan ada salah satu halaman web yang yang memberi informasi mengenai nomor tersebut. Apabila informasi yang dicantumkan oleh website tersebut berupa “undian berhadiah”, maka bisa dipastikan bahwa nomor tersebut adalah agen telemarketing atau bahkan penipuan.

4. Cari Informasi di Media Sosial

Apabila setelah mencari informasi nomor asing tersebut di mesin pencari dan tidak membuahkan hasil, kita dapat melakukannya di media sosial seperti Facebook. Hal ini bisa dilakukan karena ada beberapa akun yang men-setting nomor kontak untuk public. 

Baca Juga  Cara Membuat Formulir Online di Google Form

Caranya (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) cukup ketikkan nomor tersebut di bilah pencarian. 

5. Bantuan operator.

Cara terbaik dan teraman untuk menemukan panggilan asing di nomor kita adalah melalui layanan operator. Kita dapat menelepon call service di masing-masing operator yang kita gunakan. 

Cara (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) ini terhitung berbayar, karena panggilan yang kita lakukan akan dikenakan biaya.

6. Antisipasi menggunakan aplikasi pelacak.

Untuk telepon jenis smartphone, kita bisa mengantisipasi panggilan asing berulang (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet) menggunakan aplikasi pelacak nomor telepon. 

Beberapa aplikasi yang kerap digunakan adalah. 

  1. Mobile Number Tracker Pro, cepat dan akurat mendeteksi lokasi. 
  2. Whoscall, mendeteksi basis data dari seluruh dunia.
  3. TrueCaller, untuk blok nomor asing. 
  4. Contactive, untuk melacak media sosial yang terhubung. 
  5. HLR Lookup, mendekteksi lokasi.

Itulah tadi beberapa cara untuk mencari tahu nomor telepon asing (cek pemilik nomor telepon, cara mengetahui pemilik nomor hp, cara melacak pemilik nomor hp lewat internet). 

Mengetahui nomor telepon asing sebenarnya tidak terlalu penting apabila handphone kita tidak terhubung dengan akun-akun yang bersifat keuangan. Itulah sebabnya, smartphone justru lebih mudah diretas.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *