Cara Belajar Berbahasa Inggris

Posted on

Cara Belajar Berbahasa Inggris – Bahasa Inggris adalah bahasa yang cukup penting untuk dikuasai, mengingat bahasa ini digunakan oleh banyak sekali manusia di muka bumi. Dengan mengetahui bahasa Inggris, kita akan mendapatkan peluang-peluang yang lebih besar mengenai pendidikan ataupun pekerjaan.

Kini belajar bahasa Inggris mudah mudah dilakukan. Banyak sekali tempat khusus yang menyediakan jam bimbingan belajar bahasa Inggris. Namun apabila kamu menginginkan cara belajar Berbahasa Inggris secara otodidak atau mandiri, juga bukan hal yang sulit.

Berikut ini adalah tips dan langkah cara belajar berbahasa Inggris secara efektif.

1. Ketahui Materi yang Harus Dipelajari

Sebelum menerapkan cara belajar berbahasa Inggris yang tepat dan efektif, tentu kita harus mengetahui apa saja yang harus dipelajari. Secara sederhana, ada 4 unsur kebahasaan yang harus kita ketahui, yaitu mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara.

Dari masing-masing unsur bahasa tersebut, dapat kita pilih bahan materi sebagai penunjang. Untuk belajar mendengarkan kamu bisa menggunakan lagu-lagu yang berlirik indonesia ataupun film berbahasa Inggris.
Sementara untuk belajar membaca, gunakan bahan-bahan yang makan wacana utuh seperti cerpen ataupun teks berita. Membaca wacana utuh dapat membuat kita mengetahui gramatikal dalam bahasa Inggris supaya dapat memperoleh pengalaman menulis.

2. Biasakan untuk Menggunakan Bahasa Inggris Sejak dalam Pikiran

Kebanyakan seseorang yang belajar bahasa Inggris akan menerjemahkan kata perkata dari bahasa ibu ke dalam bahasa Inggris. Hal itu tentu akan memerlukan beberapa detik dan membuat kita tidak akan lancar berbicara.

Misalnya, ketika kita melihat seekor hewan berkaki empat dan berbunyi “meong”, maka langsung saja sebut nama hewan itu di dalam pikiran kita sebagai “cat”.

Baca Juga  Contoh Soal Ujian TOEFL

Hal itu akan membuat kita lebih cepat untuk mengucapkannya ketimbang harus menamai “kucing” kemudian menerjemahkannya menjadi “cat” di dalam kepala, baru mengucapkannya.

3. Langsung Praktikkan Pengetahuan Walaupun Masih Sedikit

Jangan menunggu sampai merasa benar benar bisa hanya untuk mempraktikkannya secara langsung. Cobalah secepat mungkin untuk mempraktekannya.

Misalnya, apabila kamu hanya bisa mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Inggris, tidak akan masalah apabila kamu mencoba berbicara di depan cermin. Kamu juga bisa menulis beberapa caption di media sosial dengan bahasa Inggris yang seadanya itu. Malu apabila ada seseorang yang menegur justru gunakan itu sebagai corrector gratis.

4. Bergabung Bersama Teman-Teman yang Belajar Bahasa Inggris

Jika kamu adalah satu-satunya orang yang melakukan cara belajar berbahasa Inggris di lingkunganmu, maka itu bisa jadi penghambat paling besar. Pasalnya kehakikian bahasa digunakan untuk berkomunikasi. Mustahil kita bisa mempelajari bahasa apabila tidak pernah digunakan untuk berkomunikasi.

Oleh karena itu, usahakan untuk ikut dalam komunitas yang menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi utamanya. Apabila kamu tidak menemukannya, kamu bisa menggunakan media sosial sepert chatous.com untuk bertemu dengan banyak orang asing.

5. Terus Gunakan Kata-Kata yang Tidak Familiar

Penyebab kenapa kemampuan bahasa Inggris seseorang tidak bertambah adalah rasa nyaman menggunakan kosakata kosakata dasar atau standar yang sudah diketahui oleh banyak orang. Padahal, apabila kamu akan bertemu dengan seseorang yang memiliki jabatan atau tingkatan sosial lebih tinggi, kemungkinan kata-kata yang biasa kamu gunakan adalah kata-kata yang aneh dan tidak sesuai konteks.

Oleh sebab itu, teruslah banyak membaca dan mencari kosakata baru meskipun dalam makna yang sama sudah bisa kamu utarakan dengan kata lain yang lebih sederhana.

Baca Juga  Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat Sendirian

6. Tes Kemampuan

Pada akhirnya, siapapun yang belajar harus melakukan test pada apa yang dipelajarinya. Kamu bisa menggunakan soal-soal bahasa Inggris untuk mengetahui seberapa fasihnya atau efektifnya pembelajaran yang kamu lakukan. Atau bila perlu kamu bisa mengikuti tes toefl.

Jika bukan menggunakan soal-soal formal, kamu bisa mengetes kemampuan berbahasa Inggrismu dengan cara membaca karya sastra atau kalimat pragmatis dan memahami maknanya. Kita ketahui bahwa kalimat dalam bentuk sastra ataupun kalimat pragmatis disusun lebih sulit ketimbang kalimat biasanya.

Itu tadi adalah langkah dan tips cara belajar berbahasa Inggris bagi kamu yang masih pemula. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai topik serupa atau mengenai hal-hal lain seputar bahasa Inggris di laman westwoodprep.com

(Visited 239 times, 1 visits today)
Avatar
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *