bimbel cpns

Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS untuk Lolos Seleksi CPNS

Posted on

Bimbel CPNS – Gelombang pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) selalu diadakan setiap tahunnya. Masyarakat Indonesia selalu beramai-ramai untuk mendaftar seleksi CPNS dari berbagai golongan umur dan pendidikan.

Banyaknya masyarakat yang mendaftar untuk menjadi PNS tidak seimbang dengan kuota yang disediakan di tiap instansinya. Hal itulah yang membuat panitia penyelenggara CPNS, memperketat seleksi CPNS.

Akibatnya, seleksi CPNS semakin sulit dan membuat banyak orang harus belajar mati-matian hingga rela mengeluarkan uang untuk mengikuti bimbel CPNS. Semakin tingginya peminat masyarakat Indonesia untuk mengikuti seleksi CPNS, membuat beberapa orang memanfaatkan kesempatan untuk membuka bimbel CPNS.

Tentunya dengan mengikuti bimbel CPNS kalian akan mendapatkan bimbingan belajar yang lebih terfokus bersama orang yang ahli. Sebelum mengikuti bimbel ada baiknya kalian mengetahui informasi tentang bimbel CPNS berikut ini.

Apa Itu Bimbel CPNS?

 

Bimbel CPNS 2020 adalah sebuah program bimbingan belajar CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan mengikuti tes CPNS setiap tahunnya.

Bimbel CPNS biasanya diprogramkan setahun sekali dengan menawarkan berbagai paket bimbingan belajar yang menarik. Jangka waktu yang ditawarkan pun tidak membutuhkan banyak waktu, hanya satu bulan atau 30 kali pertemuan saja.

Fasilitas yang akan kalian dapatkan selama mengikuti bimbel CPNS seperti soal-soal prediksi yang sangat akurat, simulasi test yang mirip, dan latihan interview yang sangat terarah yang dibimbing oleh ahlinya, serta peluang diterima lebih maksimal.

Baca Juga  Memilih Tempat Kursus CPNS Yang Handal Mengajar

Mengikuti program belajar di bimbel CPNS kalian akan lebih fokus dalam mempelajari soal-soal untuk seleksi CPNS. Agar lebih mendukung proses bimbingan belajar kalian juga bisa memilih sistem karantina atau camp yang diselenggarakan oleh lembaga bimbel CPNS.

Dengan begitu, program-program yang diselenggarakan oleh bimbel CPNS akan membantu kalian agar bisa lulus tes seleksi CPNS.

Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS

bimbingan belajar cpns

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengikuti bimbel CPNS akan mempermudah kalian untuk lulus dalam tes seleksi CPNS. Selain itu, terdapat manfaat lain jika kalian mengikuti program bimbingan belajar di bimbel CPNS. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengikuti bimbel CPNS, yaitu:

1. Mendapatkan Update Terbaru Soal-Soal Tes CPNS

Manfaat yang pertama jika kalian mengikuti bimbel CPNS adalah akan mendapatkan update soal tes CPNS yang terbaru.

Sebab, pihak BKN setiap tahunnya akan membuat soal-soal yang terbaru, walaupun masih ada pola-pola yang sama. Namun, kalian bisa memanfaatkan soal-soal terbaru yang didapat dari bimbel untuk mengukur sejauh mana kompetensi kalian menguasai soal-soal tes seleksi CPNS.

2. Memperkaya Informasi Terkait CPNS

Selain mendapatkan update soal terbaru, jika kalian mengikuti bimbel CPNS tentunya akan mendapatkan banyak informasi terkait CPNS dengan peserta bimbel lainnya.

Dengan begitu, pertukaran informasi pun akan selalu terjadi selama kalian mengikuti program bimbel CPNS. Informasi yang kalian dapat bisa berupa tips mengerjakan soal, memilih golongan untuk mendaftar CPNS dan hal lainnya yangbermanfaat.

Baca Juga  Inilah Rincian Formasi CPNS Kemendikbud Yang Sering Dibuka

3. Mendapatkan Pengajar yang Berpengalaman

Manfaatnya yang ketiga, kalian tentu akan mendapatkan bimbingan belajar CPNS dari ahlinya. Biasanya para pengajar di bimbel CPNS adalah orang-orang telah lolos tes CPNS yang pada periode sebelumnya. Dengan begitu kalian akan mendapatkan tips dan trik bagaimana agar bisa lolos tes seleksi CPNS.

Materi yang Diujikan dalam Tes CPNS

bimbingan belajar

Sebelum mengikuti bimbel CPNS, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja materi yang diujikan dalam tes CPNS. Berikut beberapa informasi tentang materi seleksi CPNS yang harus kalian tahu:

1. Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Seleksi kemampuan dasar atau SKD adalah tahap yang dilakukan oleh peserta seleksi CPNS apabila sudah lolos dari tahap sebelumnya, yakni tahap administrasi.

Adapun tes SKD ini akan terdiri dari tiga jenis soal, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk mengerjakan SKD kalian akan diberikan batasan waktu tertentu di setiap jenis
soalnya.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Jenis soal yang dikerjakan pertama adalah TWK. Tes wawasan kebangsaan atau TWK adalah bagian dari tahapan SKD. Tes wawasan kebangasaan menurut Permen PAN RB 23/2019, kisi-kisi materi soal TWK terdiri dari soal tentang Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia.

3. Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Jenis soal yang kedua dari tahapan SKD adalah tes karakteristik kepribadian. Adapun materi yang diujikan pada jenis soal TKP terdiri dari materi yang berkaitan dengan Pelayanan Publik, Jejaring Kerja, Sosial Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Profesionalisme.

4. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Dan jenis tes yang terakhir dalam tahapan Seleksi kemampuan dasar (SKD) adalah Tes Intelegensi Umum (TIU). Pada jenis tes ini kalian akan mengerjakan materi seputar Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik dan Kemampuan Figural.

Tips Lolos Seleksi CPNS

bimbel

Dari keempat jenis soal SKD yang sudah dijelaskan sebelumnya kalian harus menguasai semua jenis tes tersebut, jika ingin lolos seleksi CPNS. Banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menguasai semua jenis tes seleksi CPNS. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti agar bisa lolos seleksi CPNS.

1. Sering Latihan Soal

Jika kalian ingin menguasai materi tes CPNS tentunya kalian harus banyak melatih diri dengan mengerjakan soal-soal CPNS dari tahun sebelumnya.

Kalian bisa menemukan soal-soal latihan tes CPNS di buku yang banyak dijual di pasaran. Jika kalian tidak mempunyai banyak stok soal-soal tes CPNS yang terbaru, kalian bisa mengikuti bimbel CPNS.

2. Meluangkan Waktu Untuk Belajar

Kunci sukses untuk bisa menguasai soal-soal CPNS adalah dengan memberikan waktu yang luang untuk kalian belajar dengan sungguh-sungguh. Jika hal itu sangat sulit dilakukan karena memiliki kesibukan yang lain, kalian bisa coba bergabung dengan bimbel CPNS.

Dengan begitu kalian akan mengikuti bimbingan belajar CPNS dengan fokus dan sekaligus mendapatkan arahan oleh pengajar yang berpengalaman.

Baca Juga  Cara Membaca Hasil SKD CPNS Kemenag

3. Mengerjakan Soal dengan Teliti

Selain tips mempelajari soal-soal seleksi CPNS, kalian juga harus teliti saat mengerkakan soal. Sebab kebanyakan dari soal-soal yang diujikan seringkali menjebak para peserta seleksi CPNS. Akibatnya banyak dari mereka yang gagal dalam tahap SKD ini karena kurang teliti dalam mengerjakan soal.

Kalian bisa mengasah ketelitian dengan sering mengerjakan latihan soal, yang bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan bimbel.

Cara Memilih Tempat Bimbingan Belajar CPNS yang Berkualitas

bimbel

Memilih tempat bimbingan belajar CPNS adalah langkah yang tepat untuk mendukung kalian untuk bisa lolos seleksi tes CPNS. Lalu bagaimana cara memilih tempat bimbel CPNS yang berkualitas? Simak beberapa tips berikut ini:

1. Jangan tergiur dengan tawaran bimbelĀ  yang menjamin kelulusan. Sebab, dengan mengikuti bimbel tidak menjamin kalian dapat lulus seleksi CPNS

2. Mencari informasi bimbel CPNS terbaik dari orang-orang yang sudah lolos seleksi CPNS. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa saja keunggulan program yang ditawarkan dari bimbel tersebut.

3. Melihat kompetensi pengajar di bimbel tersebut, apakah sudah berpengalaman atau tidak dalam mengajar materi-materi CPNS.

Nah itu dia beberapa informasi lengkap seputar bimbel. Sebelum mengikuti bimbel, pastikan untuk mempelajari materi-materi seleksi CPNS dan mengikuti tips memilih bimbingan belajar CPNS yang berkualitas.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *