Rincian Biaya Hidup di Perancis Untuk Mahasiswa Asing

Posted on

Biaya Hidup di Perancis – Kamu sedang merencanakan studi di Perancis? Ingin tahu berapa biaya hidup di Perancis? Berikut ini gambaran biaya hidup di Perancis sebagai mahasiswa asing.

Seperti negara Eropa lainnya, biaya hidup di Perancis tergolong tinggi, apalagi bagi buat orang Indonesia. Biaya hidup di Perancis sedikit lebih tinggi dibanding Jerman atau Italia, tapi masih di bawah Inggris atau Amerika Serikat. Sebagai mahasiswa asing, biaya terbesar adalah sewa tempat tinggal dan biaya makan. Berikut ini rincian biaya hidup di Perancis yang harus disiapkan mahasiswa asing

1.Biaya kuliah

Biaya kuliah di Perancis tergantung jenis Universitasnya, negeri atau swasta, serta jurusan yang diambil. Rata-rata biaya kuliah untuk program sarjana di Universitas negeri adalah € 190/tahun, € 259/tahun untuk level Master, serta € 393/tahun untuk gelar PhD.

Beberapa bidang studi membebankan biaya kuliah yang lebih tinggi. Misalnya saja bidang teknik ada di angka sekitar € 620/tahun atau Kedokteran yang biaya kuliahnya mencapai € 450/tahun. Universitas swasta yang membuka program studi khusus di bidang teknik, manajemen atau bisnis bisa menghabiskan biaya kuliah antara € 3.000 dan € 10.000 per tahunnya.

Biaya kuliah di Universitas negeri di Perancis sebenarnya lebih rendah dibanding negara tujuan studi lainnya. Mahasiswa asing di Perancis juga memiliki peluang yang sama dalam mendapatkan subsidi pendidikaan. Sementara ada banyak negara yang menerapkan biaya kuliah yang tinggi bagi mahasiswa asing. Di Negara seperti USA, Australis, Kanada, biaya kuliah bisa mencapai $ 10.000 hingga $ 50.000 per tahun.

2.Sewa tempat tinggal

Ada 2 pilihan tempat tinggal bagi mahasiswa asing, yaitu tinggal di University residence atau menyewa kamar pribadi (kost). Tinggal di University residence menajdi pilihan menarik. Pertama, lokasinya biasanya dekat dengan kampus sehingga memudahkanmu masuk kuliah. Kedua, tarifnya lebih murah dibanding harga kamar di luar kampus.

Baca Juga  5 Kata Kerja Bahasa Perancis Yang Sering Digunakan

Biaya rata-rata tinggal di University residence adalah € 250 hingga € 350 per bulan. Selain itu, kita akan tinggal dengan mahasiswa dari berbagai negara, pastinya ini menjadi pengalaman menarik kan?

Nah, kalau kamu menyewa kamar pribadi di luar kampus, tarifnya tergantung kota yang kita tempati. Tinggal di kota besar seperti Paris akan membuat budget membengkak. Secara umum, biaya sewa kamar di Perancis berkisar antara € 350 hingga € 750 per bulan. Memang mahal sih, tapi kamu akan mendapatkan pengalaman tinggal bersama penduduk lokal. Ini menjadi cara terbaik mempelajari bahasa dan budaya Perancis.

3.Makan

Makanan Perancis terkenal mahal. Makanya, cara terbaik hidup hemat adalah dengan masak sendiri. Anggaran makan dengan masak sendiri berkisar € 200 – € 300 per bulan. Atau kalaupun harus makan di luar, tidak ada yang lebih murah daripada restaurant universitaire atau restoran Universitas. Hanya dengan € 3,15, kamu akan mendapatkan satu porsi makanan lengkap.

4.Transportasi

Seperti di negara Eropa lainnya, mahasiswa Perancis biasanya berangkat ke kampus dengan naik sepeda. Selain hemat, kita bisa lebih menikmati indahnya kota di Perancis. Tapi kalaupun kamu hendak menyiapkan budget untuk perjalanan agak jauh dengan bus, bersiaplah dengan € 50 per bulan.

5.Asuransi

Biaya lainnya yang harus diperhatikan adalah premi asuransi. Mahasiswa dari luar Uni Eropa wajib terdaftar dalam perusahaan asuransi Perancis. Besarnya Premi berbeda-beda tergantung apa saja yang ditanggung. Untuk mahasiswa, premi asuransi yang harus dibayar berkisar antara € 20- € 50 per bulan.

6.Biaya kebutuhan lainnya

Selain kebutuhan di atas, masih ada budget untuk menunjang kebutuhan bulanan lainnya seperti listrik, gas, telepon, dan internet. Kamu bisa menganggarkan sekitar € 85/bulan untuk kebutuhan tadi.

Baca Juga  Belajar Bahasa Perancis Dengan Cara Mudah Dan Simpel

Setelah melihat rincian di atas, setidaknya kita harus menyediakan € 700- € 800 per bulan untuk menutupi biaya hidup di Perancis. Perkiraan biaya ini merupakan gambaran biaya hidup rata-rata di Perancis. Tapi harus diingat juga bahwa semakin besar kota yang ditempati, misalnya tinggal di Paris, semakin tinggi pula biaya hidupnya.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *