bedanya am dan pm

Bedanya Am dan Pm Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Bedanya AM dan PM – Dalam satu hari terdapat 24 jam waktu. Dengan acuan tersebut, beberapa negara menggunakan penyebutan waktu berupa pukul 1, pukul 13, pukul 17, atau pun pukul 24. Pukul 24 adalah penyebutan untuk menandai tengah malam, sementara pukul 12 adalah menandai tengah siang.

Selain menggunakan penyebutan waktu 24 jam, ada juga beberapa negara yang menggunakan periode 12 jam. Dengan begitu, dalam sehari dibagi menjadi dua bagian, yaitu pagi dan malam. Ketika menggunakan bahasa Inggris, kita bisa menyebutnya am dan pm.

Baca Juga ” Pengertian, Tugas, dan Gaji Copywriter

Lalu, apa sebenarnya am dan pm (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am)?

Apa Itu AM dan PM

Penyebutan am sebagai “after midnight” dalam pembahasan (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am) sebenarnya tidak cukup berdasar, walaupun artinya benar. Pada dasarnya, am atau pm bukan berasal dari bahasa Inggris, melainkan dari bahasa latin.

Singkatan am dan pm berasal dari bahasa Latin, yaitu ante meridiem/am (sebelum tengah hari) dan pos meridiem/pm (setelah tengah hari). Singkatan am digunakan untuk menyebut waktu yang berjalan sebelum pukul 12 siang, sementara pm untuk menyebut waktu setelah jam 12 siang.

Singkatan am atau pm dituliskan setelah angka jam, misalnya jam satu pagi ditulis 1am, sementara jam 1 siang disebut 1pm. Penggunaan penyebutan waktu semecam ini hanya berlaku pada negara yang menggunakan periode waktu 12 jam.

Periode 12 Jam

Sistem 12 jam membagi waktu 24 jam sehari menjadi dua periode, yaitu masing-masing menjadi 12 jam. Periode 12 jam pertama ditetapkan sebagai pagi, atau berjalan dari tengah malam hingga siang hari. Sementara periode kedua, ditandai pm, mencakup dari siang hingga tengah malam.

Menggunakan angka dari 1 hingga 12, diikuti oleh am atau pm, sistem jam 12-jam mengidentifikasi semua 24 jam sehari. Misalnya, jam 5 pagi am, dan jam 5 sore pm; 1 am adalah satu jam setelah tengah malam (jam 13), sedangkan 11 pm adalah satu jam sebelum tengah malam.

Baca Juga  Tes GRE; Apa itu? Kursus GRE Test Jakarta Dimana Saja?

Ante meridiem umumnya dilambangkan sebagai AM, am, a.m., atau A.M., sementara post meridiem biasanya disingkat PM, pm, p.m., atau P.M.. oleh sebab itu, dalam pembahasan waktu (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am), meridiem adalah kuncinya.

Negara yang Menggunakan 12-Jam
Seperti yang kita ketahui, hampir semua jam dinding menggunakan sistem 12 jam. Bahkan, untuk Indonesia yang menggunakan 24 jam, jam dinding atau jam analognya tetaplah 12 jam.

Secara tertulis dan lisan, 12-jam digunakan oleh negara-negara bekas jajahan Inggris. Beberapa negara tersebut misalnya Inggris, Republik Irlandia, Amerika Serikat, Kanada (tapi tidak termasuk Quebec) , Australia, Selandia Baru, India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, Malta.

Ada juga negara yang mengikuti konvensi seperti Mesir, Meksiko, dan bekas koloni Amerika di Filipina. Pada negara-negara tersebut, penggunaan 12-jam sangat dominan dalam budaya tulis.

Sementara di negara-negara Eropa dan Amerika Latin, dua sistem sama-sama digunakan. Untuk percakapan sehari-hari, masyarakatnya akan lebih cenderung menggunakan sistem jam-12. Sementara itu, untuk penulisan atau konteks formal, sistem 24-jam yang digunakan.

bedanya am dan pm

Bagaimana Tengah Malam dan Tengah Siang Ditulis?

Kelemahan utama dari sistem 12 jam adalah kebingungan tentang singkatan mana yang harus digunakan untuk tengah siang dan tengah malam. Hal itu karena tidak ada momen yang secara logis dapat diidentifikasi seperti sebelum siang (am) atau setelah siang (pm).

Misalnya, momen tengah malam terjadi tepat 12 jam setelah tengah hari pada hari sebelumnya dan 12 jam sebelum tengah hari pada hari berikutnya. Dengan kata lain, jam 12 malam bisa saja disebut sebagai akhir malam, tetapi juga bisa disebut awal pagi.

Bayangkan jika kita diminta untuk menjemput seorang teman di bandara pada pukul 12:00 pagi pada tanggal 13 April. Apakah sebaiknya kita pergi ke sana tengah malam pada akhir tanggal 12 April atau tengah siang tanggal 13 April?

Baca Juga  Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari

Pemahaman (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am) ini masih menjadi perdebatan. Jika merujuk pada American Heritage Dictionary of the English Language, maka secara umum jam 12 am menunjukkan tengah malam dan jam 12 pm menunjukkan tengah hari. Namun, karena adanya potensi kebingungan, disarankan untuk menggunakan istilah jam “12 siang” dan “jam 12 malam” saja.

Sejarah Munculnya Pembagian Waktu AM/PM
Pembagian waktu antara siang dan malam adalah pembagian yang muncul sebelum adanya kebingungan soal am/pm (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am).

Pada awalnya, terdapat dua siklus, yaitu siklus yang bisa dilacak oleh posisi Matahari (siang) dan siklus yang bisa dilacak oleh Bulan dan bintang-bintang (malam). Hal ini akhirnya berkembang menjadi dua periode 12 jam yang digunakan hari ini.

Dalam penghitungan periode 12-jam (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am), siang tidak disebut sebagai “hari”, melainkan dengan lambang M.

Pembagian 12-jam dapat ditelusuri kembali hingga masa Mesopotamia dan Mesir kuno. Faktanya, jam matahari Mesir untuk menghitung waktu siang hari dan jam air Mesir untuk menghitung malam hari ditemukan di makam Firaun Amenhotep I. Jam tersebut membagi waktu penggunaan masing-masing menjadi 12 jam.

Itulah tadi uraian mengenai perbedaan penyebutan waktu (bedanya am dan pm, bedanya pm dan am). Definisi-definisi mengenai durasi am atau pm bisa saja berbeda di setiap tempat, hal itu bergantung pada kesepakatan masyarakat yang menjalankan sejak dahulu.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *