Ini Dia Beasiswa Perancis Khusus Untuk Mahasiswa Asing

Posted on

Beasiswa Perancis – Apakah kamu ingin kuliah di Perancis? Mungkin salah satu hambatan yang dihadapi adalah pembiayaan. Kuliah di luar negeri berarti kamu harus mempersiapkan setidaknya biaya kuliah dan biaya hidup sehari-hari. Apalagi berdasarkan informasi terbaru, pada tahun 2019 ini pemerintah Perancis memberlakukan biaya kuliah lebih mahal bagi mahasiswa yang berasal dari luar Uni Eropa.

Untungnya, tersedia banyak beasiswa Perancis untuk mahasiswa asing. Beasiswa apa saja yang ditawarkan untuk mahasiswa asing di Perancis. Ikuti artikel berikut ini

1.Eiffel Scholarships

Beasiswa Eiffel Excellence merupakan program yang diselenggarakan oleh kementerian Luar Negeri Perancis dan bertujuan menarik mahasiswa asing, terutama dari negara berkembang untuk kuliah pascasarjana di Perancis. Untuk mahasiswa Master, mereka akan menerima tunjangan bulanan sebesar € 1.181. Sedangkan program PhD akan menerima € 1.400 per bulan.

Selain itu, mahasiswa juga akan ditanggung asuransi kesehatan, tiket pulang pergi dari negara asal ke Perancis, tunjangan transportasi selama di Perancis, serta dalam kondisi tertentu bisa menerima tunjangan akomodasi.

2.Emile Boutmy Scholarships

Beasiswa Emile Boutmy merupakan program yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang kuliah di Universitas Sciences Po. Hal ini dimaksudkan untuk menarik mahasiswa asing non Uni Eropa agar mendaftar di program Sarjana atau Master yang ada di Universitas Sciences Po.

Salah satu beasiswa Perancis S1 ini akan memberikan bantuan keuangan sebesar € 3.000 hingga € 12.300 selama 3 tahun masa studi mereka. Sementara mahasiswa tingkat Master berhak atas bantuan keuangan sebesar € 5.000 per tahun. Syarat utama menerima beasiswa ini adalah mereka harus terdaftar terlebih dahulu di Universitas Sciences Po.

3.Erasmus +

Erasmus + merupakan program beasiswa penuh yang didanai oleh Uni Eropa. Mereka menyediakan beasiswa untuk mahasiswa semua level, dari S1 sampai post Doctoral. Karena beasiswa penuh, mahasiswa akan ditanggung semua kebutuhannya, meliputi tunjangan bulanan, biaya kuliah, asuransi kesehatan, serta tiket pulang pergi. Dapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa ini di www.ec.europa.eu/programmes/erasmus-plus/.

Baca Juga  Yuk Belajar Kosakata Bahasa Perancis dan Artinya Bagi Pemula

4.BGF (Bourse du Gouvernement Français)

Beasiswa yang diberikan oleh IFI (Institut Francais d’Indonesie) ini khusus untuk mahasiswa Indonesia yang akan kuliah di Perancis. IFI sendiri merupakan lembaga yang dikendalikan oleh kedutaan Perancis di Indonesia. Setiap tahun IFI menyediakan kuota 300 beasiswa bagi mahasisawa Indonesia.

Bantuan yang diberikan sangat lengkap, hanya saja beasiswa ini hanya untuk mahasiswa program Master dan Doctoral. Mereka akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 800 hingga € 1000, biaya kuliah (tuition fee), asuransi kesehatan, biaya perjalanan Indonesia-Perancis pulang pergi, biaya pengurusan visa, serta biaya keperluan studi sebesar € 1000.

5.École Normale Supérieure de Lyon

Sebagai salah satu perguruan tinggi elite di Perancis, École Normale Supérieure (ENS) tiap tahun menyeleksi 30 mahasiswa asing untuk menerima beasiswa ENS. Mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar € 1000 selama masa studi mereka di ENS.

6.Ampère Excellence Scholarships

Satu lagi beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa asing yang kuliah di ENS de Lyon. Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa Master bidang studi Ilmu Eksakta, Seni, atau Ilmu Sosial yang ada di ENS de Lyon. Mereka akan mendapat tunjangan bulanan sebesar € 1000 selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sampai selesainya masa studi.

7.INSEAD-Syngenta MBA Scholarships

Seperti namanya, program beasiswa S2 Perancis ini disponsori Syngenta, yang dikenal sebagai perusahaan agribisnis internasional. Target beasiswa ini adalah mahasiswa program Masters in Business Administration (MBA) dari negara-negara berkembang. Informasi lengkap bisa dilihat di website resmi http://sites.insead.edu/mba/schlmgmt/dsp_schl_info.cfm?schlcode=EC01

Nah itu tadi beberapa program beasiswa Perancis yang bisa membantu keuangan kita selama kuliah di sana. Selama kita memiliki kemampuan, pasti ada jalan untuk mewujudkan keinginan kuliah di Perancis. Yang penting, siapkan dari sekarang. Tingkatkan kemampuan akademikmu dan jangan lupa untuk mulai belajar bahasa Perancis.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Perancis di Surabaya

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *