beasiswa jerman s2

10 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Bantu Wujudkan Mimpimu

Posted on

Beasiswa Kuliah di Jerman – Siapa sih yang tidak mau kuliah di Jerman? Selain sebagai negara yang modern, Jerman juga terkenal memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan membuat para pelajar internasional yang kuliah di Jerman meningkat tiap tahunnya.

Sebenarnya banyak pelajar Indonesia yang ingin kuliah di Jerman, namun kebanyakan dari mereka mengira bahwa kuliah di Jerman sangat mahal. Padahal, Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang biaya pendidikannya lebih terjangkau dibandingkan negara Eropa lainnya.

Baca Juga  Beasiswa Jerman Paling Di Dicari Mahasiswa Indonesia

Kurangnya informasi mengenai kuliah di Jerman membuat kebanyakan pelajar Indonesia tidak tahu bahwa tersedia banyak beasiswa kuliah di Jerman untuk jenjang S1, S2 maupun S3.

Beasiswa kuliah di Jerman ada yang berasal dari pemerintah, non pemerintah, dan juga beasiswa universitas. Kita akan membahas beberapa beasiswa kuliah di Jerman berikut ini.

beasiswa kuliah di jerman

Beasiswa Kuliah di Jerman

• Beasiswa Pemerintah

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang beroperasi di bawah Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Beasiswa LPDP memiliki program BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia) dari pemerintah Indonesia yang diperuntukan bagi siswa – siswa berprestasi.

Beasiswa kuliah di Jerman ini dibuka setiap tahun. Untuk mendapatan informasi mengenai, pendaftaran, persyaratan dan deadline beasiswa kamu bisa mengunjungi situs resmi https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Beasiswa DAAD

Beasiswa DAAD (Germany Academic Exchange Service) merupakan beasiswa yang didanai oleh Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Beasiswa DAAD tersedia dalam banyak program dan jurusan .

Beasiswa DAAD diperuntukkan bagi para profesional di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Beasiswa ini dibuka tiap tahun, Informasi mengenai beasiswa DAAD bisa kamu dapatkan di sini https://www.daad.id/en/.

3. Beasiswa Erasmus +

Beasiswa Erasmus + merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Uni Eropa untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan program master maupun doktoral.

Beasiswa ini mendanai pertukaran pelajar di negara – negara Eropa. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Erasmus + bisa kamu dapatkan di sini https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus_en.

beasiswa kuliah di jerman

• Beasiswa Non Pemerintah

4. Beasiswa KAAD

Beasiswa KAAD (Katholischer Akademischer Ausländer Dienst) merupakan beasiswa yang berasal dari sebuah asosiasi non – profit di Jerman. Untuk pendaftaran dan persyaratan beasiswa KAAD bisa kamu baca di sini http://kaad.de/en.

5. Deutschland Stipendium

Beasiswa Deutschland Stipendium diperuntukkan bagi kamu yang memiliki prestasi dan bakat di bidang tertentu. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa ini di laman resminya https://www.deutschlandstipendium.de.

6. Heinrich Böll Scholarships

Beasiswa dari Heinrich Böll Foundation ini tersedia untuk jenjang S2 dan S3 untuk mahasiswa non Uni Eropa, sedangkan jenjang S1 diperuntukkan mahasiswa Uni Eropa. Informasi lengkanya bisa kamu baca di sini https://www.boell.de/en/application.

7. Master International Media Studies DW Akademie

Beasiswa yang diberikan Deutsche Well ditujukan untuk para jurnalis yang ingin meraih gelar master. Baca ketentuannya di sini https://www.dw.com/en/tuition-fees-financing-and-scholarships/a-3766451.

Baca Juga  Ini yang Harus Kamu Lakukan untuk Kuliah Kedokteran di Jerman

• Beasiswa Universitas

8. RWTH Aachen University scholarships

RWTH Aachen University memberikan beasiswa untuk mahasiswa domestik maupun internasional. Informasi mengenai beasiswa universitas in bisa kamu baca di sini http://www.rwth-aachen.de/go/id/dyiv/lidx/1.

9. FRIAS Cofund Fellowship Programme untuk Peneliti Internasional

University of Freiburg menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang bisa kamu apply. Kamu bisa melihat pengumumannya di sini http://www.frias.uni-freiburg.de/en/funding-programmes/cofund.

10. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Frankfurt memberikan potongan biaya kuliah untuk mahasiswa yang Doktorat yang mengambil program bahasa Inggris di bidang matematika, administrasi bisnis, akuntansi, dan keuangan. Informasi lengkapnya bisa kamu baca di sini https://www.frankfurt-school.de/content/en/education_programmes/doctoral/tuition0.

Sebelum apply beasiswa – beasiswa di atas, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman terlebih dahulu. Kamu bisa belajar bahasa Jerman di https://virtueducation.org/.

Baca Juga  Kuliah Gratis? Begini Tips dan Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

(Visited 73 times, 1 visits today)
Embun Rinjani
Nama  asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu. Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini. Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.  Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.   Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *