beasiswa jerman

Beasiswa Jerman Paling Di Dicari Mahasiswa Indonesia

Posted on

Beasiswa Jerman– Jerman adalah salah satu negara favorit tujuan masyarakat Indonesia melanjutkan studi salah satunya dikarenakan beasiswa di Jerman cukup banyak. Selain karen Jerman menawarkan sistem pendidikan yang bagus. Jerman juga terkenal karena sistem biaya pendidikan yang gratis pada program sarjana.

Selain itu, sistem pendidikan Jerman yang berbasis pada industri dan kerja. Menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin selepas kuliah langsung memahami dunia kerja. Tanpa perlu berlama-lama.

Baca Juga  Beberapa Julukan Negara Jerman Yang Paling Terkenal

Nah, sistem pendidikan tinggi di Jerman dibagi atas tiga sektor. Sektor pertama adalah universitas atau kampus yang menawarkan program riset atau applied science. Pada program ini beasiswa yang ditawarkan kampus, swasta maupun pemerintah Jerman sangat melimpah.

beasiswa jerman

Kedua, program vokasi atau semacam diploma seperti di Indonesia. Di program vokasi, Jerman justru jauh lebih maju ketimbang Indonesia.

Disana, sistem vokasi sudah melekat dengan industri. Jadi porsi prakteknya sangat lebih banyak di sistem industri dan pekerjaan dibandingkan teoritik di kelas. Selain itu, tumbuh pesatnya industri di Jerman juga menjadi penunjang bertahannya sekolah-sekolah vokasi.

Disana, sekolah vokasi bukanlah pilihan terakhir jika tidak lolos seleksi universitas. Masyarakat Jerman sudah terbiasa memiliki pilihan ketika menempuh sekolah menengah dan pendidikan tinggi. Jadi bagi mereka, yang ingin menjadi peneliti dan akademisi disarankan masuk applied university (universitas riset).

Sementara yang ingin bekerja dengan industri bisa langsung masuk vokasi. Pada program vokasi beasiswa juga tersedia tetapi tidak terlalu banyak.

Nah, pada bagian ketiga. Adalah sistem sekolah seni atau art school. Khusus pada jurusan ini diisi oleh mereka yang sejak sekolah menengah mempunyai bakat seni melukis, menggambar, mematung, dan desain grafis. Jerman sangat konsen dengan hal hal seperti ini.

Mirip Institut Seni di Indonesia. Tetapi anda pasti sudah mengetahui bukan bahwa di negara-negara maju seperti Jerman. Seni juga dihargai sejajar dengan dunia industri. Karena mereka yng lulus seni dan desain pun bisa berkarir di dunia industri.

Seperti perfilman, media, industri buku dan lain sebagainya. Pada sektor ini, beasiswa yang ditawarkan tergantung ketersediaan dan minat donor beasiswa. Ada beberapa beasiswa berbentuk short course yang disediakan untuk menimba ilmu seni selama satu semester. Tetapi ada juga beasiswa untuk master pada jurusan khusus desain dan seni.

Pada umumnya beasiswa Jerman terdiri atas tiga donor. Pertama, beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Jerman, individu, lembaga swasta industri dan politik di Jerman. Intinya disediakan oleh entitas di Jerman. Kedua adalah beasiswa dari konsorsium Uni Eropa.

Beasiswa ini merupakan gabungan dari berbagai negara di Eropa. Jadi anda nantinya berhak memilih berbagai universitas yang tersedia di negara-negara anggota uni eropa. Sementara beasiswa yang terakhir adalah yang disediakan oleh pemerintah asing. Misalnya pemerintah Indonesia juga mempunyai beasiswa untuk studi ke Jerman.

Beasiswa Jerman yang disediakan Pemerintah Jerman, khusus untuk masyarakat Indonesia. Dapat diakses melalui Kedutaan Besar Jerman, atau lembaga misi pendidikan khusus dari Jerman, yaitu DAAD.

beasiswa jerman

DAAD adalah misi khusus yang menanungi segala informasi beasiswa dari Pemerintah Jerman. Baik itu yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, ataupun dari swasta individu atau industri dan partai politik.

Jika anda masih kebingungan mengenai informasi beasiswa dan sekolah ke Jerman. Anda bisa berkonsultasi dengan lembaga konsultan Virtu Education di www.virtueducation.org. disana anda bisa memperoleh informasi lengkap studi ke Jerman atau Prancis sesuai dengan minat dan tujuan anda, tentunya termasuk beasiswa yang bisa anda raih.

Ohya, beasiswa yang dinaungi DAAD Jerman biasanya ditawarkan untuk jenjang master dan doktoral. Itu artinya anda yang masih di tngkat SMA harus melanjutkan studi sarjana strata satu dulu di Indonesia baru melamar beasiswa DAAD Jerman.

Baca Juga  Ini Pentingnya Ikut Les Bahasa Jerman Bagi Anak

Selain beasiswa DAAD Jerman, bagi anda mahasiswa S1 Sastra Jerman, DAAD Jerman juga memberikan beasiswa pertukaran pelajar ke Jerman. Menarik bukan?

Nah, beasiswa DAAD Jerman secara umum terbuka untuk semua akademisi, peneliti dan juga kalangan swasta. Akan tetapi jika anda berprofesi sebagai dosen di perguruan tinggi di Indonesia.

Anda bisa mengajukan beasiswa DAAD Jerman kerjasama dengan Dikti. Kerjasama ini menjadi bagian dari bantuan Jerman mengembangkan kualitas dosen di Indonesia.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-hari Untuk Pemula

(Visited 103 times, 1 visits today)
Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger. Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis. Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis. Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *