Bahasa Sapaan dalam Bahasa Jerman

Posted on

Kata-kata sapaan dalam bahasa Jerman. tidak jauh berbeda dengan kata sapaan dalam bahasa Indonesia. Terutama dalam berbagai kata sapaan yang mengandung unsur waktu. Karena bahasa sapaan biasanya berasosiasi sama dalam masalah waktu. Sementara pada masalah budaya, biasanya berbasis budaya. Tetapi ada juga beberapa kata sapaan waktu yang biasanya sangat terikat dalam konteks budaya dan periode waktu di negara yang bersangkutan.

Semisal ketika anda perhatikan buku-buku terbitan penulis asing eropa yang ditulis di Indonesia. Ketika mereka mengakhiri penulisan buku mereka di Indonesia pada bulan desember. Mereka menuliskan di bukunya dengan tulisan “diselesaikan di Indonesia, winter tahun 1995”. pertanyaan sederhananya, apakah penulisan ini relevan dengan kondisi di Indonesia? Tentu saja tidak.

Tetapi bagi si penulis, yang merupakan warga negara asing eropa. Desember adalah musim dingin (winter) yang menjadi penanda utama di negara-negara empat musim. Si penulis asing tidak salah. Karena dia berusaha menempatkan sesuai dengan konteks waktu dan budaya yang dia pahami. Hanya saja, bagi beberapa orang Indonesia yang tidak memahami akan bertanya-tanya. Mungkin, hanya beberapa orang saja yang memahami perbedaan bahasa sapaan dalam budaya asing ini.

Jadi, inilah perlunya anda memahami sebuah bahasa sapaan dalam bahasa asing. Agar anda bisa memahami sebuah kalimat sapaan dalam konteks waktu dan budaya yang sedang anda pelajari. Setiap bahasa eroa berbeda dalam persoalan bahasa sapaan. Baik antara bahasa inggirs, jerman dan juga belanda. Di Inggris, karena masyarakat Inggris (british) terbiasa dengan kegiatan rutin minum teh. Dan menjadi budaya dalam kesehari-hariannya. Bahkan menjadi agenda dalam diplomasi. Maka, setiap waktu istirahat sore biasanya disebut dengan “tea time”. apakah “tea time” bisa dimaksud “acara minum teh”? bisa iya, bisa tidak. Dalam konteks formal bisa jadi iya. Tetapi dalam konteks informal bisa dimaksud istirahat. Atau relaks sebentar.

Baca Juga  Ini Pentingnya Ikut Les Bahasa Jerman Bagi Anak

Karena perbedaan antara bahasa asing eropa inilah. Anda bisa memahami bahasa sapaan dalam bahasa Jerman agar sesuai dengan konteksnya. Agar anda tidak salah paham ketika menyapa dalam bahasa jerman sehari-hari. Bahasa sapaan dalam bahasa jerman terbagi atas empat waktu.

Pertama adalah waktu pagi. Waktu pagi ini biasanya dimulai dari subuh hari hingga kira-kira menjelang jam makan siang. Karena di Jerman tidak mengenal batas waktu shalat dhuhur. Ukurannya biasanya jam makan siang yang bisa dimulai pukul sebelas hingga pukul satu. Jam makan siang sendiri sudah masuk ke dalam periode siang. Sementara kata sapaan selamat pagi dalam bahasa jerman adalah “guten morgen” (dibaca sesuai dengan tulisannya guten morgen).

Kedua adalah waktu siang. Seperti yang disampaikan di atas. Jam makan siang menjadi penanda utama, lanjut sampai jam satu hingga kira-kira menjelang jam tiga sore. Karena penanda waktu shalat ashar di Jerman tidak ada. Maka acuannya adalah sekita jam tiga sore. Sapaan selamat siang dalam bahasa jerman adalah “guten tag” (dibaca sesuai dengan tulisannya guten tag).

Ketiga adalah waktu sore. Seperti di inggris. Sore adalah waktu istirahat yang mepet hingga jam 6 sore. Tidak ada penanda adzan. Sehingga ketika jam menunjukkan pukul 6. maka sudah masuk waktu malam. Kata sapaan selamat sore dalam bahasa jerman adalah guten abend.

Keempat adalah waktu malam dan tidur. Waktu dimulai jam enam. Itulah mengapa ada beberapa daerah di Jerman yang memulai waktu makan malamnya jam enam sore. Ini tidak salah. Karena jam malam dimulai jam enam sore. Hingga dilanjutkan sampai malam dini hari waktu tidur. Kata sapaan selamat malam dan selamat tidur juga sama. Yaitu “gute nacht”.

Baca Juga  Mengenal Sifat Adolf Hitler Dari Sejarah Jerman

(Visited 162 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *