Bahasa Pemrograman dan Jenisnya

Posted on

Bahasa pemrograman adalah kosakata atau seperangkat aturan tata bahasa yang digunakan untuk menginstruksikan perangkat komputasi supaya dapat melakukan tugas tertentu. Istilah bahasa program biasanya merujuk ke bahasa tingkat tinggi, seperti BASIC, C, C ++, COBOL, Java, FORTRAN, dan Pascal.

Setiap bahasa program memiliki serangkaian kata kunci yang unik dan sintaksis khusus untuk mengatur instruksi program. Perbedaan dalam penemuan serangkaian kata kunci dan sintaksis khusus tersebut memunculkan berbagai bahasa program.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa program yang digunakan di dunia. Masing-masing bahasa program memiliki keunikan, keunggulan, dan spesialisasinya sendiri. Ada bahasa yang baik digunakan untuk membuat web, perangkat lunak komputer, perangkat lunak smarphone, atau lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling umum digunakan.

1. JavaScript

Mustahil jika programer tidak mengenal bahasa program yang satu ini. Menurut survei yang diadakan oleh Stackoverflow 2018, javascript menjadi bahasa program yang paling umum digunakan. Diperkirakan javascript digunakan oleh berbagai pengembang selama 6 tahun berturut-turut.

Hal itu karena javascript dinilai lebih ringan, mudah ditafsirkan, dan sangat berperan penting dalam pengembangan front-end. Bahkan comma javascript juga menyediakan cara termudah untuk membuat halaman web interaktif dengan sangat lancar. Belum lagi kemampuannya yang sangat kompatibilitas dengan banyak browser besar.

2. Python

Seperti halnya javascript, bahasa pemrograman Python memiliki keunggulan terutama pada sintaksisnya yang jelas, intuitif, dan tidak jauh dari bahasa Inggris. Bahasa pemograman Paiton juga memiliki beragam aplikasi yang menjadikannya serbaguna dan lebih kuat.

Bahasa pemograman ini menjadi populer di bidang-bidang komputasi ilmiah, pembelajaran mesin, dan teknik. Itu karena bahasa Python mendukung atau menggunakan fungsi dan variabel sederhana tanpa banyak menginterogasi definisi kelas

3. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang sangat terkenal meskipun hari ini sudah terjadi oleh beberapa bahasa program yang lain. Java pernah tenar lebih dari 20 tahun, terhitung hingga kini. Bahkan,

Java berorientasi pada objek yang ada di dalam dirinya sendiri hingga 99%. Oleh karena itu, kekuatannya tidak mengandung referensi ke data lain di luar dirinya. Java juga menggunakan alokasi memori otomatis dan mengumpulkan sampah.

Java dinilai kompatibel dengan berbagai platform, termasuk platform yang baru. Dengan begitu, kita bisa membuat kode di mana saja dan kompilasi ke dalam kode mesin tingkat rendah.

Baca Juga  Aplikasi dan Software Desain Rumah

4. SQL

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language, yaitu bahasa program untuk mengoperasikan database. Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan mengambil data yang disimpan dalam database relasional.

SQL juga akan menjaga data tetap akurat dan aman, serta membantu menjaga integritas basis data, terlepas dari ukurannya. Oleh sebab itu, tidak heran jika SQL digunakan saat ini di seluruh kerangka kerja web dan aplikasi database.

Jika kita sudah cukup berpengalaman dalam menggunakan SQL, kita dapat memiliki perintah yang lebih baik atas eksplorasi data dan pengambilan keputusan yang efektif. Tidak heran jika kemudian jika SQL digunakan di seluruh kerangka kerja web dan aplikasi database saat ini.

5. C/CPP

C/CPP adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup tua. Namun yang satu ini dinilai masih sangat unggul dan nyata memberikan kontribusi besar bagi dunia pemrograman. Bahkan, Hingga kini bahasa program C tetap digunakan menjadi pilihan yang paling populer untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi.

OS Linux adalah salah satu yang berbasis pada bahasa program C. Selain itu, C ++ adalah bahasa program yang berorientasi objek dan dibangun di atas C. Kini C++ dinilai lebih berkinerja ketimbang bahasa program yang diketik secara dinamis.

6. PHP

pada faktanya, personal home page atau PHP ini telah mengambil alih sekitar 80% situs secara global. PHP sebagai hypertext preprocessor menjadi bahasa pemrograman untuk tujuan umum. Bahasa program ini berjalan di server yang digunakan untuk membuat halaman web yang ditulis dalam HTML.

PHP menjadi salah satu yang populer karena gratis dan mudah diatur, bahkan oleh programer amatir. Sayangnya masih ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh PHP. Menggunakan bahasa PHP dapat menurunkan kinerja web dan berpengaruh pada waktu loading.

7. Swift

Swift adalah salah satu bahasa pemrograman untuk tujuan umum yang dikembangkan oleh Apple Inc. Swift sangat dipengaruhi oleh bahasa program python dan ruby.

Bahasa ini dirancang untuk digunakan oleh pemula. Meskipun begitu, Swift dianggap lebih menyenangkan untuk digunakan, lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah dibaca serta di debug daripada pendahulunya yaitu objektive-C.

Tidak seperti bahasa program objektive-C, Swift membutuhkan lebih sedikit kode dan mirip dengan bahasa Inggris alami. Oleh karena itu, bahasa ini menjadi lebih mudah ketimbang javascript, Java, dan lainnya. Sayangnya, penggunanya masih sedikit hingga sekarang.

Baca Juga  Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI

8. C#

Bahasa pemrograman C-Sharp adalah salah satu yang terkuat dan berorientasi pada objek. Bahasa ini dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2000-an. Kebanyakan program aplikasi desktop makan menggunakan bahasa ini. Bahkan, Windows 8/10 juga masyarakan .Net Framework supaya dapat berfungsi.

Kode-kode yang ada pada bahasa program C-Sharp dianggap lebih konsisten dan logis dibandingkan C ++. Selain itu, menemukan kesalahan di sini dianggap lebih mudah karena bahasa akan diketik secara otomatis sehingga kode akan diberikan sebelum mengubahnya ke aplikasi.

Bahasa pemograman ini akan sangat cocok digunakan untuk pengembangan aplikasi web aplikasi smartphone, aplikasi desktop, hingga VR, 2D, dan game 3D.

9. Ruby

Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada pertengahan 1990 di Jepang. Ketika itu, bahasa ini dikembangkan untuk menyederhanakan lingkungan pemrograman dan membuatnya menjadi lebih menyenangkan.

Bahasa program ruby menjadi populer oleh Ruby on rails framworks, yaitu full stack web frameworks. Ruby memiliki bahasa yang diketik secara dinamis, tidak memiliki aturan keras dan merupakan bahasa tingkat tinggi yang mirip dengan bahasa Inggris.

Kita dapat membangun aplikasi hanya dengan sedikit garis kode. Namun, salah satu tantangan Ruby adalah seperangkat bahasa yang harus diketik secara dinamis. Hal itu tentu tidak mudah untuk dipertahankan dan fleksibilitasnya yang menjadi lambat.

10. Objective-C

Seperti namanya, Objective-C (ObjC) adalah bahasa pemrograman berorientasi pada objek. Bahasa ini digunakan oleh Apple untuk sistem operasi OS X dan iOS, serta antarmuka pemrograman aplikasi mereka (API).

Bahasa program ini dikembangkan pada 1980-an dan mulai digunakan oleh beberapa sistem operasi paling awal. Kita dapat menyebutnya hybrid C karena fitur yang ditambahkannya ke bahasa program C.

Itulah tadi pengertian bahasa pemrograman dan beberapa jenis yang paling umum digunakan. Bahasa program tidak terbatas pada apa yang kini sudah ada. Dengan arti lain, ada ribuan pihak yang kini sedang mengembangkannya supaya menjadi lebih sederhana dan efektif.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *