ausbildung di jerman

Mempersiapkan Diri Masuk ke Program Ausbildung Di Jerman

Posted on

Ausbildung Di Jerman– Belum beruntung mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jerman namun motivasi masih sangat kuat? Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa bersekolah di Jerman tanpa harus mengandalkan beasiswa. Bahkan jika kamu mengikuti program ini akan lebih siap untuk bisa masuk ke dunia kerja.

Program ausbildung adalah salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah Jerman untuk seluruh orang di dunia. Siapa saja bisa mengikuti program ini yang memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang diterima.

Lalu apa itu ausbildung dan bagaimana bisa cara mengikuti programnya? Jika kamu masih memiliki minat yang kuat untuk pergi ke Jerman, simak informasi selengkapnya mengenai ausbildung di Jerman melalui artikel ini.

Apa Itu Ausbildung di Jerman?

ausbildung di jerman

Ausbildung adalah sebuah program untuk meraih masa depan yang dilaksanakan dalam bentuk dual training. Program yang diadakan di Jerman ini akan membantumu untuk meraih masa depan karena didalamnya terdapat kesempatan training dan pengalaman kerja. Ausbildung biasanya dilakukan selama dua hingga tiga setengah tahun tergantung dengan pilihan jurusan dan kemampuan setiap individu.

Semua siswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan materi secara teori selama dia hingga tiga hari seminggu. Bisa juga beberapa minggu sekali di sekolah yang disebut dengan Berufsschule. Di dalam kelas, siswa akan mendapatkan teori sesuai dengan jurusan. Sisa waktunya akan dilakukan secara praktek bukan sekedar di lab tetapi bekerja langsung.

Di tempat kerja yang merupakan perusahaan, siswa akan mendapatkan pengetahuan baru misalnya bagaimana cara mengoperasikan mesin. Siswa juga akan mengetahui bagaimana proses kerja di sebuah perusahaan berlangsung, ikut ambil andil di dalamnya hingga masa training selesai.

Kombinasi antara teori dan juga praktek ini akan memberi kesempatan yang benar untuk memulai pekerjaan. Nantinya setelah selesai mengikuti Ausbildung kamu bukan hanya mengetahui teori teknis saja tetapi juga berpengalaman mengerjakan secara langsung. Apa saja jurusan yang dibuka? Ada lebih dari 350 jurusan yang secara resmi dipercaya sebagai program Ausbildung di Jerman.

Ada begitu banyak jurusan yang dipilih tentunya mempermudah siapa saja untuk memilih jurusan yang disukai. Selain itu juga memberikan keuntungan dari segi penerimaan, karena peluangnya lebih besar. Bagaimana mengetahui jurusan apa saja yang disediakan, kamu bisa langsung mengunjungi web Ausbildung.de.

Ausbildung di Jerman sangat populer di kalangan anak muda, karena setelah lulus prospek kerjanya sangat bagus. Lebih mudah untuk segera mendapatkan pekerjaan setelah mendapatkan ijazah. Ditambah lagi, selama program berlangsung, siswa akan mendapatkan gaji seperti karyawan magang yang jumlahnya bisa lebih dari 900 euro. Jumlah ini tergantung dengan jurusan yang diambil dan setiap tahun akan bertambah.

Program Ausbildung biasanya akan dimulai dari 1 Agustus atau 1 September setiap tahunnya. Materi yang diajarkan di dalam kelas meliputi bahasa Jerman, Inggris dan teknik dalam jurusan. Sekitar dua pertiga materi di kelas fokus pada jurusan. Selama program berlangsung, siswa akan belajar selama 24 hari dalam satu bulan.

Apa Sajakah Jurusan Ausbidung di Jerman?

Negara Jerman adalah salah satu negara yang berhasil dalam mengimplementasikan sekolah vokasi atau sekolah praktek yang mengimbangi antara teori di kelas dan praktek di lapangan pekerjaan. Program ini diberikan untuk siswa yang masih berumur 16 hingga 18 tahun dengan minat besar untuk bisa langsung turun ke tempat kerja.

Jika dibandingkan dengan Indonesia dapat dikatakan setara dengan D3. Program ini sendiri memulai diciptakan karena banyaknya mahasiswa kini yang sulit untuk menggunakan teori yang telah dipelajari. Hal ini jugalah yang membuat banyak mahasiswa sulit terjun ke dunia kerja.

Pendidikan adalah dua hal yaitu menyeimbangkan antara teori dan juga praktek. Teori yang perlu dilakukan di kelas dan juga praktek yang dilakukan di perusahaan terkait dengan jurusan yang diampu. Masalah dua hal pendidikan inilah yang membuat ausbildung banyak diminati oleh masyarakat.

Bahkan setelah dinyatakan lulus dari ausbildung dan tetap ingin melanjutkan pendidikan di Universitas program ini bisa digunakan. Jadi jika kamu ingin kuliah lagi atau langsung bekerja program ini adalah langkah yang tepat.

Terdapat banyak sekali jurusan yang tersedia dengan program ausbildung yaitu ekonomi, teknik, teknologi dan informasi, perawat dan jurusan lainnya. Setelah dinyatakan lulus sekolah, maka siswa tersebut tidak hanya mendapatkan ijazah namun juga sertifikat telah mengikuti praktek kerja dari perusahaan yang diikuti.

[irp posts=”887″ name=”Kerja Di Jerman Gratis Dengan Program FJS”]

Alasan mengapa banyak warga Jerman dan Eropa mengikuti Ausbildung adalah negera ini terkenal memiliki ‘Soziale Marktwirtschaft’ yaitu memiliki pasar ekonomi sosial yang sangat tinggi. Dalam memenuhi hal tersebut maka masyarakat harus memiliki etos kerja yang baik, pelayanan yang terbaik hingga kemanusiaan yang tinggi. Jadi Jerman adalah negara dengan tingkat hidup yang sangat tinggi.

Bagi mereka yang ingin hidup mandiri dan mengikuti standar tersebut maka meraih pekerjaan sangat penting. Sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan ijazah yang didapatkan dari pendidikan Ausbildung daripada universitas.

Contohnya saja seseorang yang ingin menjadi tukang bengkel atau supir bus, mereka tidak perlu malu untuk mengambil bidang tersebut. Justru keputusan tersebut membuat orang tua mereka bangga dengan memiliki impian tersebut dan masuk ke dalam program ausbildung. Artinya setelah mereka lulus dan memulai bekerja, mereka akan mendapatkan uang untuk membayar kebutuhan sehari-hari bahkan untuk bersenang-senang seperti liburan.

Jadi ausbildung di Jerman adalah program yang sangat dibutuhkan masyarakat Jerman. Untungnya program ini tidak hanya dapat diikuti oleh masyarakat Jerman saja namun juga siswa Asia seperti Indonesia. Sebelum mengikuti program ini tentu ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Jenis Program Ausbildung di Jerman

ausbildung di jerman

Program Ausbildung di Jerman ini akan dijalani selama 3 hingga 5 tahun tergantung dengan jenis pendidikan yang ditempuh. Berikut ini tiga jenis program Ausbildung yang bisa dipilih.

1. Duale Berufsausbildung

Program ini adalah program yang lebih mengutamakan praktek dibandingkan teori. Pendidikan yang ditempuh selama 3 hingga 5 tahun ini lebih banyak porsi untuk praktek di sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan ini akan memberikan gaji untuk siswa yang belajar secara minimum. Namun setelah lulus kesempatan bekerja sesuai jurusan ini akan lebih luas.

Jika mengikuti program ini maka beberapa profesi yang bisa diambil adalah asisten perawat, fotografi, sekretaris, guru tari, assistant bankir, dan lain sebagainya. Pada tahapan akhir kamu harus bisa lulus dari ujian akhir. Jika kamu mendapatkan sertifikat maka akan mudah untuk bekerja di seluruh Jerman.

[irp posts=”1402″ name=”Iklim dan Letak Astronomis Jerman”]

2. Schulische Ausbildung

Pada jenis ini para siswa akan lebih banyak mendapatkan pelajaran di kelas daripada di lapangan. Banyak sekali teori yang akan dipelajari, beberapa praktek di perusahaan tidak mendapatkan haji seperti ‘Duale Berufsausbildung’.

Selama 3 tahun pertama siswa akan menjalani teori di kelas dan mendapatkan bantuan keuangan. Beberapa jurusan yang tersedia adalah perawat, manajemen hotel, pemandu wisata, make up artist, terapis, dll.

3. Weiterbildung

Setelah mengikuti Ausbildung maka siswa yang memiliki nilai terbaik memiliki kesempatan untuk bisa belajar secara spesifik lagi. Sama seperti ketika mengambil S2, dan di sini dibutuhkan waktu selama satu dan dua tahun. Apabila lulus maka kesempatan untuk bekerja menjadi manajer sangat besar sesuai dengan kemampuan kamu.

Beberapa jurusan dalam pendidikan ini adalah asisten asuransi, pemadam kebakaran, dan lain sebagainya.

Bagamanakah Cara Mendaftar Ausbildung?

cara daftar ausbildung

1. Mendaftar secara Mandiri di Jerman

Cara yang pertama ini dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia yang sebelumnya sudah tinggal di Jerman. Mereka tinggal di Jerman karena berbagai alasan seperti mengikuti aupair atau FSJ. Ketika program tersebut hampir selesai dan masih ingin melanjutkan pendidikan atau tinggal di Jerman maka mereka harus mencari program lain seperti mengikuti Ausbildung atau kuliah.

Karena tinggal di Jerman maka peluang untuk mendapatkan informasi lebih mudah seperti bertanya langsung dengan orang yang sudah berpengalaman. Untuk prosesnya sendiri yaitu mencari informasi di website, mengumpulkan syarat dan menunggu proses seleksi. Keuntungannya juga karena berada di Jerman jadi informasi yang didapatkan lebih lengkap.

2. Mendaftar Melalui Kursus di Jerman

Pendaftaran ausbildung Jerman bukan hanya bisa dilakukan secara mandiri tetapi juga melalui tempat kursus. Cara ini cukup memakan banyak modal, karena kamu harus membayar kursus dan mengikuti program kursus. Tapi bukan masalah juga karena selama program aupair atau fsj kamu mendapatkan gaji yang bisa ditabung untuk kursus.

Kamu bisa mendapatkan informasi lebih luas karena sudah dikumpulkan oleh tempat kursus. Selain itu proses surat menyurat hingga pembuatan kontrak jika nantinya diterima akan lebih cepat. Walaupun semua langkah dipermudah, tapi ketika sudah diterima kamu harus mencari apartemen dan biaya ditanggung secara mandiri.

3. Mendaftar Melalui Agen

Cara mendaftar yang ketiga adalah memanfaatkan agen. Jika cara sebelumnya adalah dengan tinggal di Jerman, kali ini adalah solusi jika masih tinggal di Indonesia. Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Jerman dan semua akan diurus oleh agen. Mulai dari pencarian informasi karena kamu tinggal memilih jurusan apa yang diinginkan. Kemudian agen akan memberikan pilihan, sisanya kamu hanya perlu memenuhi persyaratannya.

Nantinya jika sudah diterima, kamu hanya perlu membayar pihak agen yang akan mengurus semua dokumen hingga keberangkatan. Seperti paspor, visa, tiket, dan lain sebagainya. Jadi intinya kamu akan menyerahkan uang yang banyak dan tinggal berangkat ke Jerman untuk program ausbildung.

4. Mendaftar Melalui Kursus di Indonesia

Masih ada pilihan satu lagi untuk mendaftar yaitu dengan kursus bahasa Jerman di Indonesia. Cara ini hampir mirip dengan kursus di Jerman, tapi kamu tak perlu kesana dulu karena di Indonesia juga banyak diselenggarakan kursus bahasa Jerman.

Kamu bisa lebih santai mengikuti kursus hingga memenuhi syarat berbahasa Jerman dan biayanya tidak mahal. Selama kursus kamu bisa menanyakan banyak hal sekaligus menggali informasi bagaimana caranya bisa cepat diterima.

Informasi yang berkaitan dengan lowongan ausbildung di Jerman juga akan disampaikan, tapi tidak ada salahnya jika kamu mencari informasi tambahan sendiri. Selama proses mendaftar ausbildung, kamu akan diajarkan bagaimana caranya menulis motivation letter hingga interview. Semua proses dilakukan di Indonesia jadi kamu tak perlu mengeluarkan banyak modal.

Persyaratan Mengikuti Ausbildung di Jerman

syarat Ausbildung

Mengikuti program ausbildung di Jerman artinya tidak terlepas dari syarat-syarat yang harus dikuasai. Salah satu syarat terpenting adalah menguasai bahasa Jerman.

Kamu bisa memulai mempelajarinya dari sekarang sambil memenuhi berkas-berkas lainnya. Belajar bahasa Jerman untuk persiapan ausbildung bisa dipersiapkan di virtueducation.org dan berikut di bawah ini adalah beberapa persyaratan lainnya, diantaranya:

1. Usia

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah umur. Jika dilihat dari range umur maka siapa saja yang berusia 18 hingga 35 tahun bisa mengikuti ausbildung di Jerman. Hanya saja pada range umur tertentu persyaratan lainnya cukup berbeda. Bagi kamu yang masih berumur 18-25 tahun atau baru lulus SMA atau belum memiliki pengalaman kerja bisa mendaftar dengan menyerahkan ijazah serta transkrip saja.

Perhatikanlah nilai pada transkrip, jika ingin mendapatkan peluang diterima besar maka nilai yang tinggi harus sesuai dengan jurusan. Bagi kamu yang berumur 26-35 tahun diharuskan memberikan surat rekomendasi dari atasan tempat bekerja. Supaya peluang diterima lebih tinggi sebaiknya kamu tetap menekuni jurusan yang sama dengan pekerjaan saat ini.

2. Mampu Berbahasa Jerman

Syarat ini juga wajib dipenuhi karena menjadi dasar yang penting bagi siswa untuk bisa mengikuti materi pembelajaran dan bekerja. Walaupun di kelas teori akan diberikan mater bahasa Jerman, namun hanya sebatas bahasa teknik yang digunakan dalam praktek kerja. Selebihnya kamu harus memiliki modal untuk bisa diterima. Kemampuan ini juga harus dibuktikan dengan menggunakan sertifikat.

level yang dibutuhkan untuk mendaftar ausbildung adalah B1. Dimana kemampuan dasar untuk berkomunikasi dengan native speaker dan memahami topik sesuai yang ditekuni. Mulai dari kemampuan membaca, menulis, mendengarkan hingga berbicara cukup lancar. Karena syarat ini juga, akan lebih baik jika kamu mengikuti cara mendaftar ausbildung dengan melalui kursus.

[irp posts=”518″ name=”Kursus Bahasa Jerman Jakarta Yang Paling Diminati”]

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Siapa saja yang akan mendaftar juga wajib mencantumkan ijazah beserta transkrip. Tidak masalah kamu lulus dan institusi manapun, asalkan dokumen ini diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Proses penerjemahan juga tidak bisa dilakukan sembarangan, harus ada sertifikasi dari penerjemah. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil dokumen yang diterjemahkan adalah 3 hingga 5 hari.

Kedua dokumen ini juga harus difotokopi kemudian dilegalisir terlebih dahulu. Baru setelah itu scan hasil terjemahan yang dikumpulkan bersama dengan dokumen lainnya. Syarat ini akan menjadi seleksi apakah kamu bisa masuk ke jurusan yang dipilih sesuai dengan hasil nilai yang dimiliki.

4. Surat Lamaran, Surat Motivasi dan CV

Dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk mendaftar ausbildung Jerman adalah surat lamaran, surat motivasi dan juga CV yang semuanya dibuat dalam bahasa Jerman. Jika kamu mengikuti kursus untuk mempersiapkan diri mengikuti ausbildung maka materi penulisan ini akan diajarkan. Kamu akan mengetahui trik mudah untuk membuat surat yang baik supaya pihak perusahaan tertarik untuk menerimamu.

CV yang dibuat harus berdasarkan data asli dan lengkap. Berdasarkan data dari CV ini nantinya akan menentukan apakah kamu lolos seleksi administrasi dan lanjut ke tahapan interview. Maka akan lebih baik jika kamu melengkapi CV dengan lebih banyak pengalaman sesuai dengan jurusan yang dipilih.

5. Paspor, Asuransi dan Visa

Dokumen yang ketiga ini bisa dipersiapkan setelah mendapatkan kontrak. Paspor bisa dibuat terlebih dahulu karena memiliki masa berlaku hingga lima tahun. Kemudian jika sudah mendapatkan kontrak diterima, kamu bisa mengurus asuransi kemudian visa. Ketiga dokumen penting ini perlu digunakan untuk saling melengkapi dan pastikan syarat terakhir ini lengkap sebelum keberangkatan ke Jerman.

Sekianlah pembahasan mengenai ausbildung di Jerman dan untuk informasi lebih lanjut bisa klik baner di bawah ini.