Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Aupair adalah – Ingin pergi keluar negeri sekarang tidak harus sekolah dan bekerja khusus. Kamu bisa kapan saja pergi ke negara di Eropa seperti Jerman, Perancis atau Inggris. Bisa juga pergi ke berbagai negara di Amerika dan Australia. Bagaimana caranya?

Ikuti dan simak tentang program Aupair. Program ini sangat bermanfaat bagi siapa saja terutama untuk orang di Asia seperti Indonesia. Banyak orang Asia yang memanfaatkan program ini untuk bisa pergi ke Jerman atau Amerika. Banyak negara yang membutuhkan Aupair.

Lalu apa Aupair? Apa saja keuntungan dan syarat yang harus dipenuhi? Simak kelanjutannya dalam artikel ini.

aupair adalah

 

Apa Itu Aupair dan Keuntungan Mengikutinya

Banyak orang di Asia belajar mati-matian untuk bisa mendapatkan beasiswa dan pergi belajar keluar negeri. Memang benar untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri sangat sulit dan perlu keberuntungan untuk bisa mendapatkan salah satunya. Tidak sulit sebenarnya untuk bisa pergi ke luar negeri salah satunya adalah mengikuti program aupair.

Aupair adalah sebuah program yang diadakan untuk membantu dua belah pihak yaitu keluarga yang membutuhkan dan pekerja yang ingin pergi ke luar negeri. Program ini tergolong baru di banyak negara dan seringkali artinya tidak dimengerti oleh banyak orang. Untuk menghilangkan kesalahpahaman, maka sebaiknya cermati baik-baik apa itu Au Pair.

Program Aupair adalah program pertukaran kebudayaan secara internasional. Program ini memberikan kesempatan pada pemuda dan pemudi untuk menghabiskan waktu di luar negeri. Belajar mengenai kebudayaan asing yang berbeda, meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Mendapatkan kemampuan tersebut tentu dengan syarat atau pertukaran yaitu dengan membantu untuk merawat anak-anak di sebuah keluarga di negara yang dituju.

Kata ‘au pair’ sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah ‘keadaan yang sama’. Makna dari kata tersebut diartikan dalam program ini adalah bahwa sang au pair atau pekerja dan keluarga yang membutuhkan harus dianggap sama rata.

Ketika aupair bisa tinggal di luar negeri dengan cara yang terbaik (ekonomi, tempat tinggal hingga pelajaran), keluarga yang membutuhkan aupair mendapatkan keuntungan yaitu kehidupan yang nyaman dengan anak-anak yang terawat dengan baik. Banyak sekali negara di Eropa, Amerika dan Australia yang menyediakan program ini.

Setelah mengetahui apa itu aupair lalu siapa saja yang bisa menjadi aupair? Seorang aupair bisa saja pria dan wanita yang penting mereka harus berumur sekitar 17 hingga 30 tahun. Mereka harus bersedia tinggal di keluarga yang membutuhkan aupair dan belajar kebudayaan maupun bahasa yang digunakan. Sebagai gantinya keluarga membutuhkan aupair untuk menjaga anak-anak mereka.

aupair adalah

Sekilas aupair seperti seorang pembantu rumah tangga atau nany? Tapi aupair berbeda, mereka bukanlah pembantu atau nanny karena ada banyak perbedaannya. Perbedaan ini dapat dilihat dari apa saja keuntungan yang didapatkan yaitu sebagai berikut ini:

Tinggal di negeri impian selama 12 hingga 24 bulan sesuai dengan kontrak yang diberlakukan. Kamu bisa tinggal di sana dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tempat tinggal adalah di rumah keluarga yang membutuhkan seorang aupair. Kamu tidak perlu memikirkan masalah akomodasi karena makan dan tempat tinggal sudah terjamin.

Mendapatkan uang saku. Setiap aupair yang bekerja tentu saja akan mendapatkan uang saku. Setiap negara memberlakukan uang saku yang berbeda. Misalnya saja di Perancis, kamu akan mendapatkan uang saku sebesar 320 euro per bulannya.

Mendapatkan hari libur, kamu tentu tidak akan bekerja setiap saat namun keluarga akan memberikan hari libur. Normalnya hari libur ini didapatkan satu atau dua hari dalam satu minggu tergantung kontrak yang disetujui. Jadi nikmati liburanmu selama di luar negeri ya.

Tiket pulang pergi gratis, kamu tidak perlu pusing memikirkan tiket pulang pergi Indonesia Eropa atau negara lain yang jauh. Biaya tiket tersebut akan ditanggung oleh keluarga yang membutuhkan.

Kesempatan kursus bahasa asing. Beberapa aupair yang beruntung bisa mendapatkan keluarga yang akan memberikan kursus bahasa dengan gratis. Jadi pada saat hari libur kamu bisa mengikuti kursus bahasa tanpa memikirkan masalah biaya lagi.

Asuransi, selama tinggal di sana keluarga akan memberikanmu asuransi. Asuransi ini wajib kamu dapatkan mengingat kamu akan tinggal jauh dari negaramu.

Syarat Au Pair yang Harus Dipenuhi

Melihat banyaknya keuntungan yang didapatkan tentu saja siapa saja ingin mengikuti program ini. Tapi persiapkan dahulu apa saja syarat-syarat yang diperlukan agar kamu bisa mengikuti program aupair ini.

Ada banyak sekali lembaga yang menyediakan jasa au pair secara online. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi mengenai manakah keluarga yang sedang membutuhkan au pair.

Layaknya melamar pekerjaan, kamu harus membuat surat lamaran dan cv sesuai kemampuan. Biasanya syarat yang paling banyak dicari adalah menguasai bahasa asing sesuai negara yang dituju secara dasar. Kemampuan berbahasa ini ditunjukan dengan sertifikat. Nah untuk itu kamu harus bisa menguasai bahasa asing secara dasar terlebih dahulu.

Bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Perancis, Jerman, Inggris dan bahasa asing lainnya kamu bisa mendapatkannya di situs virtueducation.org. Di sana banyak lhoh yang juga sedang mempersiapkan untuk mengikuti program aupair.

Selain kemampuan berbahasa disana kamu juga akan diberikan berbagai informasi lengkap persiapan untuk pergi ke luar negeri melalui program aupair.

Misalnya saja kamu ingin pergi ke Jerman, nah di sana kamu paling tidak harus mendapatkan level B1 Atau B2 bahasa Jerman. Untuk mendapatkan level ini kamu bisa mengikuti program khusus yang sudah disiapkan di virtueducation.org. Tunggu apalagi? Yuk persiapkan diri kamu untuk mahir berbahasa asing, karena Aupair adalah kesempatan emas yang harus anda dapatkan.