Arti Netizen

Arti Netizen, Asal-Usul Nama, dan Istilah Terkait

Posted on

Arti Netizen – Kata “netizen” mengartikan seseorang yang secara aktif terlibat dalam komunitas daring atau internet secara umum. Istilah tersebut umumnya juga menggambarkan minat dan keterlibatan aktif dalam dunia Internet, menjadikannya sumber daya intelektual dan sosial, atau struktur politik di sekitarnya.

Dalam bahasa Indonesia, netizen (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) berarti “warganet”. Istilah yang juga umum digunakan untuk menyebut istilah netizen adalah “warga siber” atau “cybercitizen”. Ada juga yang menyebutnya “cybersurfer”.

Baca Juga : Pengertian dan Materi Grammar Bahasa Inggris

Asal Usul Istilah dan Arti Netizen

Istilah netizen adalah penggabungan dari kata Internet dan citizen. Oleh karena itu, netizen bisa juga diuraikan menjadi “citizen of the net” atau “net citizen”. Citizen sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti warganegara atau anggota suatu negara.

Penggabungan dua kata antara “internet” dan “citizen” disebut juga portmanteau. Portmanteau adalah campuran kata-kata berupa fonem atau suara untuk membentuk kata baru. dalam ilmu linguistik, portmanteau merupakan morf tunggal yang mewakili dua atau lebih morfem awal yang mendasarinya.

Istilah “netizen” secara luas diadopsi pada pertengahan 1990-an sebagai cara untuk menggambarkan orang-orang yang beraktivitas di Internet. Seorang penulis internet bernama Michael F. Hauben, adalah tokoh yang dianggap menciptakan dan mempopulerkan istilah ini.

Dalam bahasa Cina, netizen dapat disejajarkan dengan istilah wǎngmín dan wǎngyǒu. Istilah wǎngmín atau secara harfiah berarti “net-people” dan wǎngyǒu secara harfiah berarti “net-friend”. Dua istilah tersebut merupakan yang umum digunakan dan memiliki arti “pengguna internet”.

Meskipun begitu, istilah (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) “netizen” masih lebih sering digunakan di Tiongkok ketimbang dua istilah dalam bahasa asli mereka.

Istilah Terkait

Istilah “netizen” telah melahirkan beberapa istilah yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Nah, beberapa istilah yang terkait dengan netizen (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Pengertian Web Browser dan Macamnya

a) Digital citizen : warga negara (secara fisik) yang menggunakan Internet sebagai alat untuk terlibat dalam masyarakat, politik, dan partisipasi pemerintah
b) Internaut : operator atau pengguna internet yang sangat mampu secara teknis
c) Netiquette : konvensi sosial untuk komunitas online
d) Cyberspace : wilayah sosial baru yang dihuni oleh netizens
e) Active citizenship : konsep bahwa warga negara memiliki peran dan tanggung jawab tertentu terhadap masyarakat dan lingkungan dan harus berpartisipasi aktif
f) List of Internet pioneers : orang-orang atau pihak yang membantu mendirikan fondasi teoritis dan teknologi dari Internet (alih-alih meningkatkan konten, kegunaan, atau aspek politiknya)
g) Participatory culture : budaya di mana publik tidak hanya bertindak sebagai konsumen dan pemilih, tetapi juga sebagai kontributor, produsen dan peserta aktif

Meskipun sangat dekat, namun (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) istilah “netizen” sebenarnya tidak dapat disamakan dengan istilah yang telah lebih dahulu populer di internet, seperti “user” dan “visitor”.

Siapa Saja Netizens?

Meskipun pada abad ini hampir semua orang telah menggunakan internet, tetapi tidak semuanya dapat disebut sebagai netizen. Penyebutan netizen sebenarnya juga bukan masalah gelar yang melekat permanen, tetapi lebih tepat disematkan kepada “ketika” seseorang di internet.

Istilah netizens (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) memang lebih mudah disematkan pada pengguna media sosial. Hal itu karena media sosial umumnya mengajak penggunanya lebih aktif, ketimbang pengguna intenet dalam bidang lain seperti pembaca berita atau pendengar musik.

Pengguna media sosial facebook yang aktif, blogger, tweeps atau pengguna twitter, dan pegiat media sosial (termasuk seseorang yang suka mengkomentari unggahan youtube) merupakan bagian dari netizen. Sementara seseorang yang hanya membaca pesan di internet sesekali, bukan merupakan netizen.

Arti Netizen

Apa yang Dilakukan Netizen

Internet telah mengguncang mental masyarakat. Aktivitas di internet secara perlahan menuju ke arah yang negatif. Hal-hal seperti perundungan dan penipuan mulai banyak dilakukan oleh netizen. Aktivitas itu juga yang kemudian melahirkan istilah untuk menyebut netizen yang melakukan aktivitas khas tertentu, seperti buzzer.

Baca Juga  Garis Waktu Sejarah Perkembangan Komputer

Namun, banyak juga hal positif yang dilakukan oleh para netizen, misalnya bertindak sebagai penyebar kabar benar. Hal itu kemudian memunculkan istilah baru, yaitu netizen journalism atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai “jurnalis warga”.

Netizen Journalism (jurnalitik warga internet) adalah aktivitas penulisan dan penyebarluasan berita atau informasi aktual melalui fasilitas internet, seperti blog, media sosial, dan sebagainya. Tidak hanya yang bersifat “create”, istilah “netizen journalism” juga murujuk pada seseorang yang melakukan tindakan “share and comments”.

Tindakan membagi berita-berita yang ditulis oleh jurnalis profesional, mengoreksi, memberi kritik atau pujian, dan rekomendasi laman ke pengguna internet yang lain adalah bentuk dari netizen journalism.

Netizen journalism berbeda dengan citizen journalism. Citizen journalism adalah istilah untuk aktivitas melaporkan kabar atau berita oleh masyarakat yang bukan merupakan jurnalis profesional. Media yang digunakan oleh citizen journalism bisa internet tetapi juga bisa media konvensional.

Dalam perkembangannya, pelaku netizen journalism adalah bentuk perlawanan dan pengawasan pada jurnalistik konvensional. Hal itu karena pelaku netizen journalism sering berperan sebagai “Watchdog Journalism” atau mengawasi dan mengkritisi berita yang dibuat oleh para wartawan profesional.

Itulah tadi uraian mengenai istilah warganet (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen). Istilah (netizen adalah, arti netizen, netizen artinya, apa arti netizen) ini sebenarnya masih terus beregenerasi dan melahirkan istilah serta fenomena baru.pe

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *