Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS ? – TOEFL dan IELTS adalah dua tes kemampuan bahasa Inggris yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kedua tes ini sering kali diperlukan untuk melamar studi di luar negeri, untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional atau untuk keperluan imigrasi. Meskipun keduanya bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, TOEFL dan IELTS memiliki perbedaan signifikan dalam hal format, struktur, dan jenis pertanyaan yang digunakan dalam tes.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes standar internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang-orang non-natif yang ingin belajar atau bekerja di lingkungan berbahasa Inggris. TOEFL terdiri dari empat bagian: Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Semua bagian tes dilakukan dalam satu sesi dan dapat berlangsung hingga 4,5 jam. TOEFL menggunakan format multiple-choice, dan tes ini mengukur kemampuan individu untuk memahami bahasa Inggris secara akademis, terutama dalam konteks pendidikan tinggi.

Sementara itu, IELTS (International English Language Testing System) adalah tes bahasa Inggris yang dikembangkan untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa atau pekerja yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di lingkungan berbahasa Inggris. IELTS terdiri dari empat bagian: Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Bagian Reading dan Writing tes IELTS menggunakan format essay atau uraian singkat, sedangkan bagian Listening dan Speaking tes IELTS menggunakan format pertanyaan langsung. IELTS juga menilai kemampuan calon untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam konteks sosial dan profesional.

perbedaan toefl dan ielts

Perbedaan format tes TOEFL dan IELTS mencerminkan perbedaan fokus dari tes tersebut. TOEFL lebih fokus pada kemampuan akademis, sementara IELTS lebih fokus pada kemampuan komunikasi dalam situasi kehidupan nyata. Selain itu, TOEFL lebih banyak digunakan di Amerika Serikat dan Kanada, sedangkan IELTS lebih banyak digunakan di Inggris, Australia, dan negara-negara Eropa.

Kedua tes ini juga memiliki skala penilaian yang berbeda. TOEFL menggunakan skala 0-120, sedangkan IELTS menggunakan skala 1-9. Skala TOEFL menunjukkan kemampuan individu dalam memahami bahasa Inggris secara akademis, sedangkan skala IELTS menunjukkan kemampuan individu dalam berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris.

Meskipun ada perbedaan dalam format dan struktur tes, baik TOEFL maupun IELTS adalah tes yang sangat dihargai di seluruh dunia dan diakui oleh lembaga akademik dan perusahaan multinasional. Kedua tes ini dapat membantu individu untuk memenuhi persyaratan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mencapai tujuan akademik dan profesional mereka.