Apa Itu Visa dan Membuatnya di VFS Global Jakarta

Posted on

Apa Itu Visa – Visa adalah dokumen atau tanda resmi yang memungkinkan kita untuk masuk atau meninggalkan negara tertentu. Visa akan dibutuhkan dalam proses imigrasi.

Visa berbeda dengan paspor. Sederhananya, paspor adalah surat izin keluar yang berasal dari negara kita, sementara visa merupakan surat izin dari negara lain untuk masuk ke negara tersebut. Karena begitu, maka izin masuk negara tersebut bisa bermacam-macam sesuai keperluannya.

Imigrasi sendiri adalah perpindahan seseorang ke negara lain yang bukan merupakan negara aslinya atau ia tidak memiliki status kewarganegaraan di negara yang akan dituju tersebut. Seseorang yang melakukan imigrasi biasanya adalah seseorang yang dinaturalisasi, melakukan pekerjaan, pelajar, atau lainnya.

Cara Membuat Visa

Berbeda dengan paspor yang akan dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon, sehingga untuk mengajukannya kita harus datang ke kedubes negara tujuan di negara kita atau terdekat.

1. Membuat Visa Melalui Kedubes

Satu negara dengan negara bisa saja menerapkan cara yang berbeda dalam melayani permohonan visa. Oleh karena itu, kita harus rajin cek web kedubes negara yang akan kita datangi.

Akan tetapi, kurang lebih cara pembuatan visa melalui kedubes negara tujuan adalah sebagai berikut.
a) Datang dan melakukan pendaftaran serta reservasi jadwal.
b) Menyiapkan dokumen penting seperti paspor, ktp, formulir permohonan, foto, bukti pembayaran visa, surat keterangan sponsor, surat keterangan kerja/belajar, dokumen keuangan (slip gaji/rekening koran/tabungan), jadwal perjalanan, dan surat keterangan kesehatan.
c) Menyerahkan dokumen tambahan dan melakukan wawancara (bisa disyaratkan bisa tidak).
d) Proses pengambilan paling cepat 4 hari, namun lebih sering terjadi lebih dari 4 hari.

2. Cara Membuat Visa Melalui VFS Global

Membuat visa melalui VFS Global tentu akan lebih mudah karena pada dasarnya kita menggunakan jasa agent. Kita hanya perlu membuka website, menentukan negara tujuan, mengisi formulir, mengurus pembayaran, dan menerima hasilnya.

VFS Global (VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa) sendiri adalah perusahaan spesialis jasa alih daya dan teknologi terbesar di dunia untuk urusan pemerintah dan misi diplomatik di seluruh dunia. Perusahaan ini mengelola tugas administratif seperti visa, paspor, manajemen identitas, dan layanan warga lainnya.

Dengan sekitar 3093 pusat aplikasi dan telah beroperasi di 147 negara di 5 benua, VFS Global (VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa) melayani kepentingan 62 pemerintahan.

Baca Juga  Cara dan Syarat Kuliah di Australia

Sejak didirikan pada tahun 2001, perusahaan(VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa) ini telah berhasil memproses lebih dari 203 juta aplikasi dan lebih dari 84 juta pendaftaran biometrik sejak 2007.

VFS Global(VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa, pengertian imigrasi, arti imigrasi, VFS Australia, pengertian visa, cara mengurus visa) menyediakan berbagai layanan untuk pemohon visa, namun tidak berperan dalam proses pengambilan keputusan di balik aplikasi visa.

Alamat VFS Global ada di Pusat Applikasi Visa Gabungan – Kuningan City Mall Lantai 1, Nomor L1-30-32 – Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, Kuningan Jakarta – 12940, Indonesia.

Membuat Visa ke Australia dari Jakarta

Cara pembuatan visa akan bergantung pada kebijakan negara tujuan melalui kedubesnya. Namun, apabila kita mengajukan visa melalui VFS Global(VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa), kurang lebih akan seperti berikut.

Pembuatan visa melalui VFS Global tetap harus memperhatikan hari libur atau hari non aktif kerja dari kedubes negara yang akan dituju. Setelah itu, barulah melakukan langkah-langkah mengajukan aplikasi visa sebagai berikut.

Langkah 1 – Pilih subkelas visa (Ketahui jenis-jenis visa yang berlaku di Australia) yang sesuai untuk keperluan perjalanan ke Australia dan unduh formulir aplikasi visa yang relevan.

Langkah 2 – Siapkan beberapa dikumen pendukung. Aplikasi visa kita mungkin memerlukan dokumentasi pendukung lainnya. Untuk daftar dokumentasi pendukung yang diperlukan untuk visa, lihat daftar periksa yang disediakan di bawah Jenis Visa.

Kumpulkan semua dokumentasi pendukung yang diperlukan untuk aplikasi kita. Untuk menghindari keterlambatan, semua dokumentasi pendukung harus diserahkan pada saat penyerahan aplikasi.

Langkah 3 –

Atur pembayaran biaya visa. Pembayaran visa bisa dilakukan langsung atau pun dilakukan melalui bank. Layanan transfer bank bertujuan untuk memudahkan pembayaran aplikasi visa dalam jumlah besar.

Untuk mendapatkan nomor Virtual Account, pelamar diharuskan mengirim email ke helpdesk kami di info.avacjakarta@vfshelpline.com dengan daftar nama, jumlah aplikasi visa, beserta jenis kategori aplikasi visa.

Setelah mengirimkan email, pelamar akan diarahkan lebih lanjut untuk langkah selanjutnya. Untuk detail lebih lanjut, dapat menghubungi Helpdesk +6221 30418700 atau ke email ke info.avacjakarta@vfshelpline.com

Langkah 4 – Pengajuan Aplikasi

Kita dapat melakukan imigrasi dengan cara mandiri, melalui agen perjalanan tertentu, dan yang lainnya. Oleh sebab itu, dalam tahap ini akan berbeda langkah antara satu orang dengan orang lainnya.

Baca Juga  Kota Di Australia Yang Paling Nyaman Untuk Ditinggali

Melalui Agen Perjalanan.

Pelamar dapat menunjuk Agen Perjalanan tepercaya untuk menyiapkan dan mengajukan aplikasi Visa Australia. AVAC tidak memberikan saran nama Travel Agent tertentu untuk membantu pelamar dalam memproses Visa Australia.

Namun, memilih Agen Perjalanan profesional akan memudahkan dalam proses pemberian tanda (mencap nama perusahaan travel agent) pada formulir aplikasi dan setiap halaman paspor salinan pemohon.

Perorangan atau Perwakilan.

Pengajuan aplikasi visa oleh perseorangan biasa dilakukan melalui online, meskipun setelah itu harus melakukan penjadwalan untuk mengunjungi AVAC dan mengajukan aplikasi secara langsung. Pelamar visa juga dapat menunjuk seorang wakil untuk mengajukan aplikasi Visa Australia.

Jika pemohon ingin mengirim perwakilan untuk mengajukan aplikasi visa di AVAC, surat resmi yang menyatakan perwakilan tersebut perlu diberikan, bersama dengan salinan ID pemohon dan orang yang mewakili mereka.

Melalui Kurir

Selain pengajuan aplikasi Visa Australia melalui Agen Perjalanan atau secara langsung di AVAC, pelamar juga dapat memilih untuk menggunakan layanan kurir VFS, perihal mengambil dokumen dari rumah atau kantor.

Langkah 5 – Setelah Pengajuan

Jika telah mengajukan Aplikasi Visa di Pusat Aplikasi Visa Australia di Jakarta atau Bali, kita dapat memeriksa status aplikasi dengan memberikan no VLN dan Tanggal Lahir.

1. Untuk informasi pelacakan Aplikasi, kita bisa melihatnya di https://www.homeaffairs.gov.au/Lega/Lega/Form/Immi-FAQs/can-i-check-the-progress-of-my-online-application

2. Untuk informasi pengiriman Aplikasi Online, kita bisa melihatnya di https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/getting-a-visa/visa-processing-times/global-visa-processing-times

3. Untuk melihat waktu proses, silakan kunjungi https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/getting-a-visa/visa-processing-times/global-visa-processing-times

Langkah 6 – Pengembalian Aplikasi

Setelah permohonan visa selesai diproses oleh Departemen Dalam Negeri Australia di Jakarta, VFS (VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa) akan mengembalikan dokumen yang diproses ke alamat yang diinginkan oleh pelamar.

Setiap aplikasi Visa Australia yang diproses oleh AVAC akan menerima nomor referensi unik (nomor VLN). Nomor VLN tersebut dinyatakan pada tanda terima yang diberikan oleh staf counter di AVAC setelah mengajukan aplikasi atau email ke alamat email pemohon untuk Aplikasi melalui Kurir.

Itulah tadi uraian mengenai visa (VFS Global, VFS Global Jakarta, apa itu visa) dan hal-hal seputarnya. Yang terpenting dalam pembuatan visa adalah memahami tipe dan kegunaan visa yang akan kita butuhkan.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *