Apa Itu Marketplace dan Perkembangannya

Posted on

Apa Itu Marketplace – Jika dalam perdagangan konvensional dikenal istilah pasar, maka dalam aktivitas perdagangan online atau digital dikenal istilah marketplace. Lalu, apa yang dimaksud dengan marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah)?

Pengertian Marketplace

Marketplace dapat dipahami sebagai sebuah website atau ruang online yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi jual beli antara pedagang dan konsumen. Marketplace dimiliki oleh pihak tertentu yang umumnya menjaga keamanan tetapi tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi.

Ketika memahami marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah), maka kita akan menemukan istilah horizontal marketplace dan vertikal marketplace.

Horizontal marketplace adalah marketplace yang menjual berbagai produk dengan bermacam-macam kategori. Di indonesia, tokopedia dan bukalapak adalah jenis marketplace yang tergolong ke horizontal marketplace.

Sementara itu, vertical marketplace adalah jenis marketplace yang lebih spesifik dalam menjual barang tertentu. Di indonesia, contoh vertical marketplace adalah seperti plaza kamera yang khusus menjual barang-barang yang berhubungan dengan kamera.

Sejarah Marketplace

Marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) terkenal di Indonesia pada periode belakangan ini. Namun, sebenarnya marketplace sudah dikenal sejak tahun 1995 oleh dunia. Kala itu, perusahaan bernama Amazon dan eBay banyak digunakan untuk jual beli di internet.

Selanjutnya, pada tahun 1998 inovasi pembayaran secara online juga telah mengalami kemajuan dengan munculnya Paypal. Asia ikut serta dalam kemajuan tersebut ketika Jack Ma meluncurkan Alibaba pada tahun 1999.

Hari ini industri marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) sudah melewati dekade yang kedua. Dalam perkembangannya, komoditi yang masuk ke dalam marketplace semakin tidak terbatas konsumen, bahkan kita dapat membeli kursi dan lemari melalui marketplace.

Marketplace Terbesar

Ada banyak sekali marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) besar di dunia. Negara-negara seperti Cina, India, dan Amerika adalah markas marketplace terbesar di dunia. Meskipun begitu, Indonesia pelan-pelan juga ikut bersaing.

Marketplace Terbesar Sedunia

Ada banyak sekali marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) di dunia. Beberapa ada yang merambat secara internasional, beberapa yang lain hanya berkutat di negara tertentu. Berikut ini adalah beberapa marketplace yang paling dikenal di dunia.

1. Amazon
Baru-baru ini, Jeff Bezos, pendiri Amazon dinobatkan sebagai orang paling kaya sejagat raya. Jumlah kekayaan yang mencapai 1800 triliun 2020 itu didapatkannya dari bisnis (apa itu marketplace, marketplace adalah) Amazon.

Amazon telah berkembang di 11 negara mulai dari Amerika Utara, Eropa, dan juga Asia. Selain menyediakan barang-barang seperti makanan, buku, peralatan elektronik, Amazon juga memproduksi berbagai multimedia dan konten.

Diluar konsep utamanya sebagai marketplace, Amazon telah mengembangkan jangkauannya hingga memiliki seperti Kindle atau Alexa. Selain itu, kini masyarakat juga dapat menikmati jasa hosting mereka yang dikenal dengan nama AWS.

2. Ebay
Ebay dapat dikatakan sebagai marketplace pertama atau pionir marketplace di dunia. Hingga saat ini, tercatat ada 167 pengguna aktif eBay yang tersebar di 190 pasar di dunia. Keunikan dari eBay adalah aktivitas penggunaannya yang dapat melakukan lelang barang.

3. Alibaba
Meskipun tidak berada di jajaran 2 orang terkaya di dunia, namun nama Jack Ma selalu dikaitkan dengan pembisnis paling berhasil di dunia. Hingga saat ini ada ratusan juta pelanggan yang memasuki Alibaba sehingga tidak heran 80% pasar online di Cina selalu berkutat di Alibaba. Tidak hanya di Cina, alibaba juga menjadi marketplace yang paling banyak memiliki jumlah transaksi.

Baca Juga  Cara Membuat Tabel di Photoshop

Marketplace Terbesar Se-Indonesia

Marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) menjadi salah satu fenomena tersendiri di Indonesia. Masyarakat pernah memiliki pengalaman baru dalam berbelanja ketika munculnya Tokobagus yang kini telah berubah menjadi Olx.

1. Tokopedia
Pada november 2018, Tokopedia dikabarkan telah mendapatkan funding atau pendanaan dari Softbank Vision Fund. Hal tersebut kemudian menjanjikan Tokopedia menjadi online marketplace terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, Tokopedia adalah marketplace yang mendapatkan funding dengan series G.

2. Bukalapak
Sebenarnya konsep yang diusung oleh bukalapak tidak jauh berbeda dengan marketplace kebanyakan. Namun, selain citranya yang sangat lokal, bukalapak juga mengklaim bahwa platformnya sangat mendukung untuk user experience.

3. Shopee
Marketplace yang ada di Indonesia ini sudah sangat dikenal namanya. Selain ada di Indonesia, Shopee juga tersebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, hingga ke Taiwan. Keberhasilan Shopee tentu tidak lepas dari marketplace lain yang menaunginya

Shopee adalah marketplace yang penting di Indonesia tapi sebenarnya berkantor dan berasal dari Singapura. Sebelumnya, Shopee di lebih dikenal dengan nama Garena yang berdiri pada tahun 2009 . Saat ini, Shopee menjadi andalan karena promo gratis kirimnya.

4. Blibli
Penguasa pasar Indonesia, Djarum Group, juga memiliki marketplace berkembang, yaitu Blibli. Marketplace yang didirikan oleh Martin Hartono ini resmi meluncur pada tahun 2011. Tidak banyak perbedaan dengan marketplace kebanyakan, kita dapat menemukan berbagai produk seperti gadget, fashion, kebutuhan dekorasi, hingga barang-barang otomotif.

Daftar Marketplace di Dunia

Berikut ini adalah beberapa daftar marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah) yang berkembang di suatu negara atau merupakan cabang marketplace internasional.

China
1. Alibaba
2. AliExpress
3. JingDong (JD)
4. Taobao
5. Tmall Global
6. XiaoHongShu

Japan
7. Amazon Japan
8. Rakuten

India
9. Amazon India
10. eBay India
11. Flipkart
12. Snapdeal

Australia
13. Amazon Australia
14. eBay Australia
15. Etsy Australia
16. GraysOnline
17. AliExpress
18. Flipkart
19. GraysOnline
20. JingDong (JD)
21. Rakuten
22. Snapdeal
23. Taobao
24. Tmall Global
25. XiaoHongShu

United States
26. Amazon
27. Best Buy
28. eBay
29. Etsy
30. Jet
31. Newegg

Canada
32. Amazon Canada
33. Best Buy Canada
34. eBay Canada
35. Etsy Canada
36. Newegg Canada
37. Jet

United Kingdom
38. Amazon UK
39. eBay UK
40. Etsy UK
41. Not on the highstreet
42. Zalando UK

Germany
43. Amazon Germany
44. eBay Germany
45. Otto
46. Tchibo
47. Yatego
48. Zalando Germany

Netherlands
49. Amazon Netherlands
50. Bol
51. eBay Netherlands
52. Wehkamp
53. Zalando Netherlands

Italy
54. Amazon Italy
55. eBay Italy
56. Zalando Italy

Baca Juga  Memahami Google Adwords Express

UAE
57. LetsTango
58. Mumzworld
59. Souq UAE (Amazon)

Kingdom of Saudi Arabia
60. Souq KSA (Amazon)
61. Wadi

South Africa
62. bidorbuy
63. Takealot
64. Zando

Nigeria
65. Konga
66. Jumia
67. Bol
68. bidorbuy
69. Jumia
70. Mumzworld
71. LetsTango
72. Otto
73. Souq (UAE & KSA)
74. Takealot
75. Tchibo
76. Wehkamp
77. Wadi
78. Yatego
79. Zalando
80. Zando

Mexico
81. Amazon Mexico
82. Linio Mexico
83. Liverpool
84. Mercado Libre Mexico
85. Wal-Mart de Mexico

Brazil
86. Amazon Brazil
87. Americanas
88. Casas Bahia
89. Extra
90. Mercado Libre Brazil
91. Submarino

Argentina
92. Avenida
93. Linio Argentina
94. Mercado Libre Argentina

Chile
95. Groupon
96. Avenida
97. Americanas
98. Casas Bahira
99. Extra
100. Mercado Libre (Argentina, Brazil & Mexico)
101. Liverpool
102. Linio (Argentina & Mexico)
103. Submarino
104. Wal-Mart de Mexico

Cara Berdagang di Marketplace

Ada beberapa persyaratan ketika mendaftar atau membuka lapak di marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah). Hal tersebut akan berbeda-beda disetiap marketplace. Misalnya, ada yang mengharuskan calon penjual adalah pihak yang memiliki NPWP, tempat secara fisik, atau pun hanya cukup memiliki tanda pengenal saja.

Setelah berhasil menjadi seller di marketplace tertentu, hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah menerapkan pengaturan lanjutan supaya tempat dagang kita di marketplace tersebut menjadi ramai konsumen.

1. Gunakan nama yang unik dan mudah diingat
Ketika kita membuat akun penjual, maka kita diperbolehkan untuk memberi nama sendiri. Hal ini tidak berbeda ketika kita membuat instagram. Dengan nama yang mudah diingat dan sesuai dengan barang yang dijual, maka hal tersebut akan lebih efektif baik dalam dikenali dan terdeteksi mesin pencari.

2. Pertimbangkan logo dan foto secara matang
Logo toko atau tempat berjualan kita akan mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen. Selain itu, foto asli yang digunakan untuk informasi produk juga sangat penting. Faktanya, banyak konsumen yang lebih mempertimbangkan foto ketimbang detail informasi dalam bentuk tulisan.

3. Pilih ekspedisi pengiriman
Untuk pedagang yang berada di kota besar, masalah pengiriman bisa jadi masalah sepele. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua ekspedisi pengiriman menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

4. Cepat tanggap
Memasang foto yang jelas, memberi deskripsi yang baik, dan memasang harga yang bersaing belumlah cukup. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah menanggapi dengan cepat konsumen yang menghubungi. Dengan begitu, review toko kita akan baik dan makan menggaet konsumen yang lebih banyak.

Itulah tadi uraian mengenai marketplace (apa itu marketplace, marketplace adalah). Selain beberapa marketplace yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak sekali marketplace yang berkembang di Indonesia. Masih banyak juga startup yang berjalan dilingkup marketplace ini.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *