Cara Download dan Install Font di 1001 Font

Posted on

1001 Font – Dalam kebutuhan design grafis atau hal serupa, kita memang akan membutuhkan berbagai bentuk font. Hal tersebut untuk memudahkan dalam menghias design menggunakan font yang sesuai. Untungnya, kini banyak font sudah bisa didapatkan secara gratis.

Font yang tersebar di internet juga tidak memiliki kapasitas yang berat, sehingga sangat cepat terunduh. Setiap jenis font tidak memiliki kapasitas lebih dari 1 mb. Lalu, bagaimana dan di manakah kita harus mengunduh font gratis?

Nah, berikut ini adalah langkah atau cara mendapatkan font (cara download font, cara install font, 1001 font) untuk dekstop. 

font-example

Cara Download Font di Dekstop

Mendapatkan font (cara download font, cara install font, 1001 font) dapat dilakukan dengan cara mendownload secara gratis di berbagai website. Salah satu web yang menyediakan font lengkap adalah 1001 font. 

Nah, berikut ini adalah langkah atau cara mengunduh (cara download font, cara install font, 1001 font) dari PC. Untuk mengunduh, sebenarnya kita bisa menggunakan perangkat apa saja, tapi lebih mudah jika langsung melalui PC. 

  1. Pertama, silahkan ketikan saja “100 font” di Google Search atau mesin pencari. Setelah itu laman Google akan menampilkan banyak sekali link free font yang bisa kita unduh. Pilih saja addres yang paling atas. 
  1. Selanjutnya, kita akan masuk ke halaman depan dari 1001 Font. Kita bisa memilih berbagai font berdasarkan banyak kategori. Apabila kita sudah mengetahui nama font yang akan diunduh, maka bisa langsung mengetikkannya di kotak search.  
  1. Setelah font yang kita cari ditemukan, langkah selanjutnya hanya klik tombol download berwarna hijau yang terletak di sebelah kanan dari nama font. Kita juga dapat klik pada nama font untuk melihat terlebih dahulu preview dari font tersebut. 
  1. Setelah klik tombol download, maka secara otomatis file akan terunduh dalam bentuk folder archive. Silahkan simpan di tempat yang mudah untuk ditemukan. Ada juga file yang langsung terdownload dalam bentuk file berformat .ttf. 
  1. Temukan file yang berbentuk folder archive tersebut. Selanjutnya, ekstrak menjadi file true type font biasa. Caranya adalah dengan klik kanan dan ekstrak menggunak ekstrator yang terinstal di dekstop. Nah, setelah ini kita hanya perlu menginstalnya ke dalam dekstop. 

Cara Menginstal Font di Dekstop

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menginstal font (cara download font, cara install font, 1001 font). Cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan klik kanan pada file font, lalu klik administrator. Pada versi windows tertentu, kita akan menemukan “instal for all user”. 

Baca Juga  Jenis Virus Komputer dan Cara Menanganinya

Selain itu, kita juga dapat menginstal font dengan cara meng-copypaste-kan file font tersebut ke “folder font” yang ada di partisi C. Cara menemukan folder font tersebut adalah cukup dengan mengetikkan “font” di kotak search windows. 

Akan tetapi, di beberapa versi windows, folder font sudah tidak bisa ditemukan dengan cara mengetikkannya di kotak search. Kita akan menemukan font setting yang mengharuskan untuk men-drag file font ke kolom yang disediakan. 

Cara Cek Font yang Terinstal

Kita bisa cek apakah cara (cara download font, cara install font, 1001 font) yang kita lakukan sudah benar atau belum dengan pergi ke font setting. Dalam perangkat windows 10 atau lebih baru, kita dapat menemukan font setting dengan mengetikkannya di kotak search. 

Selanjutnya kita dapat mencari font yang akan diperiksa. Jika di dalam font setting tersebut sudah terdapat nama font yang kita maksud, maka artinya font sudah berhasil terinstal. Kita juga dapat memeriksanya dengan cara mengikkan nama font di kota search available font. 

Kegagalan Instal Font

Ada kalanya font yang telah kita instal, dan telah terlihat berhasil di font setting, tidak dapat berfungsi dengan baik di aplikasi design dan bahkan di MS Word. Hal ini bisa saja bukan karena kesalahan proses instal (cara download font, cara install font, 1001 font), tetapi karena pengaturan font itu sendiri. 

Beberapa font diatur untuk hanya dapat terlihat jika diterapkan dalam ukuran tertentu, huruf-huruf atau tanda baca tertentu, dan lainnya. Jadi, pastikan untuk membaca file “readme” yang biasa disertakan ketika kita mengunduh file font. 

enter image description here

Tips Untuk Memilih Kombinasi Font yang Baik 

Pada umumnya, penggunaan jumlah jenis font pada sebuah bentuk design atau tulisan tidak lebih dari tiga. Akan lebih baik jika tipografi dibangun hanya dari dua jenis font yang berbeda. Perbedaanya adalah pada font judul dan font isi tajuk. 

Kombinasi yang tepat akan membuat tulisan atau design menjadi lebih baik terlihat. Lalu, bagaimana cara memilih kombinasi font yang benar? berikut ini adalah beberapa tips memilih atau memasangkan kombinasi font. 

Baca Juga  Bahaya Photoshop Portable CS4

  1. Tentukan makna yang akan disampaikan oleh font. 

Masing-masing jenis font akan memberi nuansa yang berbeda, misalnya sebuah font bisa memberi nuansa casual, elegan, mewah, sedih, santai, dan lainnya. Sebuah font juga bisa mewakili ideologi tertentu. 

Misal penggunaan font adalah merek-merek teknologi yang menggunakan font geometris. Font tersebut digunakan untuk mencerminkan sifat yang modern, minimalis, kesederhanaan, dan kebersihan.

  1. Secara sederhana, kombinasikan jenis font Serif dan sans serif. 

Kedua jenis font ini sering digunakan dan dikombinasikan karena memiliki nuansa yang berbeda secara mencolok, yaitu “berlekuk” dan “lebih simple”. Jenis font yang “berlekuk” umumnya akan digunakan sebagai judul, sementara font yang berbentuk “lebih simple” akan digunakan untuk isi tajuk. 

  1. Tunjukkan perpaduan yang kontras tetapi tidak berlawanan. 

Memilih atau memadukan font yang kontras akan menciptakan efek yang jelas antara bagian tulisan. Dengan begitu, pembaca akan dapat membedakan konten per konten dengan mudah. 

Akan tetapi, kontras tidak sama halnya dengan saling berlawanan. Sebuah perpaduan dikatakan berlawanan apabila satu font justru membuat font lainnya tidak terlalu mudah dibaca. Biasanya, hal ini terjadi karena perpaduan berasal dari font berbeda bentuk tetapi dari sama family. 

  1. Jangan gunakan font mirip.

Pada dasarnya, perpaduan antara font jangan terlalu mencolok tetapi juga jangan mirim. Apabila font yang digunakan mirip, maka pembaca tidak akan mampu mengenali konten yang berbeda di dalam tajuk. 

Paling tidak, font yang dikombinasikan memiliki ketebalan atau kejelasan keterlihatan berbeda. Jika terpaksa menggunakan satu font, maka ukuran font yang berbeda adalah solusi selain ketebalan. 

  1. Jangan mengandalkan perbedaan warna.

Dalam kebutuhan design, perbedaan warna antar konten memang perlu. Akan tetapi, hal itu jangan dijadikan patokan utama. Bahkan, sebaiknya gunakan warna yang masih kecenderungan dekat antara satu jenis font dengan jenis font lain. 

Nah, itulah tadi cara dan langkah menambah font (cara download font, cara install font, 1001 font) yang baik dan benar di dekstop. Apabila setelah ditambahkan, dicek telah terinstal, tetapi tidak bekerja di aplikasi tertentu, silahkan restart dekstop. 

(Visited 353 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *