Pengertian Web Browser dan Macamnya

Posted on

Web Browser – Browser adalah program aplikasi yang dijalankan pada program digital terhubung internet untuk mengakses konten yang ada pada ada World Wide Web atau www. Web browser bekerja dengan cara mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada dalam www.

Informasi yang diolah oleh web browser adalah seperti tulisan, gambar, video, hingga bentuk grafis. Masing-masing web browser akan bekerja dengan mengoptimalkan sebagian informasi atau seluruh informasi, sesuai jenisnya.

Macam-Macam Web Browser

Berikut ini adalah beberapa browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) yang pernah ada dan digunakan di beberapa perangkat digital online.

1. Web Browser Text

Sebelum hingga perkembangannya hari ini, web browser dahulunya hanya dapat mengakses atau mengolah data berupa teks. Tidak ada unsur lain selain tulisan, bahkan termasuk perintah. Untuk membedakan tulisan biasa dengan tulisan yang mengandung Link, digunakan perbedaan warna atau perbedaan bentuk kursor.

Ada beberapa web browser yang mengembangkan fitur penangkapan suara, namun sebenarnya yang terjadi adalah pengubahan suara menjadi teks sebelum akhirnya diolah oleh web browser. Dengan begitu, secara teknis maka web browser tersebut masuk ke dalam web browser text.

Beberapa web browser text (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) yang pernah populer adalah seperti Lynx, Links, w3m, dan Netrik.

2. Web Browser Gambar

Web browser gambar merupakan bentuk penyempurnaan dari web browser text. Artinya, di dalam web ini kita dapat mengakses informasi dalam bentuk teks dan gambar. Beberapa perintah dan Link yang pada dasarnya menggunakan teks sudah dapat digantikan menjadi gambar.

Beberapa web browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) yang dapat mengakses teks dan gambar adalah seperti Mozilla Firefox, Salamander, Google Chrome, Internet Explorer, dan masih banyak lagi.

Hari ini kita masih belum memiliki web browser video, karena dalam pencarian sebuah video kita akan tetap menemukan bentuk gambarnya atau thumnail-nya saja. Kita juga tetap mengandalkan teks perangkat video dalam pencariannya.

Selain dalam pembuatan informasi, web browser juga dapat dibedakan berdasarkan sistem operasi perangkat yang digunakan. Setidaknya, web browser dapat dibedakan menjadi di browser desktop dan browser mobile. Keduanya memiliki kemampuannya hampir sama atau keunggulan di masing-masing versi.

Baca Juga  Cara Melacak HP yang Hilang

Contoh Web Browser Populer

Ada banyak sekali web browser yang dibuat untuk perangkat tertentu ataupun secara umum dapat digunakan untuk semua perangkat. Berikut ini adalah beberapa web browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) yang paling populer digunakan.

1. Mozilla Firefox

Browser ini dirancang untuk unggul dalam kesederhanaan, keamanan, ekstensibilitas namun fleksibilitas dan kuat. Browser yang tersedia untuk Windows, Linux, dan Android ini memiliki fitur utama RSS headline, ekstensi obrolan, dan filter spam / malware.

2. Opera Web Browser

Browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) cepat dengan fitur pembesaran halaman dan pintasan pengembang ini dilengkapi dengan paket email, filter phishing, dan bit torrent.

Operat memiliki versi desktop dan juga versi mobile. Pada zamannya, versi mobile dari web browser ini dikenal memiliki kecepatan di atas rata-rata yang dapat mengakses berbagai informasi secara lebih mudah.

3. Safari Web Browser

Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple inc dan menjadi peramban paling populer bagi pengguna MAC. Fitur menarik yang ada di dalamnya adalah seperti impor bookmark dari browser apa pun dan penjelajahan pribadi.

4. Internet Explorer

Meskipun pembaruan menjadi masalah bagi Internet Explorer, namun browser oleh Microsoft ini tetap diakui keunggulannya dalam hal Add ons, ppsi penyesuaian, dan gerakan Mouse. Web browser ini lazimnya terpasang secara otomatis bersama sistem operasi Windows.

5. Slimjet Browser

Slimjet adalah browser yang didukung oleh Blink Engine, sehingga mendukung semua Aplikasi Chrome plus. Kemampuan Slimjer adalah seperti pemblokir iklan & download manager, berbagi sosial dan pengunduh youtube, serta lebih cepat dan aman.

6. Maxthon

Peramban cepat dengan banyak fitur ini didukung oleh Maxthon Cloud Engine, sehingga dapat menawarkan penelusuran dan unduhan yang mulus. Beberapa fitur yang dimiliki adalah seperti fast-forwarding video-iklan, dan mesin rendering dua halaman.

Selain itu, di dalam browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) ini ada juga anti spyware, pemblokir pop up, dan penjelajahan awan (cloud).

7. SlimBrowser

Browser ini didasarkan pada Trident Engine Internet Explorer dan merupakan browser yang kuat. Beberapa fitur di dalamnya adalah seperti mode bilah omni, plugin terpadu (pemblokir iklan, salon foto), serta kecelakaan dan bug yang rendah.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video dari Facebook

8. Netscape Browser

Browser Netscape versi terbaru diunggulkan karena cepat, aman dan telah dipakai oleh banyak user. Fitur menariknya adalah seperti HTML dinamis, mesin pencari yang terintegrasi, dan pengembangan opensource.

9. UC Browser

Browser baru yang sedang sangat populer ini dapat mengelola unduhan penuh dan iklan penelusuran layar penuh dengan sangat baik. Keunggulannya adalah penjelajahan cepat, berbagi halaman cepat, dan dapat membuka situs terblokir.

Web browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) ini tersedia dalam versi desktop dan juga versi mobile. Dalam versi mobile, kita akan mendapat fitur optimasi unduhan sehingga dapat mendownload file secara lebih baik.

10. Google Chrome

Browser ini berfokus pada peningkatan kinerja aplikasi web dengan ratusan ekstensi berguna dapat diunduh secara gratis. Fitur utamanya adalah penjelajahan pribadi, startup Cepat, dan Filter Phishing / Malware.

Versi desktop web browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) ini menjadi yang paling populer digunakan untuk saat ini karena support dengan berbagai informasi di dalam internet.

11. Kidzui

Salah satu web browser yang aman bagi anak adalah Kidzui. Menggunakan web browser ini, kita hanya akan dapat mengakses situs-situs yang diperuntukkan bagi anak-anak seperti foto dan video permainan. Tentunya kita tidak akan menuntut hal-hal kecepatan dan kekuatan dari web browser ini.

12. Kidrocket

Seperti Kidzui, kidrocket akan memberikan jaminan kepada user dalam menggunakan internet sehat. Dengan begitu, berbagai link dan tampilan dewasa akan diblok secara otomatis oleh web browser (web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser) ini.

Itulah tadi uraian mengenai web browser(web browser, pengertian web browser, web browser adalah, contoh web browser, macam macam web browser). Tanpa web browser, kita akan kesulitan untuk mengunduh informasi. Terkecuali, jika kita memahami betul berbagai script dalam internet.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *