Universitas Tertua di Inggris dan Masih Ada Sampai Sekarang

Posted on

Universitas Tertua di Inggris – Universitas di Inggris telah mendidik orang sejak ratusan tahun lalu. Sebelum ada listrik, mesin, TV, bahkan orang belum semua orang bisa membaca dan menulis, Inggris sudah menerapkan pendidikan melalui universitas. Tapi seberapa tuakah universitas Inggris? Temukan jawabannya dengan mengikuti daftar universitas tertua di Inggris berikut ini

1.University of Oxford – tahun 1096

Universitas Oxford secara resmi telah diakui sebagai universitas tertua di Inggris. Meski tidak ada dokumen resmi tahun pendiriannya, tapi ada catatan pengajaran di Oxford telah ada pada tahun 1096. selama berabad-abad, universitas ini telah mendidik para mahasiswa berbakat dari Inggris dan juga dari seluruh dunia.

2.University of Cambridge – tahun 1209

Sejarah berdirinya universitas Cambridge masih berhubungan dengan Oxford. Yaitu ketika beberapa sarjana Oxford diusir warga sekitar lalu pergi ke Cambridge dan mendirikan universitas pada tahun 1209. Apakah karena sejarah masa lalu ini juga persaingan antara Oxford dan Cambridge masih berlangsung hingga sekarang? Bisa jadi, bahkan kedua Universitas ini selalu bersaing ketat di daftar peringkat universitas dunia

3.King’s college London (KCL) – tahun 1561

KCL didirikan tahun 1829 atas ide Raja George IV dan Arthur Wellesley. Tapi mengapa KCL dipilih sebagai nomor tiga universitas tertua di Inggris? Karena ada catatan yang menyatakan bahwa pengajaran Kedokteran sudah ada sejak tahun 1561.

4.University of Bristol – tahun 1595

Universitas Bristol berada di Inggris bagian barat dan mulai berdiri pada tahun 1595. Alumni universitas Bristol diakui sebagai salah satu yang memiliki reputasi paling baik di Inggris. Mereka sangat disukai perusahaan-perusahaan di Inggris serta termasuk yang berpenghasilan tertinggi.

Baca Juga  200+ Kata Sifat Bahasa Inggris Sehari - hari dan Artinya

5.Queen Mary University of London (QMUL) – tahun 1785

Universitas ini pertama kali berdiri pada tahun 1785 dengan nama London Hospital Medical College. Nama QMUL sendiri baru digunakan pada tahun 1995. QMUL diakui sebagai salah satu dari empat kampus terbesar di London. Yang unik dari QMUL adalah mereka memiliki kuburan yang terletak berdekatan dengan kampus utamanya.

6.University of Nottingham – tahun 1798

Universitas Nottingham berdiri pada tahun yang sama dengan pendudukan Kairo oleh Napoleon. Awalnya universitas Nottingham hanya membuka sekolah guru, tetapi sekarang telah menjadi universitas besar dengan 10 fakultas.

7.Imperial college London – tahun 1823

Imperial college London memulai pengajarannya pada tahun 1823 atas ide dari Pangeran Albert. Mereka hanya memiliki 4 fakultas yaitu Sains, Teknik, Bisnis, dan Kedokteran. Walau tidak banyak fakultas, tapi mereka benar-benar fokus pada bidang ilmu tersebut dan saat ini menjadi universitas terbaik ketiga di Inggris.

8.University of Manchester – tahun 1824

Universitas Manchester baru terbentuk pada tahun 2004, tapi sebenarnya sejarah mereka sudah dimulai pada tahun 1824 dengan nama Manchester Mechanic’s Institute. Prestasinya sudah tidak disangsikan lagi, ada puluhan hadiah nobel yang dimenangkan alumni serta peneliti dari kampus ini.

9.University college London (UCL) – tahun 1826

Saat pertama kali berdiri tahun 1826, kampus ini bernama London University. UCL saat ini dikenal sebagai kampus dengan prestise tinggi dan menjadi yang terbesar di London. Mereka juga secara rutin berada di 20 besar universitas terbaik di dunia.

10.University of Sheffield – tahun 1828

Universitas Sheffield sudah berusia 191 tahun dan awalnya bernama Sheffield Medical School. Mereka sangat intensif melakukan riset dan termasuk dalam 10 besar penerima hibah penelitian terbesar di Inggris. Sangat tepat bagi kalian yang hobi riset, karena universitas Sheffield memiliki lingkungan dan fasilitas penelitian yang sangat canggih.

Baca Juga  Contoh Kalimat Passive Voice Dan Artinya

(Visited 67 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *