Mau Kuliah di Universitas Cambridge? Pelajari Dulu Profilnya

Posted on

Universitas Cambridge – Inggris adalah negara yang terkenal dengan institusi pendidikannya. belajar di Cambridge salah satu perguruan tinggi ternama akan mencerahkan jenjang karir siapa saja di dunia internasional.

Universitas ini memiliki lebih dari 18 ribu mahasiswa yang memiliki perbedaan budaya karena berasal dari berbagai belahan dunia. Hampir 4 ribu mahasiswanya berstatus internasional yang artinya berasal dari 120 negara.

Sebagai penunjang pendidikan, perguruan tinggi Cambridge menyelenggarakan sekolah musim panas yang terdiri dari 150 mahasiswa yang berasal dari 50 negara. Biaya yang dihabiskan untuk bisa bersekolah di sini untuk mahasiswa UE adalah 9.250 dollar Amerika.

Sedangkan untuk mahasiswa internasional membutuhkan biaya sebesar 20 ribu hingga 40 ribu dolar tergantung dengan jurusan yang diambil. Biaya untuk pascasarjana juga berbeda sesuai dengan jurusan.

Menurut QS World University Ranking, universitas Cambridge telah mencapai peringkat ketujuh terbaik di dunia. Sedangkan untuk kegiatan akademiknya mencapai nomor dua terbaik.

Setiap perguruan tinggi di Inggris merupakan lembaga independen dengan properti dan pendapatannya sendiri. Sebuah universitas akan menunjuk staf mereka sendiri dan bertanggung jawab untuk memilih siswa. Semua dilakukan sesuai dengan peraturan universitas.

Pada masa lalu, kehidupan mahasiswa adalah seputar kapel, perpustakaan dan ruang makan. Hingga kini kehidupan tersebut merupakan bagian penting dari kehidupan mahasiswa.

Akses untuk ke gedung kampus dibatasi sehingga bagi mahasiswa bisa memiliki posisi yang istimewa dan dapat menikmati fasilitas yang biasanya tidak terbuka untuk umum. Tertarik untuk melanjutkan sekolah di Cambridge Inggris?

Syarat Masuk Universitas Cambridge yang Harus Dipenuhi

Bagi Anda yang tertarik untuk bisa masuk ke universitas ternama Cambridge, penting untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut. Persiapan dilakukan dalam waktu yang tidak sebentar.

Jika ingin melanjutkan ke program sarjana maka enam bulan adalah persiapan yang tepat. Semua mahasiswa internasional yang berminta harus mendaftar melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Service) sesuai dengan deadline yang diberikan.

Ketika Anda sudah mendaftar melalui UCAS maka harus mengisi Supplementary Application Questionnaire (SAQ) yang akan dikirimkan melalui email. Sesuai dengan ketentuan dari UCAS, calon mahasiswa dari luar Eropa dan ingin mendapatkan beasiswa harus melalui interview.

Jika dilihat dari langkah-langkah pendaftaran maka ada tiga tahapan yang nantinya akan Anda lalui. Tahapan ini bisa dilalui jika semua persyaratan dokumen dan juga SAQ teah diikuti.

Berikut ini tiga tahapan yang akan Anda lalui sebagai pelamar di Universitas Cambridge.

Baca Juga  Pengertian Kalimat Gerund, Fungsi, dan Contoh Kalimat Gerund

Interview

Setiap orang yang memiliki kesempatan besar dilihat dari dokumen dan tes awal yang dilalui akan memiliki kesempatan mengikuti wawancara. Anda akan diundang mengikuti wawancara menggunakan bahasa Inggris.

Proses wawancara tidak hanya dilakukan di kampus namun juga di beberapa negara yang telah bekerja sama. Persiapkan diri Anda dengan baik mulai dari mental dan juga bahasa. Anda akan menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan kesiapan hingga tujuan melanjutkan perkuliahan.

Tes Masuk

Kebanyakan pelamar akan mendapatkan tes masuk tertulis sesuai dengan subjek atau jurusan yang dipilih. Beberapa jurusan bahkan mewajibkan para pelamar untuk memasukan karya atau penghargaan pernah di dapatkan sebelumnya.

Karya atau penghargaan tersebut nantinya juga akan banyak ditanyakan pada proses interview sebelumnya. Tes tertulis yang akan Anda tempuh bisa Anda belajar kisi-kisinya terlebih dahulu.

Penentuan

Setelah tes tertulis dan interview berjalan dengan lancar dengan hasil sesuai kriteria universitas, maka Anda akan langsung diterima. Anda harus segera membalas surat atau email yang telah dikirimkan dan memenuhi dokumen lainnya sebelum deadline yang diberikan.

Berbagai Jurusan di Universitas Cambridge Terkenal

Pandangan untuk masuk ke universitas Cambridge mungkin sudah Anda dapatkan, namun untuk bisa masuk sesuai jurusan seringkali membuat bingung. Hal ini tentu tidak mengherankan karena tawaran lebih dari 150 program studi tersedia.

Jika dilihat secara besar, ada 6 bidang studi yang bisa Anda pilih dan masing-masing akan terbagi lagi menjadi ilmu berbeda. Enam bidang studi itu adalah seni dan sastra, ilmu biologi, ilmu pengobatan, ilmu pengetahuan sosial, Ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Namun jika membicarakan beberapa jurusan dari enam bidang studi tersebut, tidak perlu khawatir. Cambridge University memiliki beberapa jurusan terkenal yang banyak diminati yaitu sebagai berikut ini:

Matematika

Jurusan yang paling terkenal di dunia adalah matematika. Tidak mengherankan karena jurusan ini terbukti telah melahirkan banyak ilmuwan terkenal. Semua ilmuwan ini bahkan telah mendapatkan 11 Medali Nobel matematika. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menjadi ilmuwan matematika dan meraih Nobel selanjutnya?

Arsitektur

Jurusan arsitektur di Cambridge pemilihannya lebih ketat dibandingkan jurusan lainnya. Hal ini disebabkan peminatnya yang sangat tinggi dan terdapat 10% saja yang diterima dari semua pelamar. Kesempatan yang kecil ini tentu membuat Anda menjadi lebih semangat jika ingin menekuni bidang arsitektur.

Ekonomi

Nilai ekonomi di Inggris yang cukup tinggi membuat banyak mahasiswa internasional ingin mempelajarinya. Jurusan ini menjadi favorit selanjutnya dan hanya sedikit yang diterima. Ujian masuk yang diselenggarakan cukup sulit dan inilah tantangan awal yang harus bisa Anda taklukan.

Baca Juga  Kursus IELTS di Jakarta Beserta Reviewnya

Fasilitas di Universitas Cambridge Inggris

Memudahkah kegiatan belajar dan mengajar di universitas Cambridge, mahasiswa telah disediakan berbagai macam fasilitas yang sangat mendukung. Fasilitas utama yang paling dirasakan adalah perpustakaan.

Universitas ini telah menampung lebih dari 100 perpustakaan yang di dalamnya terdapat 15 juta buku. Perpustakaan juga tersebar di masing masing fakultas memudahkan mahasiswa untuk menjangkau buku untuk belajar.

Fasilitas lainnya adalah pusat bahasa yang akan membantu mahasiswa untuk mengambil atau melanjutkan pelajaran bahasa. Program ini menawarkan kursus pengajaran di berbagai tingkatan dalam sejumlah bahasa.

Terdapat sesi percakapan dengan native speaker dan sesi percakapan bagi mahasiswa untuk mempertahankan kemampuan berbicara. Selain pusat bahasa di university Cambridge London, Anda juga bisa dilihat banyak sekali museum khusus dan koleksi.

Semua museum terbuka untuk mahasiswa dan umum. Beberapa pameran bahkan sering diselenggarakan di museum seperti seni modern, sejarah dinosaurus hingga sampel batuan. Anda bisa mempelajari banyak hal melalui museum walaupun tidak mengambil jurusan seni atau arkeologi.

Letak Universitas Cambridge dan Sejarahnya

Kampus terletak di pusat kota Cambridge dan terdapat sejumlah bangunan yang terdaftar sebai perguruan tinggi tertua. Kebanyakan bangunan terletak di dekat sungai Cambridge. Letaknya membuat suasana belajar lebih nyaman dan asri.

Para mahasiswa bisa belajar lebih nyaman tidak hanya di ruangan namun juga outdoor.

Universitas Cambridge terletak di tempat yang sama sejak didirikan pada tahun 1209. Pada saat itu university of Cambridge telah menjadi lembaga penelitian publik perguruan tinggi.

Sejarah universitas Cambridge yang panjang menjadikannya sebagai perguruan tinggi tertua kedua di dunia yang menggunakan bahasa Inggris.

Universitas Cambridge terletak di kota Cambridge, artinya sangat jauh dari Indonesia. Jika Anda benar-benar tertarik untuk bisa masuk ke universitas ini maka persiapkan kemampuan bahasa Inggris dari sekarang. Ditambah dengan prestasi sesuai dengan bidang yang Anda tekuni saat ini.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *