3 Trik Mengerjakan Test TOEFL Untuk Dapatkan Score Tinggi

Posted on

Trik Mengerjakan Test TOEFL- Berapa kali anda telah melalui ujian TOEFL untuk lulus proses sarjana? Atau mempersiapkan berkas-berkas administrasi seleksi Beasiswa? Tetapi skor anda tidak kunjung membaik? Atau skornya tidak kunjung sesuai dengan harapan? Berapa banyak buku TOEFL sudah anda beli? Dan berapa banyak uang sudah keluar untuk ikut bolak-balik ujian TOEFL?

Berarti anda perlu merefresh kembali soal-soal ujian TOEFL dengan lebih mendalam. Atau jika anda sudah banyak menghabiskan membedah soal-soal TOEFL tetapi skor belum meningkat juga.

Baca Juga  Tempat Kursus TOEFL IBT Jakarta Paling Bagus

Anda perlu belajar tips dan trik mengerjakan test TOEFL. Karena tidak semua lembaga kursus, les atau bahkan buku-buku sekalipun membahas soal tips dan trik mengerjakn test TOEFL.

Kebanyakan buku dan les hanya mengajarkan pola dan rumus soal. Bahkan beberapa mengajarkan pembedahan soal yang diambil dari soal-soal test TOEFL sebelumnya. Hal ini bisa efektif kepada beberapa orang. Tetapi bisa juga tidak efektif kepada yang lain. Karena ada yang bisa memahami teori dengan mudah. Tetapi tidak bisa menerapkan pada prakteknya.

Sebaliknya, ada juga yang bisa mengerjakan beberapa soal-soal test TOEFL dengan mudah. Tetapi bingung menjelaskan soal teori. Sehingga banyak hangus pada beberapa soal. Dan mendapat poin hanya pada soal-soal tertentu. Hal ini tentu sangat mubadzir dan membuang-buang waktu.

Nah, tips dan trik mengerjakan test TOEFL ini ditujukan bagi mereka yang sudah berkali-kali mengerjakan test TOEFL, belajar bolak-balik dan bahkan membeli banyak buku untuk belajar.

Awalnya anda harus memahami dulu. Bahwa test TOEFL yang dimaksud disini adalah TOEFL yang dikeluarkan ETS dari Amerika. ETS Amerika ini hanya mengeluarkan dua jenis test TOEFL: Yaitu TOEFL iBT berbasis internet. Dan Test TOEFL ITP atau PBT yang berbasis pada kertas. Selain dua jenis tes di atas.

Baca Juga  Rumus Present Tense serta Contoh Penggunaannya

Berarti bukan soal test TOEFL resmi. Melainkan test TOEFL sesuai standar lembaga masing-masing. Seperti beberapa kampus yang mengeluarkan ujian bahasa Inggris sendiri. UGM dengan ACEPT, Unair dengan ELPT dan masih banyak lainnya. Sehingga bisa dipahami, tips dan trik mengerjakan test TOEFL kali ini hanya berlaku untuk TOEFL yang dikeluarkan ETS Amerika.

Merujuk pada test TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS Amerika. Terdapat beberapa perbedaan bagian-bagian tes antara TOEFL ITP atau PBT yang berbasis kertas dan TOEFL iBT yang berbasis internet. Sebelumnya apa yang dimaksud berbasis kertas dan berbasis internet? TOEFL iBT berbasis internet dari kata internet based test.

Tes ini menggunakan komputer sebagai media ujian. Sementara TOEFL ITP atau PBT berasal dari Institusional Testing Program atau Paper Based Test. Keduanya menggunakan soal lembaran dan jawaban dalam sebuah lembar jawaban yang akan discan kemudian hari.

Perbedaan bagian tes TOEFL iBT dan TOEFL ITP/PBT adalah terletak pada writing (menulis) dan speaking (berbicara) yang hanya dimiliki TOEFL iBT. Sementara keduanya sama-sama memiliki bagian soal listening (mendengarkan), tata bahasa (grammar) dan membaca (reading). jadi tips dan trik ini akan mengerucut pada menyelesaikan soal bagian listening (mendengarkan), grammar (tata bahasa) dan reading (membaca).

Berikut tips dan trik mengerjakan test TOEFL pada bagian listening, grammar dan reading:

1.Pada pada bagian listening (mendengarkan), anda akan mendapati tiga tipe soal. Pertama, percakapan pendek dan kemudian pertanyaan yang harus dijawab. Kedua, percakapan panjang denagn tiga pertanyaan. Ketiga, dialog yang sangat panjang seperti kuliah.

Kemudian ada tiga pertanyaan yang harus dijawab. Tips dan trik mengerjakan test TOEFL sesi ini adalah: kuncinya ada dua. Pertama, begitu petunjuk dibacakan kaset. Anda langsung fokus membaca 4 jawaban yang tersedia. Jadi 4 jawaban itu bisa mengira-ngira pertanyaannya akan kemana.

Dengan langsung memfokuskan mata anda ke 4 jawaban yang ada. Anda bisa memanfaatkan beberapa detik sebelum masuk dialog diperdengarkan. Begitu seterusnya. Kedua, perhatikan dialog orang terakhir. Biasanya yang disampaikan dialog terakhir inilah yang ditanyakan.

2.Pada bagian tata bahasa. Ada dua tipe soal. Pertama adalah memilih pilihan ganda yang cocok bagi sebuah kalimat. Sementara yang kedua adalah memilik kata yang salah. Tips bagi tipe pertama, anda langsung baca 4 jawaban.

Baca Juga  Contoh Kalimat Suggestion atau Saran Dalam Bahasa Inggris

Sehingga tidak membuang waktu anda. Sementara bagian tipe soal kedua: fokuslah pada kata-kata yang digarisbawahi. Baru kemudian membaca semua kalimat secara utuh. Jangan kebalik, karena kalau membaca kalimat dahulu. Anda membuang waktu.

3.Pada bagian reading (membaca). baca dahulu pertanyaannya. Baru cari di bacaannya. Jangan kebalik. Karena kalau terbalik anda hanya membuang waktu.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *