Tempat Penitipan Anak sebagai Sarana Belajar yang Efektif

Posted on

Tempat Penitipan Anak – Menitipkan anak di tempat penitipan adalah kebiasaan orang tua dewasa ini. Banyak alasan untuk menitipkan anak dan hal ini dilakukan oleh para orang tua yang sibuk bekerja. Demi memenuhi kebutuhan hidup, menitipkan anak menjadi salah satu tempat yang sangat efektif dan edukatif.

Anak-anak yang belum masuk usia sekolah paling banyak dititipkan, lalu apa yang dilakukan selama di tempat penitipan? Apakah anak diajak untuk bermain? Tentu saja tidak hanya bermain secara sembarangan namun permainan yang diberikan bersifat edukatif.

Apa yang diajarkan kepada anak yang masih berumur 1-4 tahun? Anda bisa mempelajarinya melalui thisisfinland.org. Bahkan tidak hanya anak yang belum sekolah, anak yang sudah masuk sekolah dasar juga akan mendapatkan pendidikan yang sesuai.

Banyak juga yang berpendapat bahwa menitipkan anak adalah hal yang salah. Seharusnya anak-anak dirawat dan diasuh oleh orang tua. Tempat penitipan anak bukan untuk merugikan, namun justru dapat dimanfaatkan sebagai sarana memupuk pendidikan sejak dini.

Anak-anak justru akan diperkenalkan dengan kehidupan sosial, bermain sambil menumbuhkan bakat mereka. Tentunya dengan tenaga profesional yang telah terlatih untuk menangani anak-anak sesuai dengan usianya.

Penitipan Anak sebagai Sarana Edukatif

Mengingat bahwa tempat untuk menitipkan anak juga akan memberikan saran edukatif, maka orang tua harus tepat dalam memilihnya. Banyak tempat penitipan yang memberikan materi berbeda kepada anak-anak.

Melalui thisisfinland.org sebagai orang tua Anda akan aman karena materi yang diberikan sesuai dengan Finland Core Curriculum. Materi yang diberikan berbeda dengan cara mendidik orang Asia kebanyakan yang mengacu pada buku.

Anak-anak akan belajar sesuai dengan kemampuan mereka sehingga tidak ada unsur pemaksaan karena kemampuan yang sedikit kurang. Misalnya saja seorang anak yang belum dapat membaca padahal anak dengan usia yang sama dapat membaca dengan lancar.

Baca Juga  Bekerja Dikantor Dengan Nyaman Ini Daycare Kelapa Gading Terbaik

Ketika anak memiliki kemampuan yang berbeda, pendekatan berbeda pun harus diberikan. Dalam Finland Core Curriculum anak tidak akan dipaksa dan diberi hukuman. Namun akan dilakukan pendekatan berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka.

Khususnya bagi anak yang masih dalam usia 1 hingga 4 tahun. Sebelum masuk dalam dunia pendidikan sekolah, anak harus diajarkan berbagai hal. Bukan sebagai manusia dewasa namun harus diajarkan sesuai kemampuan di umur mereka.

Tempat penitipan anak yang mengacu pada pendidikan Finlandia ini akan memberikan banyak sekali pengalaman baru yang membantu perkembangan anak. Berikut ini beberapa hal yang akan dipelajari oleh anak-anak usia 1 hingga 4 tahun.

Kesenian

Anak-anak usia dini paling mudah untuk diajarkan tentang dunia seni. Kesenian yang bisa dipelajari dimulai dari warna bentuk dan juga ukuran. Pelajaran kesenian ini akan membantu untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.

Permainan balok

Bermain balok adalah jenis permainan yang sudah digunakan sejak lama. Permainan ini juga akan diterapkan dan berfungsi untuk membantu anak untuk meningkatkan kreatifitas dan memecahkan masalah.

Drama

Permainan yang sangat menyenangkan untuk dipelajari di penitipan anak adalah drama. Di sini anak bisa belajar dengan alur cerita. Banyak properti dan kostum yang akan meningkatkan semangat mereka. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan memperluas kosakata.

Musik

Selain belajar bermain drama, anak-anak juga diajarkan tentang musik. Musik adalah pelajaran yang paling disenangi oleh anak-anak. Musik dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan bersosial.

Bermain dengan pasir dan air

Bermain dengan pasir dan air artinya mereka akan bermain dan menimbulkan ruangan berantakan bahkan kotor. Namun inilah yang dibutuhkan, bermain dengan sedikit kotor akan membantu mereka berkembang dan belajar khususnya untuk kemampuan motorik anak.

Baca Juga  Daycare Jakarta Terbaik Dengan Sistem Finlandia

Buku

Sat lagi yang tidak akan dilewatkan ketika Anda menitipkan anak adalah membaca buku. Buku adalah jendela dunia dan inilah yang perlu dipelajari oleh anak-anak sejak dini. Melalui buku cerita anak-anak mereka akan menggunakan banyak imajinasi untuk belajar.

Permainan sambil belajar yang diajarkan di jasa penitipan anak thisisfinland.org bukan tidak hanya sekedar bermain. Setiap permainan memiliki tujuan masing-masing untuk tumbuh kembang anak.

Ada tiga tujuan utama anak diajarkan dengan cara tersebut, pertama adalah untuk meningkatkan cara berkomunikasi. Bagi anak 1-4 tahun berbicara adalah waktu yang penting. Semua permainan dirancang agar anak dapat merespon dan mengerti banyak kata.

Melakukan drama, bermusik, dan bercerita akan membantu mereka memahami kalimat-kalimat ringan. Kedua adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Pada permainan drama, permainan balok dan memahami kesenian akan meningkatkan kecerdasan otak anak.

ketiga adalah untuk membangun kepercayaan diri dalam kehidupan sosial. Inilah yang tidak akan didapatkan jika anak-anak hanya belajar di rumah. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan anak-anak yang lain.

Otomatis jika anak bermain dan belajar dengan anak-anak lain, akan sangat mudah belajar kehidupan sosial. Cara ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri anak untuk mengekspresikan diri dengan baik.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *