Sistem Pemerintahan Jerman Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Sistem Pemerintahan Jerman – Jerman adalah salah satu negara maju di benua Eropa tepatnya di eropa barat, berdekatan dengan negara-negara maju lainnya seperti Belanda, Perancis, Polandia dan Belgia. Kemajuan Jerman ini tentu tidak bisa dilepaskan dari sistem politik dan pemerintahan yang diterapkan di dalam mengelola dan mengatur Jerman. Dimana sistem pemerintah jerman berbasis kepada ekonomi dan demokrasi liberal yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang jerman dalam berbagai peperangan di benua Eropa dan perang dunia lainnya.

Berikut beberapa hal mengenai sistem pemerintah jerman yang terkait dengan sejarah panjang jerman di dunia politik yang mesti kamu ketahui:

1.Jerman menerapkan sistem pemerintah dengan demokrasi liberal, padahal sebelumnya jerman terbagi atas dua jerman yaitu jerman barat dengan demokrasi liberal dan jerman timur dengan ideologi sosialis komunis. Lalu mengapa sistem pemerintah jerman saat ini lebih memilih demokrasi liberal? Hal ini terkait dengan kemajuan jerman barat saat itu yang lebih modern ketimbang jerman timur. Karena ekonomi yang lebih maju dan pembangunan yang lebih modern, maka reunifikasi jerman setelah adanya perang dingin kemudian memilih sistem pemerintah dengan demokrasi dan ekonomi liberal.

2.Jerman memiliki sistem pemerintah yang bergaya campuran antara demokrasi presidensial dengan parlementer. Apa beda keduanya? Sistem pemerintah presidensial dipimpin kepala negara berbentuk presiden murni seperti Indonesia. Tetapi sistem pemerintah parlementer dipimpin kepala negara berbentuk perdana menteri. Nah, sistem pemerintah jerman menggabungkan keduanya. Jerman memiliki presiden republik federal jerman yang dipilih oleh wakil wakil negara bagian. Sementara itu, sistem pemerintah jerman juga memiliki perdana menteri (yang disebut dengan kanselir jerman) yang dipilih oleh parlemen federal yang biasa kita kenal dengan sebutan bundestag.

Baca Juga  Apa Itu Konjugasi dalam Kata Kerja Bahasa Jerman?

3.Jerman memiliki sistem pemerintah berbentuk republik federal. Kenapa memilih pemerintahan republik dan berbentuk federal? Seperti yang telah dijelaskan di atas. Penggabungan jerman barat dengan jerman timur menjadi republik federal jerman karena sistem republik mencontoh Amerika yang memberikan kekuasaan negara berada di berbagai pihak (tidak seperti sosialis komunis yang terpusat). itulah mengapa di sistem pemerintah jerman terdapat presiden, perdana menteri parlemen dan juga mahkamah tinggi federal yang membidangi bidang hukum. Sementara sistem pemerintah jerman berbentuk federal untuk membagi bagi kekuasaan di antara negara-negara bagian yang ada dalam urusan operasional sehari-hari. Sementara untuk pertahanan dan keamanan tetap menjadi kewenangan negara federal.

4.Walaupun sistem pemerintah jerman mengadopsi sebagian besar demokrasi liberal dari Amerika, tetapi Jerman juga mengadopsi beberapa nilai sosialisme yang cukup bagus diterapkan. Misalnya jerman memiliki kebijakan subsidi pendidikan dan kesehatan yang lumayan bagus. Dimana negara memberikan sumbangan dalam bentuk subsidi dana untuk membebaskan biaya SPP bagi seluruh pelajar di universitas, selain itu sistem asuransi di jerman juga termasuk yang terbaik di dunia. Lalu darimana sistem subsidi ini didanai? Dananya berasal dari pengenaan pajak di beberapa sektor yang cukup tinggi. Nah, sistem seperti ini mengadopsi dari nilai sosialisme yang bertujuan agar seluruh masyarakat bisa mengakses pendidikan dan kesehatan tanpa terkendala masalah finansial.

 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Baca Juga  3 Beasiswa S2 Jerman Yang Paling Bergengsi Dan Mendunia
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *