Apa Itu Sertifikat TOEFL Dan Bagaimana Mendapatkannya

Posted on

Sertifikat TOEFL– TOEFL atau test of English for foreign language merupakan ujian bahasa Inggris sebagai persyaratan kuliah atau bekerja di luar negeri, terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Uji kemampuan bahasa Inggris ini untuk memastikan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mencukupi, sehingga bisa mengikuti kuliah atau bekerja di negara tujuan.

Bayangkan bila kita mau bekerja, belajar, serta hidup di negara orang tanpa bekal bahasa asing yang memadai. Ya pasti kita tidak tidak lulus atau tidak diterima.

Baca Juga  Daftar Tempat Kursus TOEFL Jakarta Paling Recomended

Tes yang diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) ini dilakukan untuk menguji kapabilitas dan kecapakan dalam berbahasa Inggris orang-orang dari negara yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris.

Tes ini sangat bermanfaat, terutama bagi akdemisi. Sebagai contoh, sertifikat TOEFL menjadi syarat wajib mendaftar universitas dan juga beasiswa dari luar negeri.

Saat ini banyak lembaga yang menyediakan tes TOEFL dengan sertifikat resmi dari ETS, sehingga sangat mudah untuk sekedar ikut tes TOEFL. Yang sulit adalah mendapatkan skor yang memuaskan sehingga bisa menjadi jalan menuju cita-cita akademis atau pekerjaan yang diimpikan.

Tiap jenis tes TOEFL memiliki skor minimal yang harus dicapai untuk mendapat sertifikat TOEFL. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan sertifikat TOEFL jika tidak memenuhi kriteria skor minimal tersebut.

Sertifikat TOEFL Harus Dari Lembaga Resmi

Sertifikat TOEFL yang asli hanya bisa diperoleh dari lembaga resmi yang ditunjuk oleh ETS yang berpusat di Amerika. Di Indonesia ada banyak lembaga yang ditunjuk untuk melakukan tes ini. Kamu dapat mencari lembaga resmi tersebut di kota tempat tinggal.

Nah, pastikan dulu lembaga tersebut berhak mengeluarkan sertifikat TOEFL resmi ya. Jika ternyata sertifikat TOEFL yang kita peroleh palsu atau tidak resmi, akibatnya sangat fatal. Sebab sertifikat TOEFL palsu tidak akan diterima universitas atau instansi yang kita tuju.

Baca Juga  3 Trik Mengerjakan Test TOEFL Untuk Dapatkan Score Tinggi

Jenis-Jenis Tes TOEFL

TOEFL merupakan salah tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional. Ada beberapa jenis tes TOEFL, yaitu

1.PBT (Paper Based Test)

Tes TOEFL paling konvensional ini biasanya hanya digunakan untuk latihan, karena universitas atau institusi luar negeri tidak menerima sertifikat PBT-TOEFL

2.CBT (Computer Based Test)

CBT-TOEFL saat ini sudah tidak digunakan atau tidak berlaku lagi

3.IBT (Internet Based Test)

Diakui secara internasional, sehingga dapat digunakan untuk mendaftar kuliah, beasiswa, maupun melamar kerja di universitas dan institusi luar negeri

4.ITP (Institutional Testing Program)

Tidak diakui secara internasional, tetapi masih bisa digunakan untuk kuliah dan melamar kerja di dalam negeri saja

Singkat kata, saat ini hanya dua jenis tes TOEFL yang berlaku, yaitu ITP dan IBT. IBT diselenggarakan oleh lembaga yang bekerjasama dengan ETS, sehingga sertifikat IBT-TOEFL bisa digunakan di seluruh dunia.

Sementara ITP diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris terkemuka, dengan tipe soal dan bobot yang sama dengan IBT. Bedanya, ITP-TOEFL diakui secara lokal saja, sehingga tidak bisa dipakai untuk kuliah atau melamar kerja di luar negeri.

Nah, untuk memilih jenis tes TOEFL yang mau diikuti, kembali lagi tujuan masing-masing. Kalau digunakan untuk instansi di dalam negeri, tes TOEFL ITP sudah cukup kok, apalagi lembaga yang ditunjuk mengadakan tes TOEFL ITP cenderung lebih mudah dicari dan juga biayanya jauh lebih murah.

Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL

Tidak ada cara lain untuk mendapatkan sertifikat TOEFL, kecuali skor yang didapatkan harus memenuhi kriteria. Bahkan kalau bisa lebih tinggi dari skor minimal agar impian kuliah di kampus idaman bisa semakin terwujud. Nah, mari kita kupas satu per satu mengenai TOEFL IBT dan ITP

1.TOEFL ITP

Sertifikat TOEFL ITP hanya bisa dipakai untuk instansi lokal saja, misalnya universitas, perusahaan, atau instansi pemerintah di Indonesia. Meski tidak diakui secara internasional, tapi standar tes yang dipakai tetap berstandar internasional.

Ada 3 materi tes yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam, yaitu listening comprehension (50 soal, 35 menit), structure and written expression (40 soal, 25 menit), dan vocabulary and reading comprehension (50 soal, 55 menit). Semua soal tersebut dikerjakan pada lembar jawaban komputer.

Rentang nilai TOEFL ITP berkisar antara 0-677. Berdasarkan skor yang didapat, ada 3 kriteria jenis sertifikat yang semuanya diakui di Indonesia.

Ketiga kriteria tersebut adalah Bronze atau level B1 (skor >460), silver atau level B2 (skor >543), dan gold atau level C1 (skor >627). Nah jika kamu pernah melihat lowongan atau peluang beasiswa yang mensyaratkan TOEFL minimal 500, kriteria skor tersebut sesungguhnya mengacu ke TOEFL ITP.

Baca Juga  Tempat Kursus TOEFL IBT Jakarta Paling Bagus

2.TOEFL IBT

TOEFL IBT merupakan TOEFL resmi yang diselenggarakan oleh ETS. Untuk mendaftar tes TOEFL IBT, kamu harus mendaftar di website resmi ETS, yaitu www.ets.org/toefl. Jadi jangan percaya ya kalau ada lembaga yang bisa mengadakan TOEFL IBT tanpa mendaftar ke website ETS.

IBT menjadi syarat wajib bagi untuk mendaftar kuliah S1, S2, dan S3 di luar negeri, terutama Amerika Serikat. Materi yang diujikan juga lebih banyak dibanding ITP, yaitu reading, writing, listening, dan speaking.

Kamu akan diberikan waktu 1 jam untuk masing-masing sesi, sehingga total waktu adalah 4 jam. Rentang skor TOEFL PBT adalah antara 0-120, ada 4 segmen soal sehingga skor maksimal tiap segmen adalah 30.

Berbeda dengan TOEFL era sebelumnya (PBT dan CBT) yang lebih menekankan kemampuan grammar dan structure yang mendalam. TOEFL IBT ini lebih praktis dan lebih menekankan pada kemampuan baca, tulis, bicara, dengar.

Jadi dengan modal grammar basic dan kita bisa membaca, menulis, mendengar, bicara dalam bahasa Inggris yang benar, maka skor IBT pun akan bagus.

Mengingat standar skor TOEFL yang tinggi tersebut, kamu harus melakukan TOEFL preparation dan berlatih soal mulai dari sekarang. TOEFL preparation berguna untuk membiasakan dengan tipe-tipe soal yang diujikan.

Walaupun kamu sudah terbiasa dengan lingkungan berbahasa Inggris, tetap bisa gagal dalam tes TOEFL kalau kurang persiapan. Apalagi bagi orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang bagus.

Untuk melakukan persiapan tes TOEFL, kamu bisa belajar di lembaga khusus persiapan tes TOEFL. Salah satu lembaga terbaik di Jakarta yang melayani persiapan tes TOEFL adalah Westwood Prep

Untuk informasi persiapan tes TOEFL atau sekedar konsultasi, kamu bisa menghubungi (021)-52-9000-15/ 0812-100-600-75 atau klik aja baner di bawah ini

(Visited 465 times, 4 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *