Sistem Pendidikan Sekolah Perancis Untuk Setiap Tingkatan

Posted on

Sistem Pendidikan Perancis – Pendidikan adalah salah satu bidang yang paling mempengaruhi maju atau tidaknya satu negara, jika pendidikan dalam satu negara tersebut buruk maka sumber daya manasia dalm satu negara tersebut akan rendah dan itu berakibat kesemua elemen dalam negara.

Jadi paling berperan penting dalam perkembangan satu negara adalah pendidikan sehingga setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda namun pasti tujuannya adalah untuk menghasilakn generasi yang lebih baik lagi.

Demikian dengan perancis yang memiliki sistem pendidikan yang cukup bagus di dunia, dimana sistem pendidikan Perancis berbeda dengan sistem pendidikan yang berbeda dengan negara-negara di Eropa. Sistem pendidikan perancis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia namun actulisasi dari sistem ke prakteklah yang berbeda. Berikut sistem pendidikan Perancis

1. Sekolah Gratis dari Umur 2 – 17 Tahun

Tidak bisa dipungkiri bahwa ekonomi yang buruk mempengaruhi banyak hal salah satunya pendidikan anak, tanpa penghasilan yang baik mustahil pendidikan anak akan baik juga karena pada umunya akan sejajar.

Sehingga pemerintah perancis memiliki kebijakan yang menggratiskan sekolah dari umur 2 tahun hingga 17 tahun, jadi wajib sekolah hingga setara SMA dan semuanya gratis, sehingga ekonomi yang lemah tidak akan mempengaruhi pendidikan anak minimal hingga SMA.

Dan ternyata hal tersebut sangat dijalankan dengan sebaik mungkin sehingga anak merasa bahwa sekolah hingga SMA adalah kewajiban, karena tidak ada tuntutan dana yang mengahlanginya untuk sekolah.

Dan bahkan untuk univeristas di Perancis juga tergolong sangat murah karena untuk setara S1, biaya kuliahnya hanya sekitar 3jt saja setiap tahunnya yang artinya uang semester hanya 1,5 juta, biaya yang bahkan di Indonesia juga tidak ditemukan biaya kuliah semurah itu.

Baca Juga  Yuk Belajar Kosakata Bahasa Perancis dan Artinya Bagi Pemula

Namun uang kuliah murah etrsebut hanya berlakuk untuk kampus negeri atau univeristas negeri saja, jadi sebenarnya soal biaya sampai kuliah juga bukan menjadi masalah.

2. Guru Profesional

Untuk menjadi guru di Perancis bukanlah hal yang mudah, profesi guru adalah salah satu profesi sulit karena test untuk menjadi guru sangatlah sulit karena tuntutan ke profesionalan membuat mereka harus maksimal untuk mempersiapkan diri.

Tidak hanya untuk guru SMP atau SMA tetapi guru dati tingkat terendah yaitu Play Ground memang dituntun untuk profesional, namun begitupun profesi menjadi guru tetap dikejar karena bayarannya sangat tinggi.

Sebanding dengan keprofesionalan yang dituntu guru di Perancis dibayar dengan gaji 60 juta per bulan, dan dengan gaji sebesar itu mereka tetap berlomba profesional. Dan guru profesional menjadi pihak terpenting untuk mengajari para siswa-siswi.

Selain itu jaminan masa tua para guru diberikan oleh pemerintah Jerman, dan begitu juga dengan jaminan kesehatan tetap ditanggung oleh pemerintah diluar dari pada gaji pokok, dan untuk guru luar biasa atau guru pengajar anak yang autis dibayar jauh lebih mahal lagi.

Sekian untuk sistem pendidikan Perancis yang sangat profesional pada sistem yang sudah ada, mereka menerapkan semua aturan yang telah ditentukan sehingga hasilnya maksimal.

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *