Sejarah Bahasa Inggris Kuno hingga Modern

Posted on

Sejarah Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang tua dan memiliki sejarah panjang. Berikut ini adalah sejarah bahasa Inggris, dari awal kemunculannya hingga berkembang menjadi bahasa Inggris yang sekarang digunakan oleh masyarakat dunia.

Berasal dari West Germanic

Bahasa Inggris sejatinya merupakan bahasa West Germanic yang berasal dari dialek Anglo-Frisian yang dibawa ke daratan Inggris pada pertengahan abad ke-5 hingga ke-7 M oleh para pemukim Anglo-Saxon.

Bahasa Anglo-Saxon (yang sekarang disebut Inggris Kuno) menggantikan sebagian bahasa Celtic yang umumnya digunakan oleh masyarakat di sana sebelumnya. Ketika itu, bahasa Inggris Kuno juga dapat mencerminkan beragam asal-usul kerajaan Anglo-Saxon yang didirikan di berbagai bagian Inggris.

Pada perkembangan sejarah bahasa Inggris selanjutnya, dialek Late West Saxon akhirnya menjadi semakin dominan. Pembentukan bahasa Inggris Kuno kemudian datang dari kontak dengan bahasa-bahasa Jermanik Utara yang digunakan oleh Viking Skandinavia.

Sejarah bahasa Inggris dimulai kala Viking Skandinavia menaklukkan dan menjajah bagian-bagian Inggris selama abad ke-8 dan ke-9, yang kemudian menyebabkan banyak penyerapan leksikal dan penyederhanaan tata bahasa.

Pergantian Inggris Kuno

Ketika terjadi penaklukan oleh bangsa Normandia pada 1066, bahasa Inggris Kuno diganti untuk sementara waktu, menjadi bahasa Anglo-Norman sebagai bahasa kelas atas. Ada banyak kata yang diambil dari Anglo-Norman dan Prancis pada periode ini, terutama dalam kosakata yang berkaitan dengan gereja, sistem pengadilan dan pemerintah.

Masa ini dicatat sebagai berakhirnya Inggris Kuno atau era Anglo-Saxon. Pada periode ini bahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh Anglo-Norman, cikal bakal dari yang sekarang disebut Bahasa Inggris Tengah.

Bahasa Inggris Tengah diketahui dituturkan hingga akhir abad ke-15, walaupun sistem ortografi yang didirikan selama periode Bahasa Inggris Tengah sebagian besar masih digunakan hingga sekarang.

Baca Juga  Tips Mudah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Modern

Bahasa Inggris Modern dikenal juga bahasa Inggris yang digunakan oleh Shakespeare. Sejarah bahasa Inggris modern tercatat sejak sekitar tahun 1500 M. Di dalam bahasa Inggris Modern ini terdapat banyak pinjaman era Renaissance dari bahasa Latin dan Yunani Kuno, serta pinjaman dari bahasa Eropa lainnya, termasuk Prancis, Jerman, dan Belanda.

Ada banyak perubahan pengucapan dalam periode ini, seperti Pergeseran dan kualitas sebagian besar vokal panjang. Namun bahasa Inggris modern yang sudah mirip dengan yang diucapkan hari ini adalah bahasa Inggris yang ada pada akhir abad ke-17.

Bahasa Inggris modern kemudian tersebar ke berbagai dunia melalui penjajahan, sehingga sekarang menjadi bahasa yang dominan di Inggris dan Irlandia, Amerika Serikat dan Kanada, Australia, Selandia Baru, serta banyak bekas koloni yang lebih kecil seperti India, sebagian Afrika, dan di tempat lain.

Meskipun sejarah bahasa Inggris juga pengaruh Amerika Serikat, Negara Inggris secara bertahap mengambil status lingua franca global pada paruh kedua abad ke-20. Hal tersebut terutama berlaku di Eropa, di mana bahasa Inggris mengambil alih bahasa Perancis dan Latin sebagai bahasa umum untuk bisnis dan diplomasi, berbagi informasi ilmiah dan teknologi, dan sebaliknya berkomunikasi melintasi batas-batas nasional.

Selain itu, upaya misionaris Kristen yang berbahasa Inggris juga telah mempengaruhi sejarah bahasa Inggris menjadi bahasa kedua bagi banyak kelompok di dunia.

Itulah tadi sekilas mengenai sejarah bahasa Inggris. Seperti budaya yang lain, bahasa Inggris tidak berhenti berevolusi, apalagi dengan semakin majunya dunia siber. Sudah ada banyak kosa kata siber yang masuk ke dalam daftar lema bahasa Inggris.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Baca Juga  Kata Motivasi Bahasa Inggris Saat Gagal
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *