Persiapkan Sebelum Kuliah S2 di Jerman

Posted on

S2 di Jerman – Bagi anda yang saat ini sudah lulus S1 dan ingin melanjut ke tingkat selanjutnya, dan berencana kuliah S2 di Jerman. anda harus paham apa yang harus anda persiapkan sebelumnya. Karena ada banyak perbedaan persiapan kuliah dari Indonesia.

Berikut ini akan kami jelaskan apa saja yang harus anda persiapkan sebelum kuliah S2 di Jerman.

1. Proses Aplikasi

Jerman bangga atas kualitas sistem pendidikan tingginya dan setiap universitas akan memeriksa aplikasi dengan sangat hati-hati. Namun, proses penerimaan Jerman jujur dan adil dan menyambut mahasiswa internasional asli (sekitar 200.000 di antaranya sudah belajar di Jerman).

Tidak ada portal khusus untuk aplikasi pascasarjana atau S2 di Jerman. Sebaliknya mahasiswa biasanya menemukan program studi yang mereka minati dan kemudian mendaftar langsung ke universitas itu. Namun, beberapa univeristas menggunakan layanan yang disebut Uni-Assist untuk mengelola aplikasi calon mahasiswa internasional.

Universitas bebas menentukan tenggat waktu mereka sendiri. Sebagai panduan kasar, cobalah untuk menerapkan setidaknya empat bulan sebelumnya, terutama jika anda perlu waktu untuk mengatur visa pelajar.

anda bebas membuat aplikasi simultan, atau men apply ke beberapa universitas tetapi pastikan anda mempunyai cukup waktu untuk mengelola dan menyelesaikannya test di setiap universitas. Beberapa universitas di Jerman akan membebankan biaya untuk memproses aplikasi pascasarjana sekitar € 50.

2. Persyaratan Penerimaan

Persyaratan utama untuk masuk ke magister atau S2 di Jerman adalah gelar Sarjana yang cocok atau sama dengan jurusan S2yang akan diambil. Tidak harus lulusan Jerman, tetapi harus diakui oleh universitas Jerman tempat anda mendaftar. Jika anda mendaftar ke universitas Jerman melalui Uni-Assist, layanan mereka akan membantu memeriksa kualifikasi anda.

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Jerman yang Harus Anda Kunjungi

Dalam beberapa kasus, beberapa universitas menetapkan persyaratan masuk tambahan untuk kuliah S2 di Jeman:

* Rincian Pendidikan Menengah – Beberapa program yang sangat kompetitif mungkin ingin melihat detail lebih lanjut tentang sejarah pendidikan mahasiswa internasional. Ini biasanya berupa ijazah SMA anda, setara dengan Hochschulzugangsberechtigung Jerman. Atau bis ajuga sertifikat seperti British GCSE atau A-level.

* Wawancara – Universitas Jerman mungkin ingin mendiskusikan aplikasi dan pengalaman anda. Wawancara video terkadang dapat diatur untuk mahasiswa internasional namun untu sebagian universitas meminta calon mahasiswanya untuk datang langsung menghadiri wawancara.

* Tes Masuk – Program kompetitif (atau khusus) dapat meminta anda untuk mengambil ujian masuk tambahan atau tes penerimaan pascasarjana terstandarisasi. Ini dapat digunakan dalam mata pelajaran profesional untuk memeriksa pelatihan yang ada. Sekolah bisnis dan program MBA juga cenderung membutuhkan skor dari tes yang diakui seperti GMAT atau GRE.

Sekian untuk persiapan untuk kuliah S2 di Jerman, cara proses aplikasi dan persyaratannya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang preparing untuk melanjukan kuliah S2 di Jerman.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *