ausbildung di jerman

Mempersiapkan Diri Masuk ke Program Ausbildung Di Jerman

Posted on

Ausbildung Di Jerman– Belum beruntung mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jerman namun motivasi masih sangat kuat? Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa bersekolah di Jerman tanpa harus mengandalkan beasiswa. Bahkan jika kamu mengikuti program ini akan lebih siap untuk bisa masuk ke dunia kerja.

Program ausbildung adalah salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah Jerman untuk seluruh orang di dunia. Siapa saja bisa mengikuti program ini yang memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang diterima.

Lalu apa itu ausbildung dan bagaimana bisa mengikutinya? Jika kamu masih memiliki minat yang kuat untuk pergi ke Jerman, simak informasi selengkapnya mengenai ausbildung di Jemran melalui artikel ini.

ausbildung di jerman

Apa Itu Ausbildung di Jerman?

Negara Jerman adalah salah satu negara yang berhasil dalam mengimplementasikan sekolah vokasi atau sekolah praktek yang mengimbangi antara teori di kelas dan praktek di lapangan pekerjaan. Program ini diberikan untuk siswa yang masih berumur 16 hingga 18 tahun dengan minat besar untuk bisa langsung turun ke tempat kerja.

Jika dibandingkan dengan Indonesia dapat dikatakan setara dengan D3. Program ini sendiri memulai diciptakan karena banyaknya mahasiswa kini yang sulit untuk menggunakan teori yang telah dipelajari. Hal ini jugalah yang membuat banyak mahasiswa sulit terjun ke dunia kerja.

Baca Juga  Kursus ACT Jakarta dan Tips Pada Hari Pelaksanaan Tes ACT

Pendidikan adalah dua hal yaitu menyeimbangkan antara teori dan juga praktek. Teori yang perlu dilakukan di kelas dan juga praktek yang dilakukan di perusahaan terkait dengan jurusan yang diampu. Masalah dua hal pendidikan inilah yang membuat ausbildung banyak diminati oleh masyarakat.

Bahkan setelah dinyatakan lulus dari ausbildung dan tetap ingin melanjutkan pendidikan di Universitas program ini bisa digunakan. Jadi jika kamu ingin kuliah lagi atau langsung bekerja program ini adalah langkah yang tepat.

Terdapat banyak sekali jurusan yang tersedia dengan program ausbildung yaitu ekonomi, teknik, teknologi dan informasi, perawat dan jurusan lainnya. Setelah dinyatakan lulus sekolah, maka siswa tersebut tidak hanya mendapatkan ijazah namun juga sertifikat telah mengikuti praktek kerja dari perusahaan yang diikuti.

Alasan mengapa banyak warga Jerman dan Eropa mengikuti Ausbildung adalah negera ini terkenal memiliki ‘Soziale Marktwirtschaft’ yaitu memiliki pasar ekonomi sosial yang sangat tinggi. Dalam memenuhi hal tersebut maka masyarakat harus memiliki etos kerja yang baik, pelayanan yang terbaik hingga kemanusiaan yang tinggi. Jadi Jerman adalah negara dengan tingkat hidup yang sangat tinggi.

Bagi mereka yang ingin hidup mandiri dan mengikuti standar tersebut maka meraih pekerjaan sangat penting. Sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan ijazah yang didapatkan dari pendidikan Ausbildung daripada universitas.

Contohnya saja seseorang yang ingin menjadi tukang bengkel atau supir bus, mereka tidak perlu malu untuk mengambil bidang tersebut. Justru keputusan tersebut membuat orang tua mereka bangga dengan memiliki impian tersebut dan masuk ke dalam program ausbildung. Artinya setelah mereka lulus dan memulai bekerja, mereka akan mendapatkan uang untuk membayar kebutuhan sehari-hari bahkan untuk bersenang-senang seperti liburan.

Jadi ausbildung adalah program yang sangat dibutuhkan masyarakat Jerman. Untungnya program ini tidak hanya dapat diikuti oleh masyarakat Jerman saja namun juga siswa Asia seperti Indonesia. Sebelum mengikuti program ini tentu ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Program Ausbildung ini akan dijalani selama 3 hingga 5 tahun tergantung dengan jenis pendidikan yang ditempuh. Berikut ini tiga jenis program Ausbildung yang bisa dipilih.

ausbildung di jerman

Duale Berufsausbildung

Program ini adalah program yang lebih mengutamakan praktek dibandingkan teori. Pendidikan yang ditempuh selama 3 hingga 5 tahun ini lebih banyak porsi untuk praktek di sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan ini akan memberikan gaji untuk siswa yang belajar secara minimum. Namun setelah lulus kesempatan bekerja sesuai jurusan ini akan lebih luas.

Jika mengikuti program ini maka beberapa profesi yang bisa diambil adalah asisten perawat, fotografi, sekretaris, guru tari, assistant bankir, dan lain sebagainya. Pada tahapan akhir kamu harus bisa lulus dari ujian akhir. Jika kamu mendapatkan sertifikat maka akan mudah untuk bekerja di seluruh Jerman.

Schulische Ausbildung

Pada jenis ini para siswa akan lebih banyak mendapatkan pelajaran di kelas daripada di lapangan. Banyak sekali teori yang akan dipelajari, beberapa praktek di perusahaan tidak mendapatkan haji seperti ‘Duale Berufsausbildung’. Selama 3 tahun pertama siswa akan menjalani teori di kelas dan mendapatkan bantuan keuangan.

Beberapa jurusan yang tersedia adalah perawat, manajemen hotel, pemandu wisata, make up artist, terapis, dll.

Weiterbildung

Setelah mengikuti Ausbildung maka siswa yang memiliki nilai terbaik memiliki kesempatan untuk bisa belajar secara spesifik lagi. Sama seperti ketika mengambil S2, dan di sini dibutuhkan waktu selama satu dan dua tahun. Apabila lulus maka kesempatan untuk bekerja menjadi manajer sangat besar sesuai dengan kemampuan kamu.

Beberapa jurusan dalam pendidikan ini adalah asisten asuransi, pemadam kebakaran, dan lain sebagainya.

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Jerman yang Harus Anda Kunjungi

Syarat Mengikuti Ausbildung di Jerman

Mengikuti program ausbildung di Jerman artinya tidak terlepas dari syarat-syarat yang harus dikuasai. Salah satu syarat terpenting adalah menguasai bahasa Jerman. Kamu bisa memulai mempelajarinya dari sekarang sambil memenuhi berkas-berkas lainnya. Belajar bahasa Jerman untuk persiapan ausbildung bisa dipersiapkan di virtueducation.org.

Belajar melalui tempat kursus yang tepat tentu akan membuat kamu bisa mempersiapkan diri dalam waktu singkat. Belum lagi sertifikat bahasa harus dijadikan landasan dasar untuk kamu bisa masuk ke dalam program ausbildung.

Baca Juga  Mengenal Lambang Negara Jerman dan Gambaran Umum Negara Jerman

(Visited 148 times, 1 visits today)
Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Felichyta Yuliarti
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *