Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat

Posted on

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat – Ada banyak cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat, tetapi efektif. Pada dasarnya, kita hanya memerlukan beberapa kalimat saja supaya pesan perkenalan bisa disampaikan. Nah, berikut ini adalah beberapa kalimat penting untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat.

1. Hello. It’s nice to meet you.

“Halo. Senang bertemu denganmu.” Kita hanya dapat menggunakan ini saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Jika kita bertemu dengan orang yang sama untuk kedua kalinya, maka kalimat ini tidak perlu diucapkan.

2. My name is…

Kalimat selanjutnya yang harus disebutkan adalah “nama saya …”. Kalimat ini menjadi kalimat inti dari perkenalan. Yang paling akan diperhatikan oleh lawan bicara adalah nama kita. Misalnya, “My name is Yuda” atau “Hello, my name is Yuda”.

Kita menyebutkan kalimat ini bisa tanpa didahului pertanyaan, atau didahului pertanyaan seperti “what is your name?” atau bahkan “Who are you?”.

3. I’m from…

Setelah menyebutkan nama, informasi yang perlu kita tunjukkan adalah asal. Misalnya, “I’m from Japan.” Untuk memperjelas bahwa kita adalah orang yang benar-benar asing dan ingin memperkenalkan diri, kalimatnya juga bisa diperlengkap menjadi “I’m come from…”

Untuk percakapan dengan orang yang lebih akrab, kita bisa menyebutkan tempat yang lebih spesifik. Misalnya, “I’m from Nanda’s house”. Namun, kalimat ini jarang digunakan untuk perkenalkan diri, melainkan hanya untuk percakapan.

4. I live in…

Untuk menjawab pertanyaan “Where do you live?”, kita dapat menggunakan kalimat “I live in” atau “Saya tinggal di …”. Bagian rumpang tersebut ditambah dengan nama kota, nama negara, atau nama tempat yang lebih spesifik tapi familiar. Misalnya, I live in Magelang atau I live in Sukoharjo Street.

Baca Juga  Ucapan Selamat Wisuda dalam Bahasa Inggris yang Paling Berkesan

5. I’m a…

Apabila kita mendapat pertanyaan “what do you do?”, maka pertanyaan itu berati menanyakan tentang pekerjaan kita. Hal itu karena dalam perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat tidak akan ditanyakan “what is your job”.

Nah, untuk meresponnya, kita gunakan “I’m a…” atau “I’m an…” ditambah oleh jabatan dalam pekerjaan. Jadi, jika kita menerima kalimat “what do you do?”, kita dapat membalas “I’m a teacher” atau “I’m student” atau “I’m farmer”.

6. I’m … years old.

Jika kita menerima pertanyaan “how old are you?”, maka kita harus menjawabnya dengan “I’m … years old”. Jangan lupakan huruf “S” di akhir kata “year”. Penting bagi kita untuk memberitahukan informasi ini saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat.

Akan tetapi, sebaiknya jangan menanyakan “how old are you?” pada seseorang yang belum akrab. Pertanyaan mengenai umur bisa saja kurang etis dilakukan. Hal itu harus sesuai konteks pembicaraan.

7. I enjoy…

Native speaker bahasa Inggris tidak akan mengatakan “what is your hobby?” dalam perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat. Penutur asli bahasa Inggris biasanya akan menanyakan “what do you do in your free time?” Pertanyaan itu yang lebih umum digunakan daripada “what’s your hobby”.

Jawaban dari pertanyaan itu bisa berupa “I enjoy…” atau “I like…” dan ditambah frase kata benda. Misalnya, “what do you like to do?” maka kita bisa menjawab “I like listening to radio” atau “I enjoy listening to music”.

Sama artinya jika kita mendapat pertanyaan “What do you do in your free time?”, maka jawaban yang harus kita berikan adalah “I like watching cat videos” atau “I like baking cakes”.

Baca Juga  Tempat Les SSAT Jakarta

8. One of my hobbies is…

Dalam menyampaikan informasi mengenai hobi kita menggunakan kalimat ini, sebaiknya kita menggunakan nama hobi yang pendek dan mudah dipahami. Kita bisa menyebutkan kata yang lebih umum, meskipun hobi kita lebih spesifik.

Hal itu karena ketika kita menjelaskan hobi, pendengar akan berharap bahwa yang kita ucapkan adalah sesuatu yang diketahui. Misalnya, photography, atau cooking, atau dancing, atau swimming. Masalah apakah kita menyukai fotografi khusus landscape, itu bisa dijelaskan dalam kalimat lain.

9. I’ve been learning English for…

Biasanya, dalam perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat akan diakhiri dengan tujuan kenapa kita melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat. Hal itu tentu karena kita sedang belajar bahasa Inggris.

Oleh itu, kita biasa menerima pertanyaan “how long have you been studying English?”. Nah, kita dapat menjawab dengan kalimat “I’ve been studying English for amount of time” atau “I’ve been learning english”, atau “I’ve been practicing English”.

Itulah tadi beberapa kalimat yang dapat digunakan untuk perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat. Yang harus kita perhatikan adalah kelengkapan pesan yang tersampaikan. Tidak perlu rumit, asalkan lengkap, maka perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat sudah baik.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *