Panduan Bahasa Inggris untuk Anak

Posted on

Panduan Bahasa Inggris – Mempelajari bahasa Inggris memang penting dilakukan sejak dini. Hal ini berguna untuk memudahkan ketika nantinya akan menempuh pendidikan internasional atau pun sekedar ingin mengetahui informasi global.

Meskipun akan dilakukan dalam jangka panjang, tetapi cara dan metode yang efektif tetap harus dilakukan. Berikut ini adalah panduan bahasa Inggris untuk anak yang tepat.

1. Belajar Rutin

Belajar bahasa Inggris justru bisa lebih efektif dicapai dalam pembelajaran singkat. Untuk melatih anak-anak belajar secara disiplin, cukup lakukan pembelajaran pada waktu yang sama setiap hari dan bukan memaksanya belajar dalam durasi yang panjang sekali waktu.

2. Belajar Gramatikal dengan Menyimak

Dalam panduan bahasa Inggris yang tepat, kita tidak perlu mengajari kapan harus menggunakan “was” atau “were” atau yang lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah mengucapkan kalimat-kalimat dengan jelas supaya anak mampu menirukan dan berkreasi sendiri sesuai konsep yang dipelajari sendiri.

3. Gunakan Kata atau Frasa yang Konkret dan Dekat

Cara belajar bahasa Inggris untuk anak tidak dilakukan berdasarkan satuan kebahasaan, tetapi berdasarkan bidang-bidang yang dekat dengan dirinya. Misalnya, soal nama-nama makanan yang ada di dapur, warna, angka dan huruf, atau lainnya.

Membahas kosa kata konkret atau berbentuk fisik juga akan lebih mudah untuk diingat, selain juga akan sangat praktis digunakan. Selain itu, gunakan kalimat pendek atau kalimat yang hanya berisi satu predikat dan satu objek saja.

4. Pilihlah Metode Berupa Permainan

Panduan bahasa Inggris yang tepat selalu mengusulkan permainan sebagai metode belajar. Kita bisa menggunakan permainan aksi, permainan papan, tebak-tebakkan sederhana, atau yang paling praktis adalah game online.

5. Hubungkan dengan Situasi Sehari-Hari

Anak-anak tentu akan lebih mudah memahami bahasa Inggris ketika ada hal-hal penunjang, seperti bentuk benda atau contoh tindakan. Oleh karena itu, panduan bahasa Inggris yang tepat adalah menggunakan situasi sehari-hari untuk belajar bahasa Inggris, seperti ketika memasak, mandi, memakai baju, atau lainnya.

Baca Juga  Ingin Belajar Bahasa Inggris Cepat Tanpa Kursus? Begini Caranya

6. Bernyanyi dalam Bahasa Inggris

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak-anak akan lebih mudah menghapalkan kata berdasarkan nada pengucapannya dan bukan maknanya. Oleh karena itu, mengenalkan lagu-lagu berlirik bahasa Inggris sangat penting sebagai panduan bahasa Inggris.

Bila perlu, kita mengucapkan suatu kata selalu diikuti dengan nada dan intonasi yang khas supaya lebih mudah diingat.

7. Ajak Membaca Cerita Bergambar

Mengenalkan cerita bergambar dalam bahasa Inggris dapat membuat si kecil tetap dapat memahami cerita walaupun terkadang kehilangan pemahaman dari kata-kata yang ada. Lazimnya memberikan cerita dalam bahasa Inggris juga akan membuat si kecil terbuka daya imajinasinya.

Dengan cara itu, akan semakin banyak kata yang terpikirkan olehnya. Bila perlu, sesekali pancing ia agar timbul pertanyaan mengenai jalan cerita.

8. Contohkan Secara Ekspresif

Selain pada nada-nada yang unik, anak-anak sangat suka dengan hal-hal yang hiperbola. Oleh karena itu, akan lebih efektif apabila kita mencontohkan sesuatu sambil menunjukan ekspresi yang terlihat. Contohnya, ketika kita menggunakan kalimat tanya atau kalimat perintah, gunakan ekspresi yang terlihat berbeda sama sekali.

Panduan bahasa Inggris semacam ini akan membuat anak menjadi lebih mudah ingat dengan kata-kata yang didengarkan dan diperhatikan.

9. Banyak Memberi Pertanyaan

Sengaja memberi pertanyaan kepada si kecil bukanlah bertujuan untuk mengajari, melainkan untuk menguji apakah dia paham. Oleh sebab itu, gunakan pertanyaan ringan-ringan saja. Contohnya, ada berapa jari yang kita hadapkan padanya. Jika salah, maka kita benarkan menggunakan bahasa Inggris.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *