Daftar Negara Yang Menggunakan Bahasa Perancis

Posted on

Negara Yang Menggunakan Bahasa Perancis – Dengan lebih dari 77 juta penutur asli dan 220 juta penutur total, Perancis menempati peringkat 10 besar bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Karena pengaruh kolonial Perancis yang luas pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, banyak negara di seluruh dunia mengakui bahasa Perancis sebagai bahasa resmi atau setidaknya memiliki sebagian besar penduduk mereka yang berbicara bahasa Perancis. Perancis, dengan populasi lebih dari 59 juta, tidak mengherankan, negara dengan penutur bahasa Perancis terbanyak.

Sementara bahasa Perancis dituturkan oleh sebagian besar populasi dari sekitar 60 negara, itu hanya diakui sebagai bahasa resmi oleh 29 negara. Negara-negara yang berbicara bahasa Perancis sebagai bahasa resmi adalah Belgia, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Kanada, Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Djibouti, Guinea Ekuatorial, Perancis, Gabon, Guinea, Haiti, Pantai Gading, Luksemburg, Madagaskar, Mali, Monako, Niger, Republik Kongo, Rwanda, Senegal, Seychelles, Swiss, Togo, dan Vanuatu.

Berikut akan kami lampirkan negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi di negara masing-masing :

1. Di Benua Eropa

Selain dari Perancis, negara yang menggunakan bahasa Perancis di Eropa termasuk Belgia, Luksemburg, Monako dan Swiss, yang semuanya juga mengakui bahasa Perancis sebagai bahasa resmi. Sementara Perancis adalah bahasa resmi di negara-negara ini, masing-masing negara ini, selain dari Perancis dan Monako, juga mengenali bahasa lain secara resmi. Misalnya, Swiss mengakui Jerman, Perancis, Italia, dan Romansch semuanya negara tersebut adalah negara yang menggunakan bahasa Perancis.

2. Di Benua Afrika

Perancis adalah pemain utama dalam upaya Eropa untuk menjajah Afrika dan tentu saja meninggalkan jejaknya dalam banyak hal, termasuk bahasa. Bahasa Perancis digunakan secara luas, meskipun mungkin tidak diakui sebagai bahasa resmi, di banyak negara Afrika.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Perancis Untuk Pemula

Negara yang menggunakan bahasa Perancis di Afrika meliputi: Aljazair, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Pantai Gading, Djibouti, Guinea Ekuatorial, Gabon, Guinea, Madagaskar , Mali, Mauritius, Maroko, Niger, Reuni, Rwanda, Senegal, Seychelles, Togo, dan Tunisia.

Sementara bahasa Perancis digunakan secara luas di negara-negara Afrika ini, bahasa asli masih umum dituturkan oleh sebagian besar penduduk, bersama dengan bahasa lain seperti Inggris dan Belanda.

3. Di Benua Amerika

Daftar negara yang yang menggunakan bahasa Perancis di Amerika dan Karibia termasuk Kanada, Guyana Perancis, Guadeloupe, Haiti, dan Martinik. Guyana Perancis, Guadeloupe, dan Martinik semuanya mengakui bahasa Perancis sebagai bahasa resmi mereka, secara resmi diperintah oleh Departemen Luar Negeri Perancis dan dianggap tidak berdaulat.

Sekian untuk negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi atau sebagai bahasa yang dipahami secara umum, semoga bermanfaat.

(Visited 203 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *