Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Asal-Usulnya

Posted on

Nama Hari dalam Bahasa Inggris – Dalam bahasa Inggris nama-nama hari hampir tidak memiliki kesamaan sama sekali dengan nama hari dalam bahasa Indonesia. Nama hari dalam bahasa Inggris disebut dengan Monday (Senin), Tuesday (Selasa), Wednesday (Rabu), Thursday (Kamis), Friday (Jumat), Saturday (Sabtu), dan Sunday (Minggu).

Nama-nama hari (nama hari dalam bahasa Inggris, nama hari bahasa Inggris) tidak muncul begitu saja. Nama-nama tersebut muncul dari kebudayaan kuno yang umumnya menyangkut dunia astrologi. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang banyak merujuk bahasa Arab, nama hari dalam bahasa Inggris merujuk pada bahasa Latin.

Praktek penamaan hari ini diperkirakan telah dimulai oleh orang-orang Yunani, kemudian diteruskan oleh orang Romawi dan Anglo-Saxon. Tradisi penamaan tersebut berlangsung hingga ke dalam bahasa-bahasa yang digunakan sekarang, seperti bahasa Inggris.

Asal-Usul Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris umumnya berasal dari bahasa Inggris Kuno, yang secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bahasa Latin dan kebudayaan Romawi. Berikut ini adalah masing-masing hari dengan asal usul namanya.

Monday

Nama ini berasal dari bahasa Inggris kuno, yaitu “Monandæg”. Kata ini merupakan kombinasi “mona” yang berarti “bulan”, dan “dæg” yang berarti “hari.” Nama ini memiliki ciri bahasa Roman, yang sebagian besarnya menggunakan bahasa Latin untuk “month”.

Tuesday

Nama ini berasal dari Inggris Kuno, yaitu “Tiwesdæg” (Tiw’s / Tew’s Day”). Kata tersebut berasal dari mitologi nama dewa perang, yaitu “Norse”. Sebelum penetapan nama ini sebagai nama hari kedua dalam seminggu, kata “Mars” digunakan oleh Romawi yang merujuk “mardi” di Prancis dan “mart” di Spanyol.

Wednesday

Nama hari (nama hari dalam bahasa Inggris, nama hari bahasa Inggris) ini berasal dari Bahasa Inggris Kuno Wodnesdæg, atau “Hari Woden (Odin)”. Nama ini menyebut nama dewa kepercayaan masyarakat Jerman dan Skandinavia.

Baca Juga  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Smartphone

Dalam versi lain, nama hari ini berasal dari orang Romawi yang menggunakan nama dewa Merkurius, sebagaimana orang Prancis menyebutnya “mercredi” dan orang Spanyol yang menyebutnya “miércoles”.

Thursday

Nama hari (nama hari dalam bahasa Inggris, nama hari bahasa Inggris) ini juga merujuk nama dewa, yaitu Dewa Thor. Nama ini berasal dari kata “Englishurresdæg” dalam bahasa Inggris Kuno, yang berarti “Hari Thor”.

Friday

Dalam bahasa Inggris kuno, “Frigedæg” merujuk pada nama Dewi Anglo-Saxon, yaitu “Frigg”. Penamaan ini didasarkan pada nama “Venus” yang merupakan dewi Romawi. Nama tersebut disebut dalam bahasa Perancis sebagai “vendredi” dan “viernes” dalam bahasa Spanyol.

Saturday

Nama hari (nama hari dalam bahasa Inggris, nama hari bahasa Inggris) ini berasal dari kata “Sæterdæg” dalam bahasa Inggris Kuno, yang berarti “Hari Saturnus”. Nama ini adalah satu-satunya nama hari yang mempertahankan asal-usul nama Latinnya, yaitu yang merujuk dari dewa pertanian.

Sunday

Nama ini berasal dari kata “Sunnandæg” dalam bahasa Inggris Kuno, yang berarti hari matahari. Dalam kebudayaan bahasa Romawi, nama hari ini menggunakan bahasa Latin untuk mengartikan “Hari Tuhan”, yang dalam bahasa Prancis disebut “dimanche” dan “domingo” dalam bahasa Spanyol.

Kata Dominggo yang berarti “hari Tuhan” inilah yang menjadi satu-satunya perujukan selain bahasa Arab dalam penamaan hari di bahasa Indonesia, yaitu menjadi “Minggu”.

Itulah tadi adalah nama hari (nama hari dalam bahasa Inggris, nama hari bahasa Inggris) dan asal-usulnya. Penyebutan nama hari dalam sebuah bahasa tentu memiliki asal-usul berbeda, tetapi umumnya juga memiliki rujukan yang sama dengan rujukan bahasa Inggris.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Baca Juga  3 Trik Mengerjakan Test TOEFL Untuk Dapatkan Score Tinggi
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *