Tips Mudah Bahasa Inggris

Posted on

Mudah Bahasa Inggris – Tanpa harus mengikuti kursus bahasa, kini semakin mudah bahasa Inggris untuk dikuasai. Tentu perkembangan teknologi informasi turut mempengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa tips cara mudah bahasa Inggris dipelajari, tanpa harus ikut kursus.

1. Baca Semua yang Kita Temui

Entah itu literatur klasik, novel, koran, situs web, email, caption di media sosial, hingga tulisan di bungkus sereal, jika itu dalam bahasa Inggris maka biasakan untuk membacanya. Hal ini bertujuan untuk menemukan berbagai kosa kata.

Membaca sesuatu yang sama juga penting dilakukan. Hal ini untuk memperkuat ingatan kosa kata di kepala kita. Dengan begitu, akan semakin mudah bahasa Inggris dikuasai. Meskipun begitu, ingatlah bahwa setiap kata memiliki makna ganda sehingga jangan menyamakan kata “cut” di laptop dengan “cut” di kemasan produk.

2. Cari Lawan Bicara yang Merupakan Native Speaker

Belajar bahasa Inggris memang sebaiknya dilakukan melalui komunikasi, baik secara lisan atau tulisan. Komunikasi secara tulisan bisa kita lakukan dengan jangkauan lawan bicara yang lebih luas. Namun, komunikasi lisan adalah cara yang terbaik.

Melalui komunikasi lisan, kita dapat belajar mendengar, melafalkan, dan secara tidak langsung belajar menulis. Hal ini lebih baik dilakukan bersama native speaker atau penutur asli bahasa Inggris.

3. Manfaatkan Perkembangan Zaman

Cara mudah bahasa Inggris secara pasif hari ini adalah mendengarkan podcast berbahasa Inggris atau saluran Youtube chanel milik seseorang yang merupakan native speaker bahasa Inggris. Apalagi, kini sudah banyak chanel yang khsus membimbing belajar bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris dari podcast atau youtube memungkinkan kita untuk mendapatkan kosa kata informal yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari. Kita juga akan dimungkinkan untuk mendapatkan berbagai variasi gramatikal.

Baca Juga  Tes GMAT; Apa itu? Adakah Kursus GMAT Test Jakarta?

4. Traveling ke Luar Negeri

Cara mudah bahasa Inggris yang satu ini memang membutuhkan keberanian lebih, namun kefektifannya sangat tinggi. Kita bisa berkunjung ke negara yang masyarakatnya menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi, dan tentunya yang tingkat keamanannya tinggi, seperti Selandia Baru.

Selain hanya pergi dengan visa wisata, kita juga bisa mendaftar pekerjaan ringan seperti Au Pair atau FSJ. Pekerjaan-pekerjaan tersebut berdurasi hanya 1 tahun dan memungkinkan kita untuk belajar budaya sambil menjadi pekerja ringan.

5. Mulai dari Kebutuhan

Pemetaan dalam belajar sangat penting untuk dilakukan, termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Caranya adalah dengan mempelajari bahasa yang akan kita gunakan pada bidang tertentu. Misalnya, apabila kita membutuhkan belajar bahasa Inggris untuk jual beli, maka sebaiknya kita belajar kosa kata, frasa, dan istilah-istilah dalam bahasa Inggris bisnis.

Apabila kebutuhan kita belajar bahasa Inggris adalah untuk menghadapi ujian, maka perlu kita perhatikan terlebih dahulu jenis ujian tersebut. Ujian kecakapan bahasa tentu akan berbeda dengan ujian penjaringan mahasiswa baru.

6. Mencontoh Idola

Efek dari mudahnya media sosial diakses adalah penduplikatan karakter, termasuk berbahasa Inggris. Kebanyakan milenial mencontoh seseorang yang telah jago berbahasa Inggris, baik logat bicara, diksi, dan bahkan topik yang dipilih.

Misalnya, berapa banyak seseorang yang memiliki logat british karena menirukan gaya bicara karakter Harmonie dalam film Harry Poter. Hal semacam ini baik, meskipun pada akhirnya akan membutuhkan daya kreatif untuk terus mengembangkan kemampuan.

Itulah tadi beberapa tips yang akan membuat mudah bahasa Inggris untuk dikuasai. Selain tips-tips di atas, yang penting untuk kita lakukan adalah terus menerus bersinggungan dengan bahasa Inggris. Kita bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, dan lainnya.

Baca Juga  Pengertian Dan Contoh Kalimat Present Continues Tense

(Visited 10 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *