Iklim dan Letak Astronomis Jerman

Posted on

Letak Astronomis Jerman – Letak astronomis adalah istilah untuk menyebut letak suatu wilayah atau daerah berdasarkan garis lintang dan garis bujur bumi. Letak menurut garis-garis tersebut dapat mempengaruhi iklim dan perbedaan waktu.

Ada beberapa saja negara yang diuntungkan oleh lataknya secara astronomis, salah satunya adalah Jerman. Letak Astronomis Jerman terhitung cukup strategis, yaitu:

1. Jika ditarik dari garis lintang yang membentang dari utara ke selatan, letak astronomis Jerman berada di 47 LU-55 LU
2. Jika ditarik dari garis bujur yang melintasi Jerman dari barat ke timur, letak astronomis Jerman berada di 6 BT-15 BT

Letak astronomis Jerman tersebut membuat negara ini memiliki iklim sedang dibandingkan negara-negara lain di wilayah Eropa. Hal tersebut ditambah topologi Jerman yang banyak berisi dataran rendah dan pegunungan.

Salah satu yang menarik terkait letak astronomis Jerman tersebut adalah perubahan waktu ketika musim panas datang. Jerman adalah yang paling pertama menerapkan daylight saving time, yaitu memajukan waktu satu jam lebih awal.

Pada bulan Maret hingga November, lazimnya Jerman akan mengalami siang lebih lama. Hal ini kemudian menimbulkan kebijakan soal waktu.

Iklim di Negara Jerman

Jerman memiliki iklim yang lebih dingin dibanding dengan Indonesia, sama seperti negara-negara lain di Eropa. Namun, tidak cukup dingin jika dibanding yang lain.

Meskipun pada umumnya negara-negara di wilayah Eropa memiliki iklim yang sangat dingin hingga sangat ekstrem, namun iklim di Jerman tercatat selalu terjadi cukup sedang. Tidak heran jika di negara ini, sektor pertanian juga bisa diandalkan.

Pada bulan Juli, lazimnya suhu maksimum rata-rata yang terjadi di Jerman hanya berada pada ukuran 21,8 derajat Celsius, sementara suhu minimum rata-ratanya adalah pada 12,3 derajat Celsius. Sementara itu, pada bulan Januari, lazimnya suhu maksimum rata-rata yang terjadi adalah sekitar 2,1 derajat celcius, sementara suhu minimum adalah sekitar -2,8 derajat.

Baca Juga  Nama Makanan dalam Bahasa Jerman

Berdasarkan catatan sejarah, suhu tertinggi di Jerman yang pernah terjadi adalah pada tanggal 5 Juli 2015. Ketika itu suhu tertinggi yang tercatat adalah sekitar 40,3 derajat Celsius, yang melingkupi wilayah Kitzingen am Main.

Keseimbangan Iklim di Jerman

Bagi bangsa di beberapa negara di wilayah Eropa, Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang mendapat apresiasi baik mengenai iklim. Iklim di Jerman dirasa tidak mengalami banyak perubahan. Hal itu dikarenakan kepedulian warga dan pemerintahnya pada iklim di Jerman itu sendiri.

Selain dalam lingkup nasional, dalam lingkungan internasional Jerman merupakan negara yang menjadi salah satu pelopor pelindungan iklim dan perintis pemanfaatan energi terbarukan. Cara paling konkret yang mereka lakukan adalah dengan meninggalkan berbagai mesin energi tidak ramah lingkungan.

Kebijakan paling penting yang mereka lakukan adalah dimulainya proses meninggalkan tenaga nuklir sebagai penghasil energi. Langkah ini merupakan salah satu kebijakan terpuji yang dilakukan oleh negara penghasil mobil-mobil mewah ini.

Pemantauan iklim di Jerman juga menjadi salah satu yang terpenting karena Jerman merupakan negara yang memberi nilai dan keanekaragaman hidup di daratan Eropa. Bagi negara itu sendiri, hal tersebut sangat menguntungkan karena kota-kota menarik dan bentang alam yang berbeda-beda seperti Laut Utara atau Pegunungan Alpen akan memikat banyak pengunjung untuk datang.

Kebenarannya adalah bahwa Jerman semakin disukai sebagai negara wisata tidak hanya karena kota-kota yang merupakan cagar alam, tetapi juga karena cagar biosfer yang tetap terjaga.

(Visited 62 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Baca Juga  Mengintip Biaya,Syarat dan Jurusan Kuliah di Jerman
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *