lambang negara jerman

Mengenal Lambang Negara Jerman dan Gambaran Umum Negara Jerman

Posted on

Lambang Negara Jerman – Negara Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang maju, hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek, diantaranya:

lambang negara jerman

• Perekonomian

Perekonomian Jerman termasuk yang terbesar di Eropa dan PDB terbesar ke-4 di dunia, serta pendapatan nasional bruto terbesar ke-5 dunia pada tahun 2008. Ada 37 perusahaan Jerman yang berpengaruh dan masuk di dalam 500 perusahaan terbesar di dunia menurut data yang ditulis oleh Fortune Global 500.

Diantaranya yaitu Audi, Porsche, Bosch, Bayer, Nivea, Mercedes – Benz, BMW, Volkswagen, Adidas, Allianz, Siemens dan lainnya.

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Jerman yang Harus Anda Kunjungi

• Sains dan Teknologi

Negara Jerman sangat mendukung riset dan teknologi sehingga banyak pencapaian di bidang sains yang berpengaruh secara signifikan bagi perkembangan dunia. Peneliti – penelii Jerman banyak yang mendapatkan hadiah nobel.

• Transportasi

Jaringan transportasi di Jerman begitu rumit dan modern. Jaringan jalan tol di Jerman menjadi jaringan jalan tol terpanjang di dunia.

• Pendidikan

Jerman menerapkan pendidikan wajib belajar 9 tahun dengan biaya pendidikan yang gratis untuk sekolah – sekolah publik. Selain itu, banyak universitas di Jerman yang berkualitas dan melahirkan ilmuwan – ilmuwan yang diakui di dunia.

Lambang Negara Jerman

Lambang negara Jerman digambarkan berupa elang hitam dengan paruh dan cakar berwarna merah yang latarnya berbentuk perisai berwarna kuning emas.

Lambang negara Jerman merupakan lambang negara tertua di Eropa. Warna yang digunakan untuk menggambarkan lambang negara Jerman, sama dengan warna yang digunakan pada bendera Jerman.

lambang negara jerman

Karakteristik Negara Jerman

Negara Jerman dulunya pernah terpisah menjadi 2 bagian, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun, sejak tahun 1990 negara ini bersatu kembali dan membentuk pemerintahan Republik Federal Parlementer.

Secara geografis, sebelah timur Jerman berbatasan dengan Ceko, Polandia, dan Slovakia. Sebelah barat Jerman berbatasan dengan Belanda, batas selatan Jerman berbatasan dengan Austria dan Swiss. Sedangkan batas utara Jerman adalah laut Baltik.

Secara astronomis, Jerman terletak di antara 47°LU – 55° LU dan 6° BT – 15°BT dengan luas wilayah 357.022 kilometer persegi. Negara yang ibukotanya terletak di Berlin ini terdiri dari 16 negara bagian.

Berikut ini 16 negara bagian beserta ibukota masing – masing negara bagian di Jerman:

1. Berlin ibukotanya di Berlin
2. Bavaria ibukotanya di Munich
3. Hamburg ibukotanya di Hamburg
4. Baden-Württemberg Stuttgart
5. Hesse ibukotanya di Wiesbaden

6. Bremen ibukotanya di Bremen
7. Brandenburg ibukotanya di Potsdam
8. Rhineland-Palatinate ibukotanya di Mainz
9. Niedersachsen ibukotanya di Hanover
10. Saxony-Anhalt ibukotanya di Magdeburg

11. Saarland ibukotanya di Saarbrücken
12. Nordrhein-Westfalen ibukotanya di Düsseldorf
13. Sachsen ibukotanya di Dresden
14. Schleswig-Holstein ibukotanya di Kiel
15. Thuringia ibukotanya di Erfurt
16. Mecklenburg-Vorpommern ibukotanya di Schwerin

Baca Juga  Kursus Bahasa Jerman Jakarta Yang Paling Diminati

Bahasa resmi yang digunakan negara Jerman adalah bahasa Jerman. Dulu Jerman menggunakan mata uang Deutsche Mark, namun sejak tahun 2002 mata uang yang digunakan di Jerman adalah Euro.

Jerman memiliki kekayaan alam berupa barang tambang yang berpusat di daerah Ruhr. Ruhr menjadi kawasan pertambangan batubara terbesar di Jerman yang letaknya di lembah sungai Rhein dan membuat daerah sepanjang sungai Rhein menjadi lebih berkembang.

Jumlah Penduduk Jerman

Jumlah penduduk Jerman sebanyak 80.722.792 jiwa, jumlah penduduk Jerman ini menjadi yang terbanyak di Eropa. Berdasarkan data dari PBB, Jerman menjadi negara dengan jumlah imigran terbesar ke – 2 di dunia, setelah Amerika Serikat. Kota – kota di Jerman dengan penduduk terpadat yaitu Berlin, Cologne, Munich, dan Hamburg.

Sekian untuk lambang negara Jerman dan beberapa hal penting tentang negara Jerman, semoga bermanfaat.

Baca Juga  Profil Negara Jerman Dan Kehidupan Sehari-hari Di Jerman

(Visited 135 times, 1 visits today)
Embun Rinjani

Nama  asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.  Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

 

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

 

Embun Rinjani
Nama  asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.  Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *