kuliah di jerman gratis

Kuliah di Jerman Gratis Bukan Hanya Mimpi Wujudkan Sekarang

Posted on

Kuliah di Jerman Gratis – Jerman adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik, bersama Jepang dan Finlandia. Terutama pada sektor pendidikan di kelas lanjutan dan perguruan tinggi negeri. Jika finlandia terkenal dengan sistem pendidikan yang memanusiakan peserta didik dan juga tenaga pengajar.

kuliah di jerman gratis

Maka, Jepang lebih terkenal dengan sistem pendidikan yang membuat negara Jepang sangat disiplin, teratur dan bisa menciptakan inovasi dan kreasi yang begitu hebat.

Baca Juga  Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Dengan Metode Menarik

Lalu bagaimana dengan sistem pendidikan di Jerman? Pada jenjang sekolah lanjutan dan perguruan tinggi. Jerman mempunyai sistem pemagangan yang bernama ausbildung. Sistem ini memberikan kesempatan bagi siswa sekolah menengah untuk merasakan dunia industri dengan magang beberapa bulan atau beberapa tahun lamanya.

Sistem ini mirip dengan sistem vokasi di Indonesia. Itulah mengapa dalam sistem pendidikan vokasi di Indonesia kebanyakan mengadopsi sistem vokasi di Jerman.

Bagi anda yang belum begitu memahami sistem ausbildung, atau sistem pendidikan di Jerman yang cocok bagi anda. Bisa mengunjungi Virtu Education, melaluia website resminya di www.virtueducation.org.

virtu education adalah lembaga pendidikan yang berpengalaman membimbing siswa sekolah menengah di Indonesia untuk mengikuti ausbildung di Jerman.

Atau beberapa siswa sekolah menengah yang ingin melanjutkan studi sarjana strata satu di Jerman. Serta ada juga yang berkonsultasi dalam mengambil juruan dan universitas pada tingkat master dan doktoral.

Bagi anda yang tertarik dengan sistem perkuliahan di Jerman. Anda harus memahami bahwa sistem perkuliahan di Jerman berbeda dengan sistem perkuliahan di Indonesia. Jika di Indonesia anda hanya membutuhkan waktu waktu sekitar empat tahun saja untuk meraih gelar master.

Maka di Jerman, khususnya bagi siswa internasional yang akan melanjutkan sarjana di Jerman wajib menyelesaikan dalam jangka waktu lima tahun.

kuliah di jerman gratis

Mengapa ada perbedaan? Karena ternyata sistem sekolah menengah di Jerman berbeda dengan sistem sekolah menengah di Indonesia. Di Jerman, sekolah mennegah di tempuh dalam jangka waktu enam sampai dengan sembilan tahun.

Jika siswa sekolah lanjutan di jerman akan melanjutkan kuliah. Mereka tinggal masuk saja sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Nah, siswa internasional seperti dari Indonesia jika ingin kuliah di Jerman. Maka, mereka harus masuk “matrikulasi” atau penyetaraan selama satu tahun di kampus. Proses matrikulasi atau penyetaraan ini dinamakan studienkolleg. Anda bisa mendaftar studienkolleg juga melalui www.virtueducation.org.

Lalu, apakah sistem kuliah di Jerman gratis? Yapz, tentu saja. Inilah yang membedakan Jerman dengan negara-negara eropa lainnya. Di jenjang strata satu atau sarjana, jerman menerapkan subsidi untuk kampus-kampus negeri.

Sehingga memungkinkan kampus negeri membebaskan uang biaya spp. Serta kampus-kampus negeri di seluruh Jerman berada dalam standar dan kualitas yang sama antara satu dengan yang lainnya.

Kuliah di Jerman gratis dalam artian seluruh biaya spp atau uang gedung dari kampus gratis karena telah disubisidi oleh negara. Lalu, bagaimana dengan uang makan dan tempat tinggal? Nah, uang makan dan tempat tinggal inilah yang anda harus bayar sendiri.

Tetapi tenang saja. Uang makan dan tempat tinggal di Jerman tidak begitu mahal. Bahkan malah lebih murah dibandingkan dengan biaya makan dan tempat tinggal ketika berkuliah di kota besar di Indonesia.

Baca Juga  Jadikan Mimpi Menjadi Kenyataan Inilah 8 Cara Kuliah di Jerman

Kuliah di Jerman gratis ketika anda mampu meminimalisir pengeluaran biaya makan dan tempat tinggal. Pilihkan kota-kota yang kecil, universitas yang tidak berada di kota besar, manfaatkan sewa kontrakan /apartemen bersama teman-teman Jerman anda.

Dan jika anda diperbolehkan bekerja part time. Kenapa tidak dicoba? Konsultasikan dengan biro mahasiswa internasional di kampus tujuan anda. Atau anda bisa menanyakannya ke Virtu Education (www.virtueducation.org).

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah yang Perlu Kamu Tahu

(Visited 27 times, 1 visits today)
Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Rianto Subandi
Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *