8 Alasan Mahasiswa Asing Memilih Kuliah di Inggris

Posted on

Kuliah di Inggris – Tiap tahun ada ratusan ribu mahasiswa asing dari seluruh dunia yang datang untuk kuliah di Inggris. Setelah Amerika Serikat, Inggris berada di peringkat dua sebagai negara tujuan studi terfavorit. Alasan utamanya? Ya, karena sebagian besar mahasiswa asing akan lebih suka kuliah di negara berbahasa Inggris.

Dengan tingginya kualitas pendidikan serta banyaknya universitas kelas dunia, kuliah di Inggris akan memberikan banyak pengalaman tak terlupakan bagi mahasiswa asing. Buat kalian yang bermimpi bisa kuliah di Inggris, ikuti artikel berikut ini

Tentang Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang menjadi anggota dari Inggris raya atau United Kingdom of Great Britain. Inggris raya sendiri merupakan persatuan negara-negara yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Inggris saat ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia dengan rata-rata pendapatan per kapita 28.100 Poundsterling atau sekitar 510 Juta Rupiah per tahun. Inggris merupakan negara industri yang sangat kuat dan menjadi pemain utama dalam industri pesawat terbang, senjata, perangkat lunak, kimia, dll. Selain itu, banyak juga perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Inggris.

Alasan mengapa kuliah di Inggris

Inggris telah memiliki tradisi pendidikan yang kuat sejak ratusan tahun lalu. Bahkan universitas di Inggris sudah ada sejak akhir abad ke-10 Masehi. Tapi apa yang sebenarnya menjadi daya tarik utama kuliah di Inggris. Ini dia jawabannya.

1.Alumni Inggris dihargai tinggi

Kualitas tinggi pendidikan Inggris membuat alumninya diakui di seluruh dunia. Standard tinggi universitas Inggris dimulai oleh dua universitas tertua mereka yaitu Universitas Oxford dan Cambridge, lalu menular ke Universitas lainnya. Dengan mendapat pengakuan global, alumni universitas Inggris akan lebih dihargai saat berkarir di perusahaan multinasional.

2.Masa studi lebih rendah

Mahasiswa asing biasanya akan menghabiskan waktu lebih singkat saat kuliah di Inggris. Program undergraduated di Inggris normalnya selesai dalam tiga tahun, sementara Master hanya berlangsung selama satu atau dua tahun.

Baca Juga  Variasi dalam Perkenalan Bahasa Inggris

Mata uang Inggris, yaitu Poundsterling memiliki nilai tukar yang sangat tinggi, sehingga membuat biaya hidup dan biaya kuliah di Inggris akan terasa berat bagi mahasiswa asing. Makanya, masa studi yang lebih rendah ini akan membuat Inggris tetap menjadi tujuan studi utama.

3.Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga hampir semua negara menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama yang dipelajari. Bahasa Inggris menjadi salah satu alasan utama siswa asing memilih Inggris sebagai tujuan studi. Mahasiswa asing biasanya sudah memiliki modal kemampuan bahasa Inggris yang bagus, sehingga tidak terlalu sulit untuk berkomunikasi dan beraktivitas di kelas.

4.Kesempatan kerja part time bagi mahasiswa

Biaya hidup sehari-hari di Inggris memang termasuk yang paling tinggi. Tapi mahasiswa asing diperbolehkan bekerja maksimal 20 jam per minggu dan bekerja full time saat libur kuliah. Tapi tidak selalu mudah mengatur waktu kuliah sambil kerja.

Yang terbaik adalah bekerja di dalam kampus, karena kalian bisa menyesuaikan antara jam kerja dan jadwal kuliah. Umumnya universitas sadar dengan kenyataan tingginya biaya hidup di Inggris. Makanya mereka membuka banyak lowongan kerja untuk mahasiswa. Bahkan lebih dari separuh mahasiswa di Inggris mengambil peluang kerja part time di dalam kampus.

5.Berkompetisi dengan siswa terbaik dari seluruh dunia

Kuliah di Inggris berarti kalian akan bertemu dengan siswa berbakat dari seluruh dunia. Berkompetisi, bersosialisasi dan bergaul dengan mereka akan merubah mindset kita. Kalian berkesempatan mengenal budaya, tradisi, serta berdiskusi tentang banyak hal.

6.Beasiswa

Biaya kuliah di Inggris memang tinggi, yaitu berkisar antara 300 sampai 500 juta Rupiah per tahun. Tapi jangan minder dulu. Bagi kalian yang tidak mudah menyerah, selalu ada jalan menuju cita-cita. Cara terbaik kuliah di Inggris adalah dengan memburu beasiswa.

Baca Juga  Contoh Conditional Tense, Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Beasiswa kuliah di Inggris terpopuler adalah Chevening Scholarships. Beasiswa Chevening adalah hasil kerjasama antara pemerintah Inggris dan beberapa organisasi mitra. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa asing yang mengambil program Master selama satu tahun.

Karena termasuk beasiswa penuh, maka sponsor akan menanggung berbagai kebutuhan seperti tunjangan biaya hidup bulanan, akomodasi, tiket pesawat dari dan ke Inggris, asuransi, maupun bantuan biaya tugas akhir. Selain itu, tersedia juga sumber beasiswa lainnya seperti Pearson Research Funding, Idealo Scholarship, LPDP, maupun beasiswa yang disediakan oleh universitas Inggris.

7.Lingkungan multikultural

Inggris terkenal dengan masyarakat yang multikultural. Hampir semua bangsa, suku, ras, dan agama bisa hidup dengan nyaman di Inggris. Orang Inggris juga terbuka dengan budaya dan tradisi negara lain. Hidup dalam lingkungan multikultural akan menjadi pengalaman luar biasa dan membentuk pribadi yang saling menghargai perbedaan.

8.Pintu gerbang ke negara Eropa lain

Eropa akan lebih mudah dijelajahi saat kamu kuliah di Inggris. Kamu bisa mengunjungi negara-negara Eropa lain hanya dalam beberapa jam perjalanan dengan kereta ataupun pesawat terbang. Apalagi dengan adanya maskapai berbiaya rendah, kalian bisa berkunjung ke Roma, Milan, maupun Venesia dalam waktu dua jam.

 

(Visited 11 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *