Pengertian, Cara Menggunakan, dan Install Dropbox

Posted on

Install Dropbox – Dropbox adalah layanan hosting file yang dioperasikan oleh perusahaan Amerika, yaitu Dropbox, Inc.. Perusahaan ini berkantor pusat di San Francisco, California. Dropbox menawarkan penyimpanan cloud, sinkronisasi file, cloud pribadi, dan perangkat lunak klien.

Dropbox(dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox) didirikan pada 2007 oleh mahasiswa MIT, yaitu Drew Houston dan Arash Ferdowsi, sebagai perusahaan pemula dengan dana awal dari akselerator unggulan: Y Combinator.

Dropbox (dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox)pernah menerima Penghargaan Crunchie 2010 sebagai Aplikasi Internet Terbaik, Penghargaan Pilihan Editor 2009 sebagai Perangkat Lunak Macworld, dan startup paling berharga di AS dan dunia dengan penilaian lebih dari US $ 10 miliar.

Namun, Dropbox juga mendapat kritik dan menuai kontroversi untuk beberapa hal, seperti pelanggaran keamanan dan masalah privasi. Karena alasan itu, Dropbox telah diblokir di Tiongkok sejak 2014, walaupun mendapat peringkat privasi bintang lima dari Electronic Frontier Foundation.

Cara Kerja Dropbox

Dropbox bekerja dengan cara menyatukan file (di satu tempat pusat) dengan membuat “folder khusus” di komputer pengguna. Konten yang ada pada “folder khusus” ini disinkronkan ke server Dropbox dan menjaga file agar dapat diakses melalui semua perangkat.

Pengguna Dropbox Basic diberi ruang penyimpanan gratis dua gigabytes, sementara pengguna Dropbox Plus diberi ruang penyimpanan dua terabyte, serta fitur tambahan, termasuk kontrol berbagi lanjutan, penghapusan jarak jauh, dan tambahan Add-on History Versi Lanjutan.

Pada Maret 2013, perusahaan (dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox)ini mengakuisisi Mailbox dan pada April 2014 memperkenalkan aplikasi galeri foto dan video Dropbox Carousel.

Mailbox dan Carousel ditutup pada Desember 2015 dan fitur-fitur utama dari kedua aplikasi tersebut diimplementasikan ke layanan Dropbox reguler. Pada Oktober 2015, secara resmi diumumkan Dropbox Paper, editor dokumen kolaboratifnya, dalam upaya memperluas operasinya ke bisnis.

Cara Menggunakan Dropbox di Desktop

Penggunaan Dropbox di desktop dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi dropbox dan menambahkan folder. Nantinya file yang kita tambahkan ke folder itu secara otomatis disalin ke akun Dropbox kita.

Baca Juga  Cara dan Aplikasi Kompres Foto

Kita dapat menemukan folder (dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox) dengan membuka File Explorer dan menavigasikannya ke bagian yang disebut “This PC” pada Windows. Lalu, kita klik dua kali pada drive tempat kita menginstal Dropbox (biasanya adalah drive C).

Selanjutnya, klik dua kali pada folder “user,” kemudian masuk ke folder dengan nama pengguna kita. Di folder itu, kita akan menemukan Dropbox. Klik dua kali pada ikon atau namanya untuk membuka folder Dropbox.

Cara Menggunakan Dropbox di Seluler dan Web

Menggunakan Dropbox(dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox) dari klien web tidak jauh berbeda dengan menggunakannya di desktop. Ketika kita masuk ke akun, kita disajikan dengan file-file yang baru saja diubah di desktop kita.

Jika kita ingin melihat file yang lebih lama, klik “file” di sisi kiri layar kita. Di sana kita akan melihat semua yang telah kita simpan ke folder Dropbox desktop kita.

Klien web memiliki beberapa fungsi yang tidak akan kita temukan di desktop, seperti dapat mengunduh file ke desktop, menandai file penting dengan bintang biru, mengklik ellipsis, dan memilih opsi “bintang”.

Menggunakan dropbox, kita dapat berbagi file, mengganti nama, memindahkan, menyalin, atau menghapus file melalui antarmuka web juga. Jika kita membutuhkan file, dan kita tidak tahu di mana itu, kita dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas halaman untuk menemukannya.

Kita dapat mengunduh aplikasi Dropbox(dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox) seluler untuk Android atau iOS dari Google Play Store atau App Store.

Mentransfer File dengan Dropbox

Jika kita ingin memindahkan file lama ke Dropbox, navigasikan file tersebut di jendela kedua. Setelah kita menemukannya, cukup sorot file yang ingin kita pindahkan, lalu klik dan seret ke folder Dropbox kita. Kita juga dapat copy paste file atau folder ke Dropbox.

Baca Juga  Pengertian dan Cara Membuat Footnote

Setelah selesai, Dropbox akan menampilkan ikon biru di kiri bawah dengan panah di atasnya. Ikon tersebut berarti sedang menyalin file dan mengunggahnya ke cloud. Setelah selesai, ikon akan berubah menjadi hijau dan menampilkan tanda centang.

Jika kita ingin mentransfer banyak file sekaligus ke Dropbox(dropbox adalah, cara menggunakan dropbox, install dropbox, apa itu dropbox), tahan “ctrl” dan klik pada setiap file yang ingin kita pindahkan. Kemudian, klik dan seret file ke folder Dropbox.

Jika kita ingin membuat file baru dan menyimpannya ke Dropbox, kita dapat melakukannya saat kita menyimpan file untuk pertama kalinya dengan menavigasi ke folder Dropbox dan memilihnya sebagai lokasi penyimpanan.

Cara mengunduh dan menginstal Dropbox

Aplikasi desktop Dropbox tersedia untuk Linux, macOS, dan sistem operasi Windows. Setelah diinstal, aplikasi akan secara otomatis membuat folder Dropbox di komputer kita.

Folder ini berfungsi seperti folder lainnya, tetapi dengan beberapa perbedaan penting seperti :

1. Perubahan yang kita buat pada file di folder Dropbox secara otomatis dicadangkan ke Dropbox
2. Perubahan yang kita buat juga akan disinkronkan ke akun Dropbox orang lain yang telah kita bagikan file
3. Kita dapat mengakses file dan folder yang telah dibagikan orang lain kepada kita

Untuk mengunduh dan menginstal aplikasi desktop Dropbox di komputer Linux, Mac, atau Windows, kamu bisa membuknya di https://www.dropbox.com/downloading dan secara otomatis akan terunduh. Setelah dipasang, kita akan diminta untuk masuk atau membuat akun baru.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *