Memahami Google Adwords Express

Posted on

Google Adwords Express adalah sarana periklanan yang secara otomatis dapat mengelola iklan secara online. Artinya, program ini tidak memerlukan pengaturan tingkat lanjut, pengelolaan, atau tugas harian dari pengiklan.

Google AdWords Express (Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) adalah sebuah strategi pemasaran periklanan gaya digital yang memanfaatkan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan. Oleh sebab itu, biasa disebut sebagai Search Engine Marketing.

Hasil Pembaruan dari Google Adword

Google Adwords Express adalah versi sederhana dari Google Adwords. Program ini dirancang dan ditujukan bagi pelaku usaha pemula yang tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman khusus di bidang pemasaran online.

Tidak seperti antarmuka Google Adwords, Google Adwords Express hampir sepenuhnya bisa berjalan secara otomatis. Kita hanya perlu menetapkan anggaran, memilih produk, dan menulis keterangan iklan. Selanjutnya, Google Adwords Express melakukan sisanya.

Sistem Google Adwords Express

Google AdWords Express(Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) sama dengan Google Adword yang mempunyai dua cara beriklan, yaitu:

1. Sistem PPM. Pay Per Million Impressions adalah sistem di mana para pengiklan akan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau jumlah tayangnya iklan tersebut.

2. Sistem PPC. Pay Per Click adalah sebuah sistem di mana para pengiklan akan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Dengan kata lain, apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google tetapi tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklan.

Strategi Google Adwords Express

Strategi yang digunakan oleh Google AdWords Express adalah penargetan Kata Kunci atau keyword pencarian. Dengan kata lain, kita dapat menargetkan sebuah iklan akan muncul pada data yang menggunakan kata kunci tertentu.

Sebagai contoh apabila kita ingin mengiklankan “obat penumbuh rambut”, maka kita bisa menargetkan keyword “penumbuh rambut” pada Google AdWords Express. Setelah itu, secara otomatis iklan akan muncul pada hasil pencarian seseorang yang memasukkan keyword “penumbuh rambut”.

Baca Juga  Mesin Pencari Selain Google yang Lebih Baik

Platform Google Adwords Express

Platform Google AdWords Express (Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) terbagi 2, yaitu:

1. Google Search. Iklan yang kita rencanakan akan muncul pada mesin pencarian Google, yang hanya didasarkan pada text dan keyword.

2. Google Display Network. Iklan yang kita rencanakan akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network atau situs-situs yang memasang Google Adsense pada bagian lamannya. Platform Display Network ini didasarkan pada text, image, flash, atau pun video.

Cara Menentukan Google Adwords Express

Google menyediakan Keyword Tool yang berguna untuk melihat data jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword. Semakin banyak dicari, pengiklan akan membayar lebih mahal tetapi penayangannya akan lebih efektif.

Pengiklan juga dapat menggunakan Google Insight dan Google Trends sehingga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh masyarakat. Dengan bergitu, pengiklan dapat menargetkan campaign iklan melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang sedang berlaku.

Kelebihan Adword Express

Bagi pelaku digital marketing dan online marketing, Google Adword Express tentu sangat mempermudah pekerjaan. Berikut ini adalah keuntungan jika menerapkan Google Adword Express sebagai sarana periklanan.

1. Pengaturan Cepat
Google Adwords Express (Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Menurut Google sendiri, kita dapat menjalankan pengiklanan hanya dalam 15 menit.

2. Tidak Memerlukan Waktu Manajemen
Jika kita tidak punya waktu untuk meneliti kata kunci, menulis iklan, memutuskan halaman arahan, dan men-tweak tawaran, sistem otomatis Google akan dapat melakukannya.

3. Tidak Diperlukan Pengalaman PPC
Adwords Express (Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) dirancang untuk orang-orang yang tidak memiliki pengalaman Pay per Click (PPC).

Baca Juga  Apa Itu E Commerce dan Sejarahnya

Kekurangan Adword Express

Tidak sedikit pengguna yang justru kembali ke Google Adword, meskipun Google Adword Express merupakan bentuk pembaruan. Hal itu karena beberapa kekurangan Google Adword Express berikut ini.

1. Tanpa Kendali
Otomatisasi iklan bisa memudahkan bagi sebagian orang, tetapi justru dipandang kekurangan bagi sebagian orang yang lain. Masalah potensial terbesar dengan Google Adwords Express adalah pengguna yang tidak memiliki kendali apa pun tentang bagaimana iklan yang dikelola.

2. Tidak Memberi Pelaporan dengan Baik
Kita hanya dapat melihat satu atau dua detail yang berkaitan dengan pengiklanan.

3. Sasaran Google Bisa Keliru
Google memang memiliki sumber data yang berlimpah mengenai user yang masuk. Akan tetapi, hal ini bisa saja keliru atau tidak sesuai sasaran yang kira harapkan. Hal ini tidak termasuk ke dalam jaminan yang diberikan oleh Google Adword Express.

Artinya, efektif atau tidak efektif iklan terhadap produk yang kita jual, itu lain urusan. Bagi Google Adword Express, asalkan iklan telah muncul maka urusan sudah tunai.

4. Tidak Memberi Pengalaman
Karena tidak memberikan pelaporan data dan merahasiakan cara kerja, kita tidak akan mengenali penerima iklan dan bagaimana mereka bersikap. Padahal, hal ini bisa sangat berarti untuk jangka panjang.

Melalui data penerima iklan, kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar. Dengan begitu, kita tahu bagaimana selanjutnya harus berinovasi.

Itulah tadi ulasan mengenai Googe Adwords Express (Google Ads Express, Google Adwords Express, Google Ads Expres, Google Ads Indonesia) yang bisa digunakan untuk pengiklanan digital. Efektif atau tidaknya sarana ini, akan bergantung pada kebutuhan kita.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *