Ide Game Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Game Belajar Bahasa Inggris – Belajar bahasa Inggris untuk anak-anak memang lebih mudah dilakukan sambil bermain. Berikut ini adalah beberapa permainan (games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris) yang bisa kita gunakan ketika di kelas atau kelompok belajar.

1. Charades

Permainan(games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris) yang satu ini sangat baik untuk mengajak anak-anak bergerak.

Caranya adalah dengan menuliskan kata-kata di kertas gulung yang merupakan karakter familiar. Nantinya, kertas tersebut dibagikan secara acak. Masing-masing anak harus memberitahu isi di dalam kertas tersebut, tetapi tidak boleh mengucapkannya secara langsung, melainkan dari gerakan dan kode.

Bagi anak lain yang tepat menebak akan mendapat poin dan akan menggantikan giliran pemeran.

2. Pictionary

Permaian (games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris) ini dilakukan dengan cara membagi kelompok menjadi dua. Kemudian, kita harus menyiapkan karakter atau gambar yang dirahasiakan dari dua kelompok.

Ketika satu kelompok sedang berperan, maka satu perwakilannya akan maju melihat gambar di meja dan hanya boleh menuliskan satu kata yang sangat identik dengan gambar yang dilihatnya di meja. Dia tidak boleh menggunakan kata yang merupakan nama dari gambar tersebut.

Jika masih belum tertebak, maka anak lain akan bergiliran untuk menambahi dengan kata lain yang akan membantu. Anak yang sudah maju ke papan tulis tidak boleh membantu satu rekan kelompoknya dalam menebak.

3. Board Race

Permaian (games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris)ini sangat baik untuk menambah dan memperbaiki kosa kata anak-anak.

Caranya adalah dengan membuat dua kelompok dan masing-masing harus memiliki spidol. Kita sebagai referee akan menuliskan satu kategori umum. Kemudian, anak-anak tersebut bergantian menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan kategori tersebut.

Baca Juga  Kursus ACT Jakarta dan Tips Pada Hari Pelaksanaan Tes ACT

Bagi kelompok yang mendapatkan kata paling banyak dan sesuai dengan kategori, maka dinyatakan sebagai pemenang.

4. Taboo Words

Caranya adalah dengan membagi kelas menjadi dua dan mintalah kedua tim duduk di sisi yang berlawanan dari ruangan, saling berhadapan. Pilih satu orang untuk duduk di depan tim mereka untuk memegang selembar kertas berisi kata.

Anggota tim memiliki waktu tiga menit untuk memberitahu wakil yang memegang kertas tersebut mengenai kata yang tertulis di sana. Mereka tidak boleh mengucapkan kata yang merupakan nama. Mereka hanya bisa menyebutkan sinonim dan deskripsi kata yang kita pegang.

5. Xgame

Permainan(games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris) ini lebih menyerupai dengan teka-teki silang. Bedanya, kita hanya akan menggunakan satu kata saja.

Pertama, pikirkan sebuah kata dan gambar kolom sesuai dengan jumlah huruf kata tersebut di di papan tulis. Selanjutnya mintalah anak untuk menebak huruf. Jika huruf yang diucapkan memang ada dalam kata, tulis di kolom yang benar.

Apabila huruf itu tidak ada di dalam kata, tulislah di samping jajaran kolom dengan simbol silang. Kita harus menunggu hingga anak-anak mengetahui kata yang dimaksud.

6. 20 Objek

Kumpulkan 20 benda yang bisa ditemukan di ruang kelas dan letakkan semuanya di atas meja. Perlihatkan semuanya kepada anak dan kemudian tutupi semuanya dengan selimut atau selembar setelah satu menit.

Mintalah anak untuk menuliskan sebanyak mungkin benda yang mereka ingat di selembar kertas. Tulislah daftar barang di papan tulis dan izinkan anak mengoreksi diri.

7. Last Man Standing

Dalam permainan(games bahasa Inggris, game bahasa Inggris, game belajar bahasa Inggris) ini, kita membutuhkan bola dan dilakukan dengan cara semua anak berdiri dan membentuk lingkaran.

Baca Juga  Ingin Melanjut S2 Manajemen Luar Negeri? Pahami Apa Itu GMAT

Di tengah mereka diletakkan sebuah bola. Nantinya, siapa pun yang mendapat bola harus mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. Sebelumnya, kita harus menentukan kategori tertentu(makanan, tempat, hobi, dll.)

Kemudian, berikan bola kepada satu anak. Anak yang menangkap bola harus mengucapkan satu kata sesuai kategori yang telah ditentukan. Dia boleh tetap berdiri dan melemparkan bola ke anak lain jika dapat mengucapkan satu kata yang tepat.

Apabila tidak dapat mengucapkan kata dengan kategori yang telah ditentukan, maka anak itu harus duduk. Nantinya, anak terakhir yang berdiri adalah pemenangnya.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *