Contoh Kalimat Suggestion atau Saran Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Kalimat Suggestion– Apa yang membedakan antara memberikan saran dalam tata bahasa Indonesia dengan tata bahasa Inggris. Anda harus melihat bahwa sebuah kalimat memberikan saran dalam bahasa Indonesia ternyata berbeda dengan kalimat bahasa Inggris atau yang biasa disebut sebagai suggestion.

Mengapa bisa berbeda? Karena perbedaan kultur budaya antara orang Indonesia dengan orang inggris. Sehingga mempengaruhi cara-cara penggunaan dalam sebuah kalimat. Orang Indonesia cenderung menggunakan pernyataan langsung, baik ketika meminta pendapat dalam bentuk saran. Atau ketika memberikan saran.

Baca Juga  Contoh - Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Ekspresi yang dilakukan dalam bahasa Indonesia bisa juga pendek, atau panjang. Tetapi kadang dalam pergaulan informal. Ekspresi pendek lebih sering digunakan. Hanya ekspresi panjang yang digunakan dalam rapat dan pembicaaan formal.

 

Ekspresi meminta saran dalam bahasa Indonesia informal:

1.Ada saran?
2.Aku sebaiknya gimana?
3.Menurutmu?

Ekspresi meminta saran dalam bahasa Indonesia formal:

1.Apakah ada yang akan memberikan saran atau masukan?
2.Kalau kasus ini begini, bagaimana dengan kondisi teman-teman?
3.Mungkin ada yang memberikan pandangan lain yang lebih tajam?

Baca Juga  Rumus Present Tense serta Contoh Penggunaannya

Sementara pola saran atau suggestion yang dipakai oleh orang Inggris. Terutama dalam tata bahasa Inggris menggunakan kalimat langsung dan kalimat tak langsung. Ungkapan kalimat ini bisa berbentuk ekspresi singkat atau ekspresi panjang. Atau ekspresi memberikan saran atau meminta saran. Itulah yang membedakan dengan saran atau suggestion dalam bahasa Indonesia.

Pola-pola memberikan saran dalam bahasa Inggris ini jika dibedah atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia terkadang menjadi lebih kaku. Misalnya beberapa contoh di bawah ini:

Ekspresi pendek meminta saran (asking suggestion) dalam pembicaraan bebas, baik formal ataupun informal:

1.Do you have any suggestion for me? Apakah kamu memiliki saran untuk ku?
2.What do you recommended? Apa yang bisa kamu sarankan untukku.
3.Any idea? Apakah ada ide lain?
4.Please, tell me what shoul I do? Tolong berikan saran bagaimana aku seharusnya bersikap.
5.Can you give me some advice? Dapatkah anda memberikan sebuah saran?
6.Do you have any ideas? Apakah anda memiliki beberapa saran.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-hari Untuk Pemula

Nah, coba anda bayangkan. Jika contoh kalimat suggestion dalam bahasa Inggris tersebut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Akan terlihat sangat kaku. Padahal kalimat bahasa Inggris bisa saja digunakan dalam keadaan informal maupun formal.

Sementara untuk merespon permintaan saran tersebut. Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat pendek, atau juga bisa panjang:

Jika anda merespon positif. Bisa menggunakan: I agree with you, I think so, that’s right, thats sounds great, that’s good idea

Sementara jika anda berusaha merespon negatif, atau tidak setuju, atau tidak mau memberikan saran. Anda bisa menggunakan kata: that’s not good idea, no I don’t think so, I disagree with you, II understand your poInt, but.

Sekian untuk contoh kalimat suggestion, semoga bermanfaat.

 

(Visited 832 times, 4 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *