Pengertian dan Contoh Joint Venture

Posted on

Contoh Joint venture adalah sebuah entitas (satuan wujud) bisnis yang dibuat oleh dua atau lebih pihak yang berbeda tapi memiliki tujuan yang sama. Joint venture umumnya ditandai dengan kepemilikan bersama, pengembalian dan risiko bersama, dan tata kelola bersama.

Tujuan Pengadaan Joint venture

Perusahaan biasanya melakukan joint venture (Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture) karena salah satu dari empat alasan berikut:

1. untuk mengakses pasar baru, terutama pasar negara berkembang;
2. untuk mendapatkan efisiensi skala dengan menggabungkan aset dan operasi;
3. untuk berbagi risiko untuk investasi atau proyek besar; atau
4. untuk mengakses keterampilan dan kemampuan baru bagi perusahaan.

Tanggapan Dunia Bisnis pada Joint venture

Sebenarnya ada banyak tanggapan negatif tentang joint venture, tetapi data objektif menunjukkan bahwa pelaku joint venture benar-benar dapat mengungguli afiliasi yang sepenuhnya dimiliki dan dikendalikan.

Menurut data DOC, perusahaan asing joint venture di AS menyadari pengembalian rata-rata 5,5 persen atas aset (ROA) ), sementara perusahaan-perusahaan yang sepenuhnya dimiliki dan dikendalikan afiliasi (sebagian besar yang dimiliki sepenuhnya) menyadari ROA 5,2 persen sedikit lebih rendah.

Hal serupa berlaku untuk investasi oleh perusahaan asing di AS, tetapi perbedaannya lebih jelas. Joint venture yang berbasis di AS merealisasikan ROA rata-rata 2,2 persen, sementara afiliasi yang sepenuhnya dimiliki dan dikendalikan di AS hanya merealisasikan ROA 0,7 persen.

Meskipun beberapa, seperti dalam industri minyak dan gas, joint venture “tidak terhubung” meniru entitas perusahaan. ketika dua orang atau lebih berkumpul untuk membentuk kemitraan sementara dengan tujuan melaksanakan proyek tertentu, kemitraan semacam itu juga dapat disebut joint venture, di mana para pihak merupakan “kooperator”.

Usaha tersebut dapat berupa bisnis joint venture (misalnya, Dow Corning), proyek / aset joint venture yang dimaksudkan untuk mengejar satu proyek tertentu saja, atau joint venture yang bertujuan mendefinisikan standar atau berfungsi sebagai “utilitas industri” yang menyediakan serangkaian layanan yang sempit kepada peserta industri.

Baca Juga  Kursus Desain Grafis Serpong

Joint Venture Berdasarkan Hukum

Dalam hukum Eropa, istilah Joint Venture (Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture) adalah konsep hukum yang sulit dipahami, sehingga lebih baik didefinisikan di bawah aturan hukum perusahaan. Di Prancis, istilah “joint venture” diterjemahkan sebagai “asosiasi d’entreprises”, “entreprise conjointe”, “coentreprise” atau “entreprise commune”.

Penggabungan perusahaan

Joint venture(Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture) dapat dijalankan dengan cara-cara utama, yaitu sebagai berikut:

1. Investor asing membeli saham di perusahaan lokal
2. Perusahaan lokal mengakuisisi saham di perusahaan asing yang ada
3. Baik pengusaha asing dan lokal bersama-sama membentuk perusahaan baru
4. Bersama dengan modal publik dan / atau hutang bank

Di Inggris, India, dan di banyak negara Common Law, usaha patungan (atau perusahaan yang dibentuk oleh sekelompok individu) harus mengajukan pada Memorandum Asosiasi yang berwenang.

Hal tersebut bertujuan dan berfungsi sebagai dokumen hukum yang menginformasikan keberadaannya kepada publik. Oleh sebab itu, hal ini dapat dilihat oleh publik mengenai di perusahaan mana ia diajukan. Selain Anggaran Dasar, Joint venture membentuk “konstitusi” perusahaan.

Anggaran Dasar mengatur interaksi antara pemegang saham dan direktur perusahaan dan dapat berupa dokumen yang panjang hingga 700.000+ halaman. Ini berkaitan dengan kekuasaan yang didelegasikan oleh pemegang saham kepada direksi dan mereka yang ditahan oleh mereka, membutuhkan pengesahan resolusi biasa, resolusi khusus dan diadakannya Rapat Umum Luar Biasa untuk membawa keputusan direksi.

Sertifikat Pendirian atau Anggaran Pendirian adalah dokumen yang diperlukan untuk membentuk korporasi di A.S. (dalam kenyataannya, negara di mana ia didirikan) dan di negara-negara yang mengikuti praktik tersebut. Di AS, “konstitusi” adalah satu dokumen. Anggaran Dasar lagi-lagi merupakan peraturan direktur oleh pemegang saham di sebuah perusahaan.

Kapan Sebuah Joint Venture dapat dikatakan telah Berjalan

Dalam proses pembentukkannya, Joint venture(Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture) menjadi entitas baru apabila telah terjadi beberapa implikasi berikut ini.

Baca Juga  Mesin Pencari Selain Google yang Lebih Baik

1. bahwa secara resmi terpisah dari para pendirinya, yang mungkin merupakan korporasi raksasa, bahkan di antara negara-negara berkembang.
2. Joint venture dapat melakukan kontrak atas namanya sendiri, memperoleh hak (seperti hak untuk membeli perusahaan baru)
3. memiliki kewajiban terpisah dari tanggung jawab pendirinya, kecuali untuk modal yang diinvestasikan
4. dapat menuntut (dan dituntut) di pengadilan untuk membela atau mengejar tujuannya.
5. Pada saat menerima Certificate of Incorporation, suatu perusahaan dapat memulai bisnisnya.

Pembubaran Joint Venture

Joint venture bukan merupakan sebuah struktur permanen. Joint venture (Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture) bisa saja berakhir apabila terjadi beberapa hal berikut ini:

1. Tujuan dari usaha asli telah terpenuhi
2. Tujuan usaha asli gagal terpenuhi
3. Salah satu atau kedua belah pihak mengembangkan tujuan baru
4. Salah satu atau kedua belah pihak tidak lagi setuju dengan tujuan joint venture yang sejak awal dibuat
5. Waktu yang disetujui untuk joint venture telah kedaluwarsa
6. Masalah hukum atau keuangan
7. Kondisi pasar yang berkembang sehingga joint venture tidak lagi sesuai atau relevan
8. Satu pihak telah mengakuisisi pihak lainnya

Contoh Joint Venture di Dunia

Ada beberapa contoh joint venture (Joint Venture adalah, Joint Venture, contoh Joint Venture, pengertian Joint Venture, apa itu Joint Venture), beberapa joint venture yang cuku besar adalah seperti MillerCoors, Sony Ericsson, Vevo, Hulu, Penske Truck Leasing, dan Owens-Corning.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *