Pengertian dan Contoh Copywriting

Posted on

Contoh Copywriting – Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks dengan format tertentu yang tujuannya adalah periklanan atau bentuk pemasaran. Produk dari copywriting (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting) disebut “copy” atau salinan. Copy atau salinan bertujuan untuk meningkatkan kepopuleran suatu merek.

Pada akhirnya, tulisan tersebut diharapkan mampu membujuk seseorang atau kelompok untuk mengambil tindakan tertentu. Meskipun tindakan yang diharapkan adalah “membeli”, namun sebenarnya copywriting (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting) berbeda dengan digital marketing.

Copywriter

Copywriter, atau seseorang yang melakukan copywriting, menulis suatu teks dalam berbagai format. Bisa merupakan teks panjang yang berisi ajakan halus atau pun teks singkat berupa slogan dan quote. Oleh sebab itu, pengetahuan bahasa yang persuasif sangat penting.

Copywriter atau pelaku copywriting (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting) dapat menulis di dalam format-format:

papan iklan, surat penjualan dan surat langsung lainnya, skrip untuk iklan televisi atau radio, slogan, brosur, katalog, lirik jingle, iklan majalah dan surat kabar, kertas putih, postingan media sosial, dan komunikasi pemasaran lainnya.

Industri Copywriting

Pekerjaan sebagai copywriter adalah pekerjaan yang cukup populer. Banyak copywriter dipekerjakan di biro iklan, firma humas, agensi copywriter, atau wiraswasta sebagai freelancer. Mereka melayani klien dari berbagai kelas seperti perusahaan kecil, menengah, atau besar.

Beberapa agen iklan mempekerjakan copywriter(copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting) secara remote atau tidak dikumpulkan menjadi tim fisik. Namun ada juga yang dikumpulkan menjadi tim fisik.

Agen periklanan lazimnya akan mempekerjakan seorang copywriter sebagai bagian dari tim kreatif. Copywriter tersebut tidak bekerja secara individual, melainkan bermitra dengan direktur seni atau direktur kreatif. Ia akan menulis salinan atau skrip untuk iklan yang didasarkan pada informasi yang dari klien.

Copywriter tidak bertanggung jawab hal-hal di luar kepenulisan. Aspek visual dari iklan dan pekerjaan yang berkaitan dengan pencetakkan akan ditangani oleh direktur seni. Meskipun begitu, copywriter bisa saja harus menulis sesuai konsep yang telah disepakati bersama, alias tidak asal jadi.

Baca Juga  Aplikasi Pembuat Logo Gratis

Beberapa agensi iklan menetapkan pelayanannya dalam spesialisasi tertentu, sehingga copywriter juga hanya akan menulis dengan gaya dan format tertentu. Seorang copywriter biasanya diharapkan mampu menangani beberapa keahlian menulis, diantaranya seperti:

layanan editorial dan konsultasi perpesanan, media sosial, optimisasi mesin pencari, pengeditan perkembangan, pengeditan penyalinan, pengoreksian, pemeriksaan fakta, serta penulisan pidato dan tata letak halaman.

Sejarah dan Tokoh

John Emory Powers (1837–1919) adalah seorang copywriter pertama di dunia yang bekerja secara penuh waktu. Sejak itu, tidak sedikit copywriter yang terkenal di industri ini karena mereka mendirikan agen periklanan besar.

Hingga kini, ada banyak seniman kreatif yang mengawali bekerja sebagai copywriter (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting) sebelum akhirnya menjadi terkenal di bidang lain.

Dukungan Internet

Internet telah mempengaruhi banyak hal, termasuk copywriting. Di zaman modern, Internet memperluas berbagai peluang copywriting untuk menulis konten web, iklan online, email, blog, media sosial, dan berbagai bentuk komunikasi elektronik lainnya.

Internet membawa peluang baru bagi copywriter untuk mempertajam keahlian mereka, melakukan penelitian, dan mempelajari karya orang lain. selain itu, seorang klien, copywriter, dan direktur seni dapat lebih mudah menemukan satu sama lain. hal ini yang membuat pekerjaan freelance begitu menjanjikan.

Hubungan dengan Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Seorang copywriter akan mengusahakan tulisannya terbaca oleh banyak orang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk itu, salah satunya adalah dengan teknik-teknik SEO. Menerapkan teknik SEO akan membuat tulisan sampai ke banyak pembaca.

Hal-hal itu dilakukan dengan cara melakukan penempatan dan pengulangan kata kunci atau frasa yang strategis di halaman web. Namun, cara-cara itu tetap dilakukan dengan teknik yang dianggap normal oleh pembaca manusia.

Hubungan dengan Penerbitan buku

Copywriter juga sangat berguna bagi industri penerbitan buku. Dalam penerbitan buku, dikenal flap copy yang merupakan ringkasan dari sebuah buku. Letaknya adalah di bagian dalam hardcover. Isinya tidak seperti sinpsis saja, biasanya lebih singkat, terletak di bagian belakang, dan merupakan ringkasan yang ditulis untuk katalog penerbit.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Serpong

Contoh Copywriting

Sebenarnya, tidak ada yang benar-benar menjadi pakem copywriting (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting). Asalkan di dalamnya mengandung kata-kata persuasif dan menyita perhatian, maka itu sudah cukup baik.

Nah, misalnya, untuk sebuah tim periklanan yang menghendaki iklan batu nisan dengan spanduk berwarna kuning dan tulisan berwarna merah, copywriter harus membuat kalimat yang efektif dan menyita perhatian.

“Jual Batu Nisan Baru. Diskon Janda hingga 50%. Harga Grosir!
Hubungi 0989 3223 7656”

atau

“Kami Menjual Batu Nisan yang Hanya Cocok untuk Orang Meninggal
Kami menjamin Kualitas karena Kami Takut Kualat
Hubungi 0909 0897 7656”

atau

“Jual Batu Nisan Ukir
Kami tahu menjual batu nisan memang sedikit kurang pantas, apalagi mengiklankannya seperti ini. Tapi harus ada orang-orang penuh kesadaran seperti kami. Jika tidak, kasihan almarhum. Kami adalah bagian keluarga yang ingin menuntaskan duka. Hubungi 9879 5454 6736 dan kami akan datang secepatnya”.

Atau jika menjual barang yang lebih lazim, seperti buku, kamu pasti pernah mendengar kalimat copywriting bergaya negasi ini, “Jangan baca buku ini, nanti jadi pintar!” atau “Banyak membaca banyak lupa, tidak membaca tidak lupa apa-apa”.

Itulah tadi uraian mengenai copywriting (copywriting adalah, apa itu copywriting, contoh copywriting). Kamu bisa mencoba mencari pekerjaan sebagai copywriting di berbagai portal pencarian kerja. Ada yang ditawarkan secara kontrak dan ada juga yang ditawarkan secara freelance.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *