Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Posted on

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android – Demi keamanan atau menjaga privasi, ada kalanya kita memang harus merahasiakan suatu aplikasi dari orang lain. Namun, bagaimana cara yang efektif dan tidak membuat smartphone menjadi error?

Berikut ini adalah beberapa cara (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Cara Menonaktifkan Aplikasi

Kita dapat menonaktifkan sebuah aplikasi melalui pengaturan smartphone, sehingga nantinya aplikasi akan dianggap tidak digunakan dan meskipun telah diinstal. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Silakan buka menu pengaturan atau “setting”.

2. Selanjutnya, pilih “application”.

3. Apabila sudah terbuka jendela pengaturan dan terdapat sejumlah menu, silakan pilih menu “devices” atau perangkat.

4. Langkah-langkah di atas akan bergantung pada tipe smartphone atau mereknya. Pada intinya, kita harus menemukan opsi “Application Manager”, dan Pilihlah “all”.

5. Terakhir, pilih aplikasi tertentu yang ingin disembunyikan dan jadikan bermode disable.

Pada beberapa versi smartphone, kita dapat melakukan cara-cara diatas hanya dengan masuk ke dalam pengaturan aplikasi. Kemudian, layar yang muncul akan memperlihatkan suatu aplikasi dengan keterangan di bawahnya “disable” dan “force stop”.

Untuk mengaktifkan aplikasi kembali, kita dapat melakukan cara yang sama dengan masuk ke menu disabled. Dengan begitu, kita akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah dinonaktifkan.

Dengan cara (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) ini, aplikasi yang kita maksud tidak akan muncul di homescreen tetapi masih terinstal di dalam smartphone.

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Privasy System

Hampir semua perangkat Android terbaru telah dilengkapi dengan privasy system. Fitur ini ini memungkinkan handphone menjadi lebih mudah ditemukan ketika hilang dan lebih mudah menyembunyikan data yang bersifat pribadi. Setiap versi tentu akan memiliki perbedaan.

Oleh karena itu, itu yang perlu kita lakukan hanyalah menemukan fitur privasi sistem ini dan mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan. Cara ini tentu lebih aman karena memang telah disediakan oleh smartphone itu sendiri.

Mengganti Icon dan Nama Aplikasi

Harus kita pahami bahwa icon dan nama aplikasi yang tertera di home screen sebenarnya hanya berupa link menuju aplikasi. Oleh karena itu, kita dapat menggantinya dengan gambar icon atau nama yang berbeda.

Caranya tentu dengan men-download Icon yang kita inginkan. Usahakan untuk men-download icon yang yang identik dengan pengaturan atau aplikasi yang tidak menarik untuk dibuka. Misalnya, download-lah Icon antivirus.

Baca Juga  Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Setelah icon terdownload dan tersimpan di ruang penyimpanan handphone, tekan dan tahan icon aplikasi yang ingin kita ganti. Ketika muncul menu pop up, pilih edit atau sunting. Silakan cari edit shortcut. Selanjutnya, silakan pilih ikon antivirus yang tadi kita sudah download.

Cara (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) ini akan menjadi cara yang paling aman untuk digunakan.

Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Menggunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi lain. Cara kerjanya adalah dengan menonaktifkan aplikasi tertentu sehingga tidak muncul di homescreen.

Namun, tentu langkah yang ditawarkan akan lebih simple dibanding kita membuka pengaturan handphone. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi lain.

1. Security Master

Aplikasi keluaran Cheetah Mobile ini memang aplikasi yang dikhususkan untuk menyembunyikan aplikasi lain. Akan tetapi, beberapa fitur di dalamnya memungkinkan kita untuk membersihkan junk file, mengubah koneksi VPN, hingga melindungi Android dari virus.

Oleh karena itu, tidak salah jika sudah ada lebih dari 24 juta orang yang menggunakan. Aplikasi ini akan mengunci aplikasi tertentu yang dipilih dengan beberapa metode penguncian, seperti pattern, kode PIN dan juga fingerprints.

2. CM Locker

Aplikasi yang dapat mengunci aplikasi lain menggunakan kode pattern dan kode pin ini telah digunakan oleh lebih dari 3 juta orang. Uniknya, Selain dapat mengunci aplikasi tertentu, CM Locker juga dapat mengunci home screen.

Jika ada seseorang yang terus memaksa ingin membuka aplikasi atau homescreen, maka aplikasi (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) ini akan secara otomatis mengambil gambar.

3. Applock – Fingerprint

Meskipun aplikasi (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) ini bernama fingerprint, tetapi variasi kode keamanan di dalamnya meliputi pattern dan kode PIN.

Aplikasi yang satu ini akan menampilkan peringatan error pada handphone yang dipaksa dibuka menggunakan password atau sandi yang salah. Peringatan error tersebut bukan merupakan kerusakan, tetapi hanya bagian dari trik untuk membuat orang yang ingin membuka handphone menjadi panik.

4. Microssoft Launcher

Berbeda dengan aplikasi (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) sebelumnya, Microssoft Launcher adalah aplikasi yang akan bekerja layaknya sistem operasi. Dengan begitu, hampir semua pengaturan smartphone akan berubah.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Foto Grid

Umumnya, Launcher digunakan untuk menambah menarik tampilan smartphone. Namun, untuk Microssoft Launcher ini, kita juga dapat menggunakannya untuk menyembunyikan aplikasi.

Caranya sangat mudah. Setelah kita install dan kita jalankan, kita akan mendapati “burger Bar” atau tanda bertitik tiga di sebelah kiri. Tekan tombol tersebut, kemudian pilih “hide app”. Selanjutnya tinggal menentukan aplikasi mana saja yang akan kita sembunyikan.

5. AppLock – Hyperspeed

Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi dengan berbagai metode ini dikenal sebagai yang salah satu yang paling ringan, yaitu hanya sekitar 7 MB saja. Uniknya, aplikasi ini dapat memotret seseorang yang ingin dengan paksa masuk ke dalam sistem operasi handphone. Selanjutnya, handphone akan mengeluarkan alarm sebagai tanda bahaya.

6. Andrognito

aplikasi yang satu ini tidak hanya dapat menyembunyikan aplikasi lain, tetapi juga dapat enkripsi berbagai jenis file. Di dalamnya terdapat stealth mode yang akan mengunci aplikasi atau file yang kita inginkan dengan kode PIN.

Aplikasi (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) yang satu ini memiliki interface yang lebih menarik ketimbang aplikasi-aplikasi serupa. Tidak heran jika kemudian ada lebih dari 100 ribu orang yang menggunakannya.

7. Lockit

Selain banyak konsep penguncian aplikasi, software khusus smartphone yang dikembangkan oleh Supertools (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) ini juga dapat menerapkan tema yang unik ketika proses penguncian terjadi.

Dengan begitu, aplikasi ini dapat dijadikan sebagai aplikasi keamanan sekaligus aksesori. Bahkan, fitur keamanan itu akan lebih tersamarkan sehingga tidak terlihat bahwa smartphone kita dikunci.

Itulah tadi beberapa cara dan aplikasi (cara menyembunyikan aplikasi, sembunyikan aplikasi, cara menyembunyikan aplikasi di android) yang dapat digunakan untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi.

Kita harus hati-hati dalam memilih pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi tertentu yang memiliki data privacy. Hal itu karena bisa saja aplikasi lain yang kita gunakan justru mengunduh data dari aplikasi yang ingin kita sembunyikan.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *