Cara Mengganti Background Foto

Posted on

Cara Mengganti Background Foto – Program aplikasi Photoshop memang sejatinya program yang dibuat untuk memanipulasi foto. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah mengganti latar belakang gambar (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto).

Untuk mengganti latar belakang gambar (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto), kita bisa menggunakan berbagai cara. Namun, pada intinya adalah menumpuk dua layer foto menjadi satu foto saja. 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengganti latar belakang foto (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto).  

CARA PERTAMAMengganti Background Foto

Cara ini hanya bisa dilakukan jika foto berkualitas baik dan perpaduan warnanya sangat kontras. Cara ini juga bisa dilakukan pada hasil yang tidak membutuhkan kerapian atau hanya butuh perubahan secepat mungkin. 

  1. Masukkan foto atau import foto ke dalam photoshop. Jika kamu memasukkan dua gambar, maka masukkan gambar yang akan menjadi background terlebih dahulu, lalu baru masukkan gambar yang akan menjadi bagian foreground. 
  2. Pilih Quick Selection Tool yang terletak di toolbar sebelah kiri. 
  3. Pilih area yang ingin dihilangkan atau diganti.
  4. Setelah terpilih, tekan delete di keyboard atau pilih eraser backgroud. Dengan begitu, gambar yang adi layer bawah akan terlihat. 

CARA KEDUA (Lebih Rapi)Mengganti Background Foto

Untuk seorang profesional, umumnya akan lebih suka untuk menggunakan cara ini. Selain karena akan menghasilkan potongan yang lebih rapi, kita masih bisa mengubahnya jika dalam perjalanan edit ada perubahan.  

  1. Import Foto

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengubah latar belakang gambar di Photoshop adalah mengimpor file yang ingin diedit. Kita dapat melakukan ini dengan cara mengklik tombol “Open” di halaman menu utama.

Changer Photo Background in Photoshop - Import Photo

Misalnya, adalah foto berikut dengan kasus kita akan mengubah langit yang terlihat biasa saja berikut ini. 

  1. Terapkan Mask

Langkah selanjutnya, kita harus mengatur “transparansi” pada gambar yang ingin diedit. Caranya adalah dengan klik pada tab “Select” kemudian pilih “Select and Mask”. Selain itu, bisa juga menggunakan pintasan di keyboard, tekan Alt + Ctrl + R. 

Baca Juga  Daftar Aplikasi Foto Grid
Changer Photo Background in Photoshop - Apply Mask
  1. Hapus Mask

Kita dapat mengontrol bagian-bagian yang kita ingin transparankan dengan menghapus bagian-bagian mask. Ada beberapa tools yang dapat kita coba. Namun, pada intinya latar belakang foto yang ingin diubah harus tertutupi oleh mask. 

Setelah langkah (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto) ini dirasa selesai, klik “OK” di sisi kanan bawah layar untuk dipindahkan kembali ke editor asli. 

  1. Applying Layer Mask

Setelah selesai memilih bagian yang ingin kita simpan, kita harus menerapkan Layer Mask. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada layer asli. Cara ini akan membuka menu drop-down dengan beberapa pilihan berbeda. 

Yang harus kita lakukan selanjutnya dalam mengganti latar (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto) adalah tekan “ Apply Layer Mask”.

  1. Ganti Background

Kita dapat mengubah latar belakang gambar kita dengan beberapa cara berbeda. Tapi pertama-tama, kita harus “Create a New Layer” sehingga latar belakang baru dapat diterapkan di bawah gambar asli. 

Adapun untuk mengubah latar belakang yang sebenarnya, bisa dilakukan dengan mengimpor gambar untuk latar belakang baru kita. Selain itu, bisa juga dengan membuat layer kosong dan buat latar belakang kita sendiri. 

Cara kedua (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto) biasanya digunakan untuk membuat latar belakang warna (seperti pas foto resmi) atau patern tertentu. 

  1. Sesuaikan Warna

Jika pemotongan sudah rapih, maka yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan warna dari kedua gambar (layer atas dan layer bawah/foreground dan backgroud). Caranya adalah dengan menekan tombol crtl+M di keyboard. Naik dan turunkan warna sesuai yang ingin dilakukan. 

  1. Simpan Foto

Seperti menyimpan file lain di program lain, kita bisa melakukannya dengan Klik tab “File” lalu pilih “Save as”, pilih di mana kita ingin gambar baru kita berada. Untuk lebih cepat, bisa juga menggunakan pintasan keyboard Ctrl + S. 

Changer Photo Background in Photoshop - Save Image

Jangan lupa juga untuk menentukan jenis file yang akan disimpan. Jika keperluannya adalah untuk cetak atau upload ke media sosial, maka pilihlah file PNG atau JPG. Namun, jika untuk diunggah kembali, maka pilihlah Photoshop File. 

Baca Juga  Daftar Aplikasi Kamera Terbaik

CARA KETIGA (Lebih Cepat)

Untuk komputer yang memiliki kinerja kurang baik, cara ini lebih baik untuk dilakukan. Namun, kita tidak bisa mengembalikan atau memperbaiki bagian yang sudah terlanjur dipotong atau dihilangkan pada layer atas. 

  1. Buka Photoshop dan import gambar yang ingin kita edit. Dalam kasus ini, kita harus mengimport dua gambar, yaitu gambar langit oranye sebagai latar belakang dan gambar orang yang melompat di atas batu. 

Ketika memasukkan gambar, ingat bahwa gambar langit oranye harus dimasukkan lebih dahulu. Hal ini supaya langit oranye berada di layer bawah. 

  1. Klik layer atas atau foto orang melompat. Lalu hapus bagian langit birunya. Kita bisa menggunakan berbagai cara untuk menghapus bagian langit biru tersebut. bisa menggunakan eraser secara manual atau pun tool pemilih yang ada di toolbar. Lakukan serapi mungkin hingga terlihat seperti foto berikut. 
  1. Setelah layer atas dihapus, maka secara otomatis gambar akan terlihat berpadu. Namun pastikan bahwa layer foreground, atau dalam hal ini adalah langit oranye, dalam keadaan visible atau aktif. 
  1. Untuk bagian akhir, kita bisa mengatur kesesuaian warnanya. Caranya adalah dengan menekan ctrl+M di keyboard. Sebelum menekan tombol pintas tersebut, terlebih dahulu klik layer yang ingin diubah warnanya. Jangan lupa juga warna yang ingin dikoreksi (RGB, RED, atau lainnya).
  1. Simpan file dengan format yang ingin ditentukan. Caranya adalah tekan ctrl+S. Tentukan nama file, lokasi penyimpanan, dan formatnya. 

Itulah tadi langkah mengganti latar belakang (cara mengganti background foto, cara mengganti background foto di photoshop, mengganti background foto). Setelah memahami langkah-langkah di atas, kamu bisa mengimprovisasi dengan berbagai langkah lain supaya mendapat hasil yang lebih maksimal. 

(Visited 3 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *