Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Posted on

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android – Ada beberapa cara (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) yang bisa digunakan. Hal itu bergantung apakah penyimpanan video terhubung dengan cloud atau tidak.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengembalikan video (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) dengan mudah. 

Cara Memulihkan Video yang Dihapus dari Android Menggunakan Akun Google

Apabila perangkat kita sebelumnya terhubung ke akun google, maka mencari data yang hilang bukanlah hal yang sulit. Tetapi, sebelumnya, periksa terlebih dahulu bagian trash untuk melihat apakah file masih ada di sana.

Cara melihat bagian “trash” adalah sebagai berikut. 

1. Di ponsel atau tablet Android, buka Google Photos app

2. Di kiri atas, ketuk Menu Burger atau garis bertumpuk tiga, kemudian pilih trash.   .

3. Klik dan tahan foto atau video yang ingin dipulihkan.

4. Di bagian bawah, ketuk Restore. Foto atau video akan kembali di aplikasi galeri ponsel, di galery Foto Google, atau di album mana pun sebelumnya dile itu berada. 

Jika file video tidak ada di bagian “trash”, maka kemungkinannya adalah telah dihapus secara permanen. Untuk itu, kita harus melakukan cara (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) lain. 

Jika foto atau video yang dihapus tidak ada di “trash”, maka kemungkinan besarnya kita tidak bisa mengembalikannya. Hampir bisa dipastikan kita tidak akan dapat memulihkan foto jika:

1. Sudah dipindahkan ke “trash” lebih dari 60 hari.

2. Sudah dipindahkan ke “trash”, lalu mengosongkan “trash”.

3. Sudah dihapus secara permanen dari aplikasi Galeri perangkat, tanpa mencadangkannya terlebih dahulu.

Baca Juga  Pengertian, Tips Mengerjakan, dan Contoh Tes Minat Bakat

Cara untuk menemukan dan memulihkan (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) video tersebut adalah dengan menjalankan turn on back up & sync.

Cara Memulihkan Video yang Dihapus Dari Android Menggunakan Aplikasi

Kita dapat memulihkan video (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) yang terhapus dari Android, melalui program Android Data Recovery yang diinstal ke komputer. 

Nah, berikut ini adalah caranya (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) menggunakan program yang diinstal di komputer dan dihubungkan ke smartphone.

  • Langkah pertama, jalankan Android Data Recovery di komputer dan hubungkan ke Android.

Jalankan Android Data Recovery, tentu setelah mengunduh dan menginstalnya di komputer. Kemudian hubungkan perangkat Android ke komputer melalui kabel USB. Setelah koneksi berhasil, program akan mendeteksi dan mengenali foto secara otomatis.

connect android to pc
  • Langkah kedua, izinkan USB debugging.

Setelah Android Data Recovery mendeteksi versi Android smartphone kita, dan selanjutnya kita harus mengikuti langkah-langkah untuk memungkinkan USB debugging di ponsel. Setelah itu, klik “OK” pada perangkat.

enable usb debugging

Untuk Android 2.3 atau lebih lama: 

Masuk ke “Settings” < klik “Applications” < klik “Development” < centang “USB debugging”.

Untuk Android 3.0 hingga 4.1: 

Masuk ke “Settings” < klik “Developer options” < centang “USB debugging”.

Untuk Android 4.2 atau lebih baru: 

Masuk ke “Settings” < klik “About Phone” < Tap “Build number” untuk beberapa kali sampai mendapat catatan “You are under developer mode” < kembali ke “Settings” < klik “Developer options” < centang “USB debugging”.

  • Langkah ketiga, pilih jenis file yang akan dipulihkan.
Baca Juga  Memahami Apa Itu Spam

Seperti tampilan jendela utama di bawah ini, pilih jenis file yang ingin pulihkan. Untuk memulihkan video yang dihapus, kita hanya dapat menandai “Video”. Atau “Select All” untuk memilih semua jenis file, tetapi kita akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memindai. Lalu klik “Next”.

select data to scan

Seperti tampilan jendela di bawah ini, kita harus pindah ke perangkat Android lagi. Klik pada icon “Allow”, kemudian kembali ke komputer dan klik tombol “Start” untuk melanjutkan (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android).

click allow on android
  • Langkah keempat, memindai dan memulihkan video yang dihapus.

Proses pemindaian mungkin memakan waktu beberapa menit. Ketika pemindaian selesai, semua video di ponsel Android akan dicantumkan secara berurutan, termasuk yang dihapus. Kita bisa memilihnya sendiri. 

  • Selanjutnya, pilih data yang dibutuhkan dan simpan di komputer, dengan cara mengklik tombol “Recover”.

Cara (cara mengembalikan video yang terhapus, cara mengembalikan video yang terhapus di Android) ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk video, tetapi juga untuk semua jenis data yang tidak memiliki ukuran terlalu besar. 

recover deleted videos from android

Namun, harus diketahui bahwa pada data yang berukuran besar, pengembalian bisa saja tidak sempurna dan tetap tidak terbaca. Jika cara ini tidak berhasil, restore smartphone ke waktu di mana file masih tersimpan adalah satu-satunya cara.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *