Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Menggunakan perangkat komputer atau laptop yang lemot tentu sangat tidak nyaman. Lambatnya respon yang diberikan oleh laptop juga memungkinkan pekerjaan kita tidak disimpan secara baik. Oleh karena itu, jangan anggap remeh penurunan kecepatan perangkat dalam menerima perintah.

Penyebab Laptop Lemot

Ada beberapa penyebab lambatnya perangkat. Oleh sebab itu, kita harus tahu terlebih dahulu penyebab lelet sebelum menentukan cara mengatasi laptop lemot. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab secara umum.

1. Terlalu banyak startup programs atau software yang berjalan di background secara otomatis ketika laptop menyala. Hal ini bisa dilihat dari lamanya waktu yang diperlukan ketika windows dimulai.

2. Semakin tua usia harddisk, kinerja laptop secara keseluruhan akan terganggu. Selain itu, harddisk penuh data pengguna juga mengurangi kecepatan. Harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.

3. Kapasitas RAM yang relatif kecil. Ukuran RAM memang relatif tergantung pada program yang berjalan. Menjalankan banyak software dalam satu waktu juga membebani kinerja RAM.

4. Ada banyak add-ons pada browser yang ter-install, misal Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Hal ini akan membuat memperlambat laptop saat internetan. Selain itu, terlalu banyak tab yang dibuka juga menguras RAM laptop, terlebih lagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.

5. Laptop terjangkit virus atau malware, yang bisa memperlambat bahkan merusak laptop. Misalnya, virus trojan yang sangat memperlambat kecepatan internet.

6. Menggunakan antivirus terlalu aktif. Walau pun software ini bertugas untuk menghilangkan virus, namun antivirus yang terus berjalan di background akan memperlambat kinerja harddisk laptop.

7. Sebenarnya update sistem operasi juga sedikit menurunkan kecepatan karena OS memiliki fitur lebih banyak. Namun, hal itu lebih baik dibanding OS yang memiliki bagian corrupt.

Baca Juga  Cara Mengganti Background Foto

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah mengetahui penyebab laptop tersebut lemot, selanjutnya kita dapat menentukan cara mengatasi laptop lemot. Beberapa cara yang kerap dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Mengganti Harddisk dengan SSD
Perangkat komputer atau pun laptop kini dianjurkan untuk menggunakan SSD. Ada banyak perbedaan antara HDD dan SSD selain performanya, misalnya akan membuat proses booting menjadi lebih cepat dan responsif.

2. Upgrade Kapasitas RAM
Pada umumnya, laptop pabrikan akan dibekali dengan kapasitas RAM berkisar antara 2GB hingga 4GB. Padahal, untuk menjalankan rata-rata software saat ini membutuhkan setidaknya RAM 8GB.

3. Melakukan Perawatan Rutin pada Hardware
Bukan hanya soal kebersihan, namun merawat hardware juga berpengaruh pada kecepatan perangkat. Lakukan pembersihan secara rutin mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste pada prosesor.

4. Pakai Aksesori Pendingin Laptop
Kipas atau pendingin laptop bukanlah barang sepele. Laptop yang overheat akan memengaruhi kinerja dan performa. Oleh sebab itu, genapi perangkat dengan pendingin yang optimal.

5. Full Scan dengan Software Antivirus
Seperti yang diketahui, bahwa hal paling umum yang biasa menyebabkan laptop lambat adalah virus dan malware. Oleh sebab itu, kita sebaiknya memiliki program antivirus yang ampuh.

6. Uninstall Software yang Jarang Digunakan
Supaya laptop bekerja lebih optimal, lakukan uninstall software yang tidak diperlukan. Hal ini akan memberi ruang memori yang lebih besar.

7. Pilih Software Versi Lama
Untuk cara-cara terakhir, pilihlah software yang merupakan versi lama dan dijalankan secara offline. Update software terbaru memang memberikan banyak fitur, namun biasanya juga membebani perangkat.

8. Gunakan Software Booster
Beberapa software seperti CCleaner, Advance System Care, dan sejenisnya dapat melakukan optimalisasi, misal menghapus history browser, menghapus cookies dan cache, menghapus recycle bin, dan lainnya. Hal ini dapat mempercepat kinerja laptop.

Baca Juga  Memahami Sistem Informasi Manajemen

9. Gunakan Sistem Operasi Desktop yang Ringan
Sistem operasi sekelas Windows sebenarnya terbilang berat. Jika perangkat memang benar-benar kualahan, maka bisa dicoba OS Linux OS seperti Endless OS.

10. Install Ulang OS Windows
Apabila sering terjadi masalah pada Windows, seperti macet dan cursos hilang, bisa jadi itu karena ada file instalasi yang corrupt. Oleh sebab itu, cara mengatasi laptop lemot pada masalah ini adalah dengan meng-install ulang.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dicoba. Apabila cara mengatasi laptop lemot tersebut tidak membuahkan hasil, barangkali kamu sudah harus mengganti perangkat. Perlu dipahami, semakin lama setiap perangkat akan menurun performanya.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *