Kuliah Gratis? Begini Tips dan Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

Posted on

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman – Pelajar yang berminat melanjutkan kuliah di Jerman jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan Jerman terkenal sebagai negara dengan biaya kuliah yang murah dan kualitas universitas yang bagus.

Jika kamu salah satu lulusan SMA atau lulusan S1 yang berminat kuliah di Jerman tetapi terkendala masalah biaya, kamu bisa mencari informasi mengenai cara mendapat beasiswa ke Jerman.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-hari Untuk Pemula

Ada banyak program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, non pemerintah maupun universitas yang bisa kamu apply, diantaranya DAAD Scholarships, Erasmus, Deutschland Stipendium, Heinrich Böll Scholarships, KAAD Scholarship, Kurt Hansen Science Scholarships dan lainnya.

Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

Nah, cara mendapat beasiswa ke Jerman yang bisa kamu lakukan yaitu :

1. Memiliki niat dan tekad

Memiliki niat dan tekad ini yang paling utama lho. Jika kalian memiliki niat dan tekad yang bulat, secara otomatis kalian akan bersemangat untuk melakukan usaha dan mencari berbagai cara mendapat beasiswa ke Jerman.

2. Cari informasi sebanyak – banyaknya

Cara mendapat beasiswa ke Jerman selanjutnya yaitu kamu harus rajin – rajin mencari informasi sebanyak – banyaknya serta detail berbagai beasiswa seperti persyaratannya, kapan deadline pendaftarannya dan sebagainya.

Selain itu kamu juga harus mencari informasi mengenai berbagai macam universitas di Jerman serta jurusan – jurusannya. Pilihlah jurusan – jurusan yang menarik minatmu. Untuk mendapatkan berbagai informasi tersebut kamu bisa browsing – browsing di internet.

3. Menyiapkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan

Persyaratan dokumen beasiswa bisa dilihat di website jurusan yang kamu pilih. Secara umum, dokumen – dokumen yang harus kamu persiapkan yaitu :

• Ijazah dan transkip nilai kuliah S1

Biasanya yang diperlukan dalam bahasa Inggris.

• Ijazah dan daftar nilai ujian akhir SMA

Biasanya dokumen yang dibutuhkan ini dalam bahasa Inggris, namun ada beberapa yang menggunakan bahasa Jerman, tergantung dari persyaratan pendaftarannya.

• TOEFL atau IELTS

Nah untuk TOEFL atau IELTS ini skor minimal biasanya 79 atau 6.5. Namun hal ini tentunya tergantung dari permintaan universitas. Biasanya semakin favorit universitasnya, maka semakin tinggi skor TOEFL atau IELTS yang diminta.

Nah, jika kamu ingin mendapatan skor TOEFL aatau IELTS yang tinggi, kamu bisa mengikuti kelas persiapan yang banyak ditawarkan oleh lembaga – lembaga kursus bahasa Inggris seperti Westwood Prep dan lainnya.

• Motivation Letter/Statement of Purpose

Melalui motivation letter ini, tim penyeleksi beasiswa akan melihat bagaimana cara kamu berpikir apa tujuan kamu mendaftar program beasiswa serta potensi yang kamu miliki.

Motivation letter ini penting, jadi berusahalah belajar membuat motivation letter yang baik dan benar.

• Curriculum Vitae

Pada bagian CV ini, kamu bisa mengikuti format baku negara yang dituju.

• Recommendation Letter

Surat rekomendasi ini bisa berasal dari dosen kamu sebelumnya atau dari atasan tempat kamu bekerja.

• Sertifikat kompetensi bahasa Jerman

Sertifikat kompetensi ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus bahasa Jerman. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman di Goethe – Institute, EF, ataupun lembaga kursus bahasa Jerman lainnya.

Nah, setelah mengetahui cara mendapat beasiswa ini segeralah persiapkan dirimu ya, Good luck.

(Visited 199 times, 2 visits today)
Rina Hutapea

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *