Cara Membuat Iklan di Google Adwords 2020

Posted on

Dunia periklanan kini semakin maju seiring perkembangan teknologi. Selain menggunakan cara-cara konvensional, berikan kini juga banyak dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Beriklan di dunia digital dianggap lebih menguntungkan bagi produsen maupun konsumen. Bagi produsen, iklan digital dianggap lebih murah dan relatif lebih tepat sasaran. Sementara bagi konsumen, iklan digital dapat dijadikan mitra kerjasama selain hanya memberi penawaran.

Terlebih lagi, kini sudah ada platform iklan digital, yaitu Google Adwords. Lalu apa itu Google Adword dan bagaimana cara cara membuat iklan (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google) menggunakan platform tersebut?

Image result for google adword

Mengenal Google Adwords

Google Adwords adalah sebuah produk periklanan atau platform bagi pengiklan di dunia digital yang dibuat oleh Google. Platform ini adalah salah satu pemasukan terbesar bagi Google hingga saat ini.

Platform ini memungkinkan seorang pengiklan dapat membuat kampanye produknya dengan sangat mudah dan murah. Pada teknisnya, seorang pengiklan hanya membayar suatu web atau laman yang menayangkan iklannya.

Iklan yang direncanakan oleh pengiklan akan disesuaikan pemasangannya pada web tertentu, dengan mengikuti kecenderungan data tertentu. Dengan begitu, ikan akan dapat ditayangkan pada konsumen yang tepat.

Cara Membuat Google Adwords

Ada banyak pihak yang menyediakan jasa pembuatan iklan di Google Adwords. Akan tetapi, seperti yang telah diklaim sendiri oleh Google Adwords, kita dapat membuat iklan dengan mudah. Pastikan kita memiliki akun Google untuk memudahkan verifikasi. 

Apabila sudah menyiapkan akun Google dan sudah login, berikut ini adalah langkah-langkahnya (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google) terbaru.

  1. Pertama-tama, silakan masuk ke laman Google Adwords dengan mengakses adress ads.google.com
  2. Selanjutnya kita akan masuk ke halaman utama  pendaftaran Google Adwords. Akan ada banyak tombol pintu masuk ke langkah selanjutnya di laman ini. Namun, untuk pertama kali, silakan pilih tombol seperti yang ada di gambar berikut ini.
Baca Juga  Perbedaan Reseller dan Dropship

Silakan masuk ke langkah selanjutnya dengan menekan link bertuliskan “mulai tanpa promosi”. Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, kamu bisa mencoba masuk dari tombol lainnya. 

Selanjutnya kita akan dibawa masuk ke laman iklan Google Adwords. Laman tersebut akan kita pahami setelah kita membuat kampanye atau iklan pertama kita nantinya. Jadi, silakan langsung tekan “campaign”.

Ketika kita masuk ke laman kemping atau pengaturan untuk membuat iklan baru, maka lamanya nampak adalah sebagai berikut. Halaman pertama ini akan kita pahami apabila sudah selesai membuat iklan. 

  1. Silakan langsung masuk ke bar “Campaign” yang di sebelah kanannya terdapat logo home. Kemudian, silahkan tekan “new campaign” atau tanda plus berwarna biru yang ada di tengah halaman.

Dari sini kita akan mulai mengatur tentang jenis iklan apa yang akan kita buat. Selain itu, persiapkan juga data-data mengenai nama iklan, lokasi yang akan menjadi tempat penayangan iklan, dan lain sebagainya.

  1. Setelah mengisi semua data, silahkan tekan “creat campaign”. Dengan begitu, artinya iklan kita sudah siap ditayangkan. Kita hanya tinggal menunggu Bagaimana iklan tersebut menyebar ke internet.

Kita akan dapat melihat perkembangan iklan yang kita buat (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google) di laman overview, seperti ketika baru pertama kali kita membuka laman tersebut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Itulah tadi langkah atau cara membuat iklan di Google adwords (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google) terbaru.  

Untuk dapat lebih ih efektif dalam membuat iklan (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google), perhatikan hal-hal utama yang harus dipahami dalam mengoperasikan Google Adwords berikut ini.

  1. Goal

Yaitu jenis iklan yang akan kita tayangkan. Memilih jenis iklan ini akan membuat tayangan iklan menjadi lebih efektif. Misalnya kriteria tersebut adalah apakah iklan pencarian, video, penayangan, atau lainnya. 

  1. Budget: 
Baca Juga  Mesin Pencari Selain Google yang Lebih Baik

Masukkan jumlah yang ingin dibayarkan pada pemilik web yang kita tumpangi iklan, rata-rata setiap hari untuk kampanye iklan ini. Anggaran ini akan menentukan berapa kali iklan dapat ditampilkan setiap hari.

Semakin mahal harga yang kita tawarkan, maka akan semakin banyak pemilik web yang bersedia membuat konten yang berhubungan dengan iklan kita. Dengan begitu, iklan kita akan jadi rebutan web. 

  1. Locations: Pilih lokasi di mana iklan kita ingin dimunculkan. Memilih lokasi bukan berdasarkan letak kita, melainkan berdasarkan letak atau lokasi pelanggan potensial dari produk yang kita iklankan.
  1. Networks: Pilih di mana ingin iklan muncul. Kita akan diberi opsi untuk memilih perangkat apa saja yang diinginkan untuk menampilkan iklan atau menggunakan pengaturan default. Inilah sebabnya kenapa di suatu laman kadang bisa muncul iklan dan kadang tidak. 
  1. Keywords: Masukkan kata kunci istilah pencarian yang akan memicu iklan. Ketika suatu web memiliki keyword yang relevan dengan deskripsi iklan kita, maka iklan kita akan ditempatkan di sana. 
  1. Bid: Masukkan harga atau aspek apa yang paling kita inginkan sehingga kita tinggikan bayarannya. Konten kreator yang mengejar iklan mahal akan melakukan berbagai cara supaya iklan tersebut ia dapatkan. 
  1. Text: Masukkan teks untuk menjadi deskripsi iklan yang akan muncul. 

Itulah tadi ulasan mengenai Google adwords (cara membuat iklan, Google Adwords Indonesia, cara iklan di Google, pasang iklan di Google)  yang kini semakin banyak digunakan oleh para produsen.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *